Perhatikan 5 Hal Ini Agar Sukses Berbisnis Online

sukses-berbisnis-onlie

Bisnis online kini semakin banyak peminatnya. Bagaimana tidak, dengan kemajuan teknologi saat ini, semua hal menjadi semakin praktis, termasuk jual beli secara online. Dari sisi konsumen, jual beli online membuat belanja semakin mudah. Hanya dengan beberapa klik di ponsel dari rumah, kita bisa mendapatkan barang yang kita inginkan. Dari sisi para penjual atau pebisnis online pun, jual beli online pun lebih mudah dilakukan dibandingkan membuka toko secara fisik.

Saat ini mendapatkan uang secara online memang semakin ngetren. Dari mulai menjual barang lewat e-commerce, berjualan dari media sosial, hingga main game di W88 login yang bisa menghasilkan uang banyak. Namun meskipun banyak yang tertarik bisnis online, faktanya tidak semua bisa berhasil dan meraih keuntungan yang diharapkan. Untuk itu, kami telah merangkum beberapa tips yang perlu Anda ketahui untuk sukses berbisnis online berikut ini:

1. Memiliki Fasilitas Internet yang Memadai

Internet merupakan sarana yang wajib dimiliki oleh para pebisnis online. Memiliki koneksi internet yang lancar tentu menjadi hal yang wajib dipenuhi jika Anda berencana membuka toko online. Saat berbisnis online, sangat penting untuk selalu responsif saat menjawab pertanyaan dari para calon pembeli. Jangan sampai penjualan menjadi tersendat karena koneksi internet yang kurang lancar yang menyebabkan respon Anda lambat dalam menjawab pertanyaan pembeli. Menjawab pesan yang terlalu lama bisa menyebabkan pembeli melirik toko online lainnya. Untuk itu, usahakan untuk online sesering mungkin, dan pastikan Anda memiliki konektivitas internet yang mendukung.
 

2. Siapkan Modal

Banyak yang bilang bisnis online sangat mudah dilakukan karena tidak perlu modal. Faktanya, ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan dan Anda miliki, meskipun Anda akan menjalankan bisnis tanpa harus membeli stok barang. Selain menyediakan sarana internet yang memadai, misalnya dengan memiliki Wifi, Anda juga perlu memiliki perangkat untuk berjualan. Bisa jadi Anda akan memerlukan ponsel, tablet, atau laptop baru, yang tentunya akan perlu dana untuk membelinya. Belum lagi jika Anda ingin berbisnis online dengan menjadi reseller. Anda juga akan perlu modal untuk membeli stok barang dalam jumlah tertentu. Pastikan Anda telah memikirkan dengan matang mengenai modal ini. Apakah modal yang Anda miliki sudah cukup? Apakah Anda memerlukan pinjaman? Hal ini perlu dipersiapkan.

 

3. Selalu Profesional

Menciptakan hubungan baik dengan pembeli dengan bersikap profesional adalah penting untuk menjaga kelangsungan bisnis Anda. Misalnya selalu memberikan pelayanan yang cepat, memperhatikan keamanan pengemasan dan pengiriman, dan juga memperhatikan kualitas barang yang dijual. Meskipun dimulai dari skala kecil-kecilan, mempertahankan pelayanan yang profesional akan membuat bisnis Anda memiliki kesempatan yang lebih baik untuk berkembang.
 

4. Lakukan Riset Pasar dan Kompetitor

Jika Anda telah memiliki ide mengenai bisnis online yang akan dijalankan, jangan lupa untuk melakukan riset mengenai pasar bisnis Anda. Carilah informasi mengenai bagaimana respon masyarakat terhadap produk yang akan Anda jual. Selain itu, lakukan riset mengenai kompetitor agar Anda memiliki gambaran yang lebih jelas tentang bagaimana Anda akan mengoperasikan bisnis Anda.

 

5. Pantang Menyerah

Meskipun Anda telah memiliki rencana yang sempurna dan telah melakukan langkah demi langkah dengan baik, namun kadang halangan dan rintangan tidak dapat dihindari. Memulai bisnis online akan memerlukan kerja keras dan konsistensi sebelum berbuah manis. Karena itu, jalankan bisnis online Anda secara konsisten dan jangan mudah menyerah. Ingat, kesuksesan tidak akan dapat diraih dalam satu malam.

Posting Komentar

11 Komentar

  1. betul, selain modal infrastruktur, hehe istilah saya gitu, juga harus modal ketekunan dan ketelatenan. Ga bosen pokoknya ngiklan terus di media online mulai dari yang gratis2 aja

    BalasHapus
  2. Setuju banget sama tips di atas, Mbak. Memulai bisnis online memang kudu konsisten dan punya strategi yg unik supaya bisa bersaing dg kompetitor.

    BalasHapus
  3. Sekarang main game pun bisa dapat cuan, ya. Yang penting profesional, semua bisnis bisa berkembang dengan baik

    BalasHapus
  4. Bisnis online memang sedang heboh-hebohnya. Saya pernah sekali ikut webinar kelas pemasaran online, peminatnya rame. Cuma, kalau peminat semakin banyak, berarti persainganpun semakin tajam. Rajin-rajinlah meng-upgrade diri sendiri.

    BalasHapus
  5. Mau banget bisnis online biar ada pemasukan lain selain gaji suami

    BalasHapus
  6. Valid bgt yg nomor 5, pantang menyerah. Ngebangun Bisnis pasti ada jatuh bangunnya tapi yg hebat itu orang2 yg tetap terus mencoba dan gak mudah nyerah.

    BalasHapus
  7. bagian riset pasar sama pantang menyerah ini kayanya yang paling susah, pengalaman pegang bisnis online sekali berat di pantang menyerah itu...hiks

    BalasHapus
  8. terima kasih infonya kak sangat membantu nih soalnya sekarang tuh makin marak ya bisnis online

    BalasHapus
  9. Mungkin selama ini tertanam modal itu hanya berupa uang ya... jadi komputer, tablet atau ponsel bukan dianggap modal ketika akan melakukan bisnis online, padahal itu kan modal banget.

    BalasHapus
  10. Telaten, sabar, tangguh, jatuh bangkit lagi begitu seterusnya ya, Mbak Ima. Usaha apapun jangan lupa minta kemudahan dari Sang Khalik, selain itu inovasi juga perlu donk biar gak kalah saing dengan yang lain

    BalasHapus
  11. bisnis apapun sekarang tetap butuh namanya online, artinya internet sudah seperti kebutuhan tersendiri ya Mbak Ima.

    BalasHapus