Review K-Drama "The Glory" (2022)

the-glory-k-drama

Annyeonghaseyo!

Berita terkini dari Korea Selatan, duren alias "Duda Keren" Song Joong Ki baru saja mengumumkan pernikahannya sekaligus kehamilan istrinya. Wah, netijen langsung mempertanyakan gimana perasaan Song Hye Kyo?

Yahh.. Saya, sih, nggak ikut-ikutan komentar tpi berharap semoga aktris favorit saya ini bisa terus move on dan menghasilkan karya-karya yang daebak lainnya seperti drama terakhirnya yang saya tonton, "The Glory". Drama ini juga merupakan drama terbaru Song Hye Kyo setelah "Now, We are Breaking Up".

As usual, saya selalu menantikan karya-karya terbaru dari aktris kenamaan Korea Selatan yang terkenal karena visual dan aktingnya ini. Nggak heran, saat Netflix merilis 8 episode "The Glory" season pertama, saya langsung meluncur ke Netflix untuk menontonnya!

Ceritanya tentang apa? Gimana reviewnya? Yuk, baca artikel ini sampai selesai!

Profil K-Drama "The Glory" Season 1

poster-the-glory

Judul Drama: The Gloy
Hangul: 더 글로리
Sutradara: Ahn Gil Ho
Penulis Naskah: Kim Eun Sook
Jumlah Episode: 8
Tayang di: Netflix
Cast:
Song Hye Kyo sebagai Moon Dong Eun
Lee Do Hyun sebagai Joo Yeo Jeong
Lim Ji Yeon sebagai Park Yeon Jin
Jung Sung Il sebagai Ha Do Yeong
Park Sung Hoon sebagai Jeon Jae Jun
Kim Hieora sebagai Lee Sa Ra
Cha Joo Young sebagai Choi Hye Jeong
Kim Gun Woo sebagai Son Myong O
Yum Hye Ran sebagai Kang Hyeon Nam
Jung Ji Soo sebagai Moon Dong Eun (Remaja)
Shin Ye Eun sebagai Park Yeon Jin (Remaja)

Sinopsis K-Drama "The Glory" Season 1

Teman-teman nggak usah heran sama nama-nama castnya yang berderet. Masalahnya semua karakter yang saya tuliskan memiliki kisahnya masing-masing dan bisa dibilang memegang peranan penting di dalam drama ini.

"The Glory" menceritakan tentang Moon Dong Eun (Jung Ji Soo, Song Hye Kyo) yang selama duduk di bangku SMA harus merasakan kejamnya perundungan yang dilakukan oleh teman-teman satu sekolahnya. Di mana perundungan tersebut diketuai oleh Park Yeon Jin (Shin Ye Eun, Lim Ji Yeon).

Park Yeon Jin remaja, si tukang bully!

Dong Eun pun tumbuh dengan rasa dendam yang mengakar kuat dan merencanakan pembalasan terhadap orang-orang yang pernah merundungnya. Proses perencanaan balas dendam hingga waktu balas dendamnya ini nggak sebentar, 17 tahun lamanya Dong Eun merencanakan dengan matang aksinya tersebut.

Saat tiba waktunya membalas dendam, hidup para target yang merupakan teman-teman SMA Dong Eun pun nggak bisa tenang lagi. Kira-kira berhasilkah Moon Dong Eun membalaskan dendamnya? Jawabannya nggak akan kita temukan di season pertama ini!

Kesan K-Drama The Glory Season 1

Setelah dipikir-pikir, ternyata saya cukup banyak menonton drama-drama bertema balas dendam. Saya menonton The Devil Judge, Revenge of Others, Again My Life, dan judul-judul lainnya yang setelah ditelaah memiliki satu benang merah yakni cerita tentang balas dendam.

Seperti drama-drama yang sudah saya sebutkan di atas, saya menikmati drama ini dan menurut saya drama ini seru! Lain dari drama-drama yang diperankan oleh Song Hye Kyo sebelumnya. First of all, kesan awal saya saat menonton drama ini, sadis.

Nggak kuat banget melihat perundungan yang dilakukan bocah-bocah SMA terhadap temannya sendiri. Gila, Bok! Moon Dong Eun badannya penuh sama bekas catokan panas dan dijadikan sebagai bahan lelucon sama teman-temannya. Nggak heran ya, hidup Moon Dong Eun yang menderita itu dipenuhi oleh rasa dendam.

moon-dong-eun
Moon Dong Eun dewasa, menyimpan dendam

Bahkan, Dong Eun sendiri menjadikan Park Yeon Jin sebagai tujuan hidupnya. Ia nggak jadi bunuh diri karena merasa bahwa hidupnya adalah untuk membalaskan dendam pada sosok perempuan kejam yang menyakiti dirinya lahir dan bathin itu.

Kesan kedua saya saat menonton drama ini, kasihan. Saya sedih banget melihat nasib Dong Eun yang diperlakukan sedemikian buruk oleh teman-teman SMAnya. Gurunya pun diceritakan nggak ada yang berani membela dia, bahkan salah satu gurunya malah ikut ngegamparin Dong Eun :(

Parahnya, cerita perundungan ini betul-betul diangkat dari kisah nyata di Korea Selatan sana pada tahun 2006! Cry banget!

Selain itu, Dong Eun remaja harus tumbuh dewasa seorang diri. Ayahnya kok saya ngga ngeh ya ada di mana? Ibunya suka berjudi, mabuk dan rela melakukan apapun demi uang. Ketika Dong Eun keluar dari sekolah karena dibully, ibunya menandatangani surat yang berisi bahwa Dong Eun keluar karena ulahnya sendiri. Of course, udah disuap sama Yeon Jin dan keluarganya. Ckck!

pemeran-antagonis-the glory
Geng pembully saat dewasa

Namun, diperjalanannya Dong Eun bertemu dengan beberapa orang yang bersedia membantu aksi balas dendamnya. Mereka jadi menganggap balas dendam adalah suatu keharusan setelah mengetahui kekejaman orang-orang yang dulu merundung Dong Eun. Gue juga dukung Dong Eun balas dendam, sih! Haha.

Kesan berikutnya adalah bikin emosi. Memang ini, nih, kekuatan utama dari drama bertema balas dendam. Penonton dibikin emosi jiwa ngeliat kelakuan para pelaku perundungan Moon Dong Eun. Semuanya sudah dewasa, hidup nyaman dengan pekerjaan yang settle. Udah gitu, tetep aja dengan watados (wajah tanpa dosa) nggak mau mengakui kesalahannya di masa lalu. Bikin gregetan parah!

Terakhir adalah gantung! Asli dah, ni season pertama kayaknya cuma epilog doang. Isinya seputar perkenalan tokoh-tokohnya, latar belakang mereka dan flashback masa remaja Dong Eun.

Ada beberapa cerita Dong Eun mulai bergerak untuk balas dendam, tapi masih tipis-tipis dan belum on fire banget gitu deh. Saya berharap banyak nih di season kedua, semoga aksi balas dendamnya nggak cuma gitu doang.

Apa Peran Lee Do Hyun?

Dari tadi, saya semangat banget menceritakan Moon Dong Eun, aksi balas dendamnya dan kelakuan iblis teman-teman SMA Dong Eun. Padahal, di drama ini juga ada lead male-nya, loh! Dia adalaah oppa yang sering banget main di drama bertema Noona Romance, Lee Do Hyun.

Di drama "The Glory" ini, Lee Do Hyun berperan sebagai Joo Yeo Jeong, seorang dokter yang punya mental illness. Apa tuh sakitnya? Tonton sendiri aja ya. Haha.


Joo Yeo Jeong pertama kali bertemu dengan Moon Dong Eun di rumah sakit. Moon Dong Eun saat itu terdiagnosa kurang darah dan kurang gizi, Joo Yeo Jeong sebagai dokter yang udah penasaran ama sosok Dong Eun, sampai rela nyamperin ke kampus untuk memberikan obat ke Dong Eun. Dari sana lah akhirnya mereka menjadi kenal lebih dekat.

lee-do-hyun

Jangan berharap ada love story dulu di antara mereka. Ketika itu Moon Dong Eun meminta Joo Yeo Jeong untuk mengajarinya permainan Baduk. Dong Eun ingin sekali menguasai permainan itu untuk mendekati Ha Do Yeong (Jung Sung Il), suami dari Park Yeon Jin.

Tentu saja ini berkaitan dengan rencana balas dendamnya pada Park Yeon Jin. Moon Dong Eun dan Joo Yeo Jeong sempat terpisah beberapa tahun hingga akhirnya dipertemukan kembali setelah Dong Eun berhasil menggapai cita-citanya menjadi guru SD.

I’ll do it. I’ll be your headsman. I’ll join the sword dance.
-Joo Yeo Jeong, The Glory

Quote di atas famous banget setelah drama "The Glory" season pertama ini tayang. Adegan saat Joo Yeo Jeong menyatakan kebersediaannya membantu Dong Eun ini memang ikonik banget. Yeo Jeong yang awanya gagal paham kenapa Dong Eun sebegitunya ingin balas dendam, langsung 100% dukung Dong Eun setelah melihat bekas luka bakar di sekujur tubuh Dong Eun.

I’ll do whatever you say like it’s a royal command. Anything at all. I’ll show you a wild sword dance.
-Joo Yeo Jeong

Rekomendasi

Drama ini recommended buat teman-teman yang ingin melihat Song Hye Kyo memerankan karakter yang berbeda. Nggak ada tuh Song Hye Kyo yang pakai baju modis, berdandan dan pake lippen seperti biasanya. Buat yang ngomong Song Hye Kyo looks so old, tonton dulu lah dramanya baru komentar. Jangan cuma lihat di poster dan menyimpulkan :)

Song Hye Kyo sendiri rela diet ketat selama 2 bulan sebelum mulai syuting drama ini, untuk menunjukkan betapa sengsara dan kurang gizinya karakter Moon Dong Eun. Saya appreciate sekali karena beliau nggak ragu untuk tampil "jelek" dan lepas dari zona nyaman karakternya di drama Korea.

Meskipun teman-teman akan melihat beberapa hal yang mengganjal dan bikin bertanya-tanya, "Kok gini sih?" dan "Kok gitu sih?", overall saya suka drama ini dan menantikan season ke-2 nya. Walaupun menurut pendapat saya pribadi sih, ya, ni drama bisa kali dibikin 16 episode langsung aja. Nggak perlu berseason-season gini. Hhhmm..


Nggak hanya Song Hye Kyo yang aktingnya jempolan, pemain-pemain lainnya juga menunjukkan kualitas akting yang nggak kalah cakep. Jujurly, hanya sedikit aktor dan aktris yang familiar buat saya dalam drama ini tapi ceritanya yang apik dan aktingnya yang mendukung bikin saya cepet banget menyelesaikan drama ini. Haha.

So, buat teman-teman yang penasaran, cuss otewe Netflix dan tonton sendiri!

Posting Komentar

0 Komentar