Otewe Pindah Lagi

pindah-rumah

Tiga tahun ternyata belum cukup bagi saya untuk menghafal jalan-jalan yang ada di kota Sukabumi. Belum lagi hafal jalan, saya sudah harus kembali pindah kota. Haha.

By the way, tulisan ini hanya berisi unek-unek dan curhatan saya yang harus kembali packing, menata hidup baru dan menghafal jalan lagi :') Unfaedah tapi bacalah. Kangen kan jalan-jalan ke blog yang nggak ada unsur ngiklannya? Hoho.

Dari kecil, saya memang terbiasa dengan kegiatan pindah rumah. Ceritanya bisa dibaca di tulisan berjudul BerPINDAH dan berapa kota yang pernah saya tinggali juga bisa dibaca di tulisan 8 Kota Tinggal yang Paling Berkesan.

Satu hal yang membuat saya malas untuk berpindah adalah karena saya bukan termasuk orang yang cepat menghafal jalan. Seriously, my navigation skill is really bad.

Memang sekarang ada Google Maps yang mempermudah hidup buat pergi ke mana-mana. Tapi, pakai peta aja kadang masih nyasar gue, Cuy! Wkwk.

Apalagi kalau pergi-pergi sendiri kan agak ribet ya kalau dikit-dikit harus berhenti untuk membuka peta. Pengennya waswes aja gitu 🙃

Kenapa Pindah Lagi, Ma?

"Hah, lo mau pindah lagi?" Reaksi dari sahabat yang udah paham banget kalau saya ini nomaden.

Why pindah again? Sebenarnya wacana ini sudah ada sejak beberapa bulan yang lalu, di mana suami saya merasa tidak lagi nyaman bekerja di kantornya yang sekarang.

Mulanya dia ingin mencari pekerjaan di Bandung, mengingat Bapak mertua saya yang sudah beberapa kali drop. Akan tetapi, sebuah tawaran justru datang dari tempat lain.

Prosesnya pun terbilang lancar hingga akhirnya suami saya mantap memilih untuk pindah ke perusahaan tersebut.

Ditambah kondisi bapak mertua yang semakin membaik, hingga sekarang bisa kembali beraktivitas normal bahkan mulai mengajar lagi sebagai dosen. Batal deh rencana balik ke Bandung.

Saya, sebagai ibu rumah tangga ya support dan ngikut lah ya! Berhubung kami di kota Sukabumi ini merantau, sama sekali nggak punya saudara atau kerabat. Ya masa saya ditinggal berdua bocil doang, tentu itu bukan opsi terbaik.

How Does it Feel?

Perasaan excited itu jelas ada. Saya suka pengalaman baru, hidup di tempat baru dan mencari circle baru lagi.

Di sisi lain, perasaan khawatir itu pasti ada. Bagaimana dengan proses adaptasi anak saya bersekolah di tempat yang baru? Bagaimana lingkungan tempat tinggal kami yang baru? Bagaimana caranya gue ngapalin jalan di sana? T_T

Serius kekhawatiran ketiga itu nyata, Gais! Kalau dulu, awal-awal pindah ke Sukabumi, anak saya belum bersekolah. Usianya masih satu tahun di tambah beberapa bulan kemudian pandemi. Dah lah mengendap saja kami di rumah.

Saya nggak ada kebutuhan untuk keluar rumah dan menghafal jalan. Sekarang berbeda, anak saya sudah mulai masuk sekolah dan offline. Tugas saya bertambah yaitu mengantar jemput anak saya.

Sebelum masuk sekolah pun, suami mentraining saya dulu bolak balik dari rumah ke sekolah supaya yakin istrinya nggak nyasar. Wkwk.

Belum juga pindahan, saya udah overthinking banget nih. Nanti nganter anak sekolah naik ojol dulu aja apa ya? Masa nungguin mulu di sekolah, kan nggak mungkin ya. Apa training dulu ngapalin jalan?

Ya Lord, padahal mau tinggal di mana dan anak sekolah di mana aja belom tau. Jyahaha~

Menulis untuk Mengurai Pikiran

Asli, belakangan ini pikiran saya rasanya ruwet banget, deh. Soal saya dan suami yang harus LDM dulu sampai kami menemukan hunian yang cocok, soal gimana nasip rumah KPR saya di Sukabumi,  mau masukin anak saya sekolah di mana, mulai packing dari mana, dan printilan-printilan lain yang bikin mumet.

Ditambah lagi dengan bibi yang bekerja sebagai ART di rumah saya udah baper mau ditinggalin. Padahal saya sendiri sad karena sudah merasa cocok dengan si bibi yang sejak awal no drama bahkan ngemong saya banget di rumah. Hehe.

Pikiran-pikiran yang nggak terurai itu akhirnya bikin saya jadi sensi banget. Mana suami saya itu tipe yang santai badai gitu, apa-apa dipikir nanti. Saya mana bisaa kayak gitu, hellooo!

Mulanya saya melarikan diri dengan sibuk bekerja dan mengisi kekosongan waktu dengan menonton. Semua ditonton, mulai dari drakor, series Amerika sampai drama Thailand.

Entah kenapa nggak ada minat aja buat buka blog, dan nggak ada keinginan buat melanjutkan draft yang berbaris itu.

Tapi ternyata, pikiran saya masih ruwet dan mumet. Sampai akhirnya, saya kembali mulai membuka blog dan menulis tulisan ini. Dah lah nggak usah mikir SEO dan keyword. Saya ingin pikiran saya yang mumet nggak jelas ini terurai.

Meskipun masih tetap kepikiran, sih, tapi setelah kembali menulis rasanya di kepala saya jadi lebih ada ruang kosong untuk bersantai. Saya jadi punya waktu untuk mikirin hal lain, seperti rencana-rencana tahun depan saat saya off dari pekerjaan, dan menjalani hubungan jarak jauh dengan suami.

Tentunya do'a jalan terus dong ya, berharap semoga semua urusan dimudahkan dan diberikan yang terbaik dari-Nya.

Kalau teman-teman gimana? Biasanya pada ngapain nih untuk mengurai benang kusut di kepala?

Sukabumi, 11 Desember 2022

Posting Komentar

8 Komentar

  1. biasanya kalau lagi kusut, aku melakukan hobi yang aku suka :D

    BalasHapus
  2. Yach nggak jadi orang Sukabumi lagi dong ya. Memang persoalan pindah kota itu ada di adaptasi terutama kalau anak-anak lagi sekolah ya. Ngerasa banget curhatan adik pas masih SD dari Sukabumi Jawa Barat harus pindah ke Mandailing Natal SUmatera Utara. Beda budaya, beda adat, beda lingkungan, beda bahasa, sampai beberapa bulan penginnya ikut ayah saja ke mana-mana.

    BalasHapus
  3. Semoga lancar ya pindahannya Kak. Emang pindahan itu super rempong dan bikin capek karena kudu packing ini itu dan dijaga biar isinya utuh waktu sampai di tempat baru.

    Daku bayangin asyik ya bisa pindah2 kota dan gak ngebosenin eh ternyata ada banyak tantangannya. Maklum sampai usia 30+ tetap di Malang aja gak pernah pindh ke kota lain.

    Kalau kusut coba olahraga tipis-tipis Kak misalnya jalan kaki habis subuh atau jogging sekalian. Tubuh segar, pikiran tenang.

    Salam kenal dari Malang.

    BalasHapus
  4. Kadang-kadang memang menulis jadi salah satu media healing yang baik. Lagi mumet tentang sesuatu ya udah nulis. Karena menulis itu kadang memaksa kita untuk banyak membaca.
    Ya, kalau nggak mau baca memang mau nulis apaan. Iya nggak? Hehehe....

    BalasHapus
  5. Wahh hal inilah yang saya rasakan waktu itu, disaat ayah pindah tugas jadi ikut pindah juga ke tempat kerjanya yang baru (ditugaskan diluar wilayah). Jadi hampir setiap lulus sekolah di kota yang berbeda-beda, bahkan disaat sekolah belum selesai terpaksa pindah juga.,. hadeuh, mau gimana lagi juga.

    BalasHapus
  6. Kalau aku belum sampe pindah provinsi, baru pindah kost dalam kota aja. Tapi yaa sbnrnya mager memang pindahan itu namun ya tetap mesti dihadapi

    BalasHapus
  7. Wah selamat beradaptasi di tempat baru ya. Saya dulu masih kecil juga pindah-pindah ikut orang tua. Ada efek baiknya, jadi mandiri, tidak tergantung orang lain.

    BalasHapus
  8. Terkadang aku pengeeeeen banget ngerasain pindah mba 😄. Sama sih, aku suka pengalaman baru, merasakan tempat baru, mungkin Krn pada dasarnya aku suka jalan2 kali yaaa.

    Envy Ama suami yg sedari bayi udh berpindah2 terus tinggalnya, Krn mertuaku diplomat.

    Aku boro2 😄, jgnkan pindah negara, pindah kota aja jarang zaman sekolah dulu. Skr pun juga ga, Krn kerjaan suami yg kecil kemungkinan utk dipindahin sih.

    Tapi pasti ada rempongnya , Trutama soal ngepak barang dll hahahaha. Itu aku akuin sih pasti ribet.

    Sama kok, caraku kalo mau menguraikan pikiran kusut, biasanya nulis, ataaaau, santai dulu pergi kemana kek. Cuma ngopi juga GPP, yg penting bisa rileks. Baru setelah itu ide2 solusi biasanya datang

    BalasHapus