Belajar dari Kisah Sukses Andre Liongson, Desainer Muda Profesional Asal Bandung

kyub design kyub studio

Muda, kreatif dan passionate adalah kesan pertama yang saya tangkap dari Andre Liongson saat beliau menjadi salah satu pembicara di sesi Sarapan IIDB (Ibu-Ibu Doyan Bisnis) bertajuk "Parade Pengusaha Bandung Berbagi Inspirasi".

Acara yang diselenggarakan pada Senin, 9 Mei 2022 ini menjadi agenda online pertama yang saya ikuti setelah libur lebaran. Indari Mastuti selaku founder Indscript Creative, menggawangi acara ini dengan menghadirkan para pengusaha asal Bandung untuk berbagi cerita dan kisah inspiratifnya.


Andre Liongson, adalah salah satu narasumber yang hadir untuk menceritakan perjalanannya membangun KYUB Design serta memperluas jangkauan bisnisnya sehingga dapat berkembang dan dikenal baik dalam skala nasional maupun internasional. Seperti apa sosok beliau?

Andre Liongson, Desainer Profesional dari Bandung

Sejak kecil, Andre Liongson memang sudah tertarik dan tidak bisa jauh dari aktivitas menggambar. Menunjukkan adanya bakat seni sejak kecil membuat beliau bercita-cita untuk menjadi seorang arsitek. Bak gayung bersambut, kedua orang tuanya pun mendukung minat serta cita-cita puteranya tersebut.

Kedua orang tua beliau menanamkan kedisiplinan sebagai fondasi utama dalam bekerja. Disiplin membuat Andre terbiasa membagi waktu antara bekerja dan melakukan aktivitas hariannya yang lain.

Di tengah perjalanan, beliau yang mulanya ingin menjadi seorang arsitek mengubah haluannya dengan mengambil kuliah di jurusan desain komunikasi visual dan mantap menekuni dunia desain grafis. Sebuah pilihan yang tepat untuk bersaing di era digital seperti sekarang ini.

Passionnya pada seni dan desain yang begitu tinggi membuat Andre melihat adanya peluang untuk merintis bisnis sebagai seorang desainer profesional di Bandung.


Beliau melihat bahwa sebuah desain dan printing (percetakan) adalah hal yang tidak terpisahkan, sayangnya banyak desainer yang berpikir kalau proses produksi justru menjadi penghalang kreativitas mereka.

Ide untuk membuat jembatan antara desain dan proses produksi inilah yang akhirnya melahirkan KYUB, studio desain dan perusahaan percetakan.

Mengenal KYUB

Idea, design and production under one roof

-Slogan KYUB

Andre Liongson mendirikan KYUB di tahun 2014 bersama kedua orang temannya, Ferdi dan Glenn. KYUB sendiri adalah studio desain dan perusahaan percetakan yang memiliki home based di Bandung, Jawa Barat.

Studio KYUB beralamatkan di Jalan Pangampaan No. 5, Pungkur, Kecamatan Regol, Kota Bandung, Jawa Barat, 40252.

Nama KYUB diambil dari pelafalan cube yang berarti kubus. Nama ini dipilih karena sebuah kubus memiliki berbagai sisi yang dapat ditampilkan. Harapannya KYUB dapat mempresentasikan sisi-sisi kreatifnya yang dapat diterima oleh para customer.

founder kyub
KYUB Founders (Andre, Ferdi, Glenn)

Produk dan layanan utama yang ditawarkan oleh KYUB adalah identity design berupa kartu nama, logo, kop surat dan lainnya, ilustrasi dan undangan pernikahan.

Adapun pelayanan yang diberikan oleh KYUB adalah merancang ide untuk sebuah proyek, mengembangkan serta mengeksekusinya menjadi sebuah desain produk yang dapat diterima oleh klien.

Bersama Ferdi dan Glenn, Andre Liongson menggaungkan nama KYUB melalui media sosialnya yakni website kyub.co, Instagram kyubstudio serta Twitter berbahasa Jepang, kyubstudio. Selain media sosial, referensi dari customer membuat nama KYUB semakin di kenal untuk menjadi rujukan tempat membuat desain dan percetakan.

Kerja keras mereka bertiga dalam membranding dan membesarkan usahanya membuahkan hasil, saat ini klien mereka tidak hanya dari dalam negeri tapi sudah merambah ke beberapa negara seperti Singapura, Australia dan Jepang.

Harapan terbesar Andre untuk KYUB adalah dapat menarik khalayak yang lebih luas dan go global. Beliau ingin bisnisnya tersebut memiliki identitas yang lebih kuat lagi sehingga mudah dibedakan dari studio desain lainnya.

Beliau sangat berharap desain-desain yang dihasilkan dari studio kecilnya di Bandung dapat memberikan dampak tidak hanya untuk klien-kliennya di Bandung tapi juga menjangkau skala internasional.

Kebiasaan Andre Liongson yang Membawanya pada Kesuksesan

Dibalik kesuksesan pasti ada kerja keras, privilege dan keberuntungan yang menyertai perjalanan seseorang dalam meraih sukses. Begitu pula dengan Andre Liongson yang membiasakan diri untuk melakukan hal-hal berikut sehingga membawanya pada pencapaian saat ini :

1. Disiplin

Sejak kecil, Andre Liongson sudah terbiasa hidup disiplin. Disiplin membuatnya menjadi perencana yang handal, mampu membagi waktu dengan baik dan memiliki tujuan yang jelas akan apa yang sedang dikerjakannya.

Sempat bekerja di perusahaan desain di bawah arahan 3 orang manager wanita, kedisiplinan Andre semakin ditempa. Ketiga ibu rumah tangga yang menjadi atasannya tersebut menginspirasi beliau untuk bisa selalu menunjukkan performa kerja yang terbaik.

Dari atasannya tersebut, Andre melihat semangat dan passion yang ditunjukkan untuk menekuni bisnis di bidang desain. Beliau belajar bahwa industri kreatif yang ia tekuni ini sangat luas dan tidak terbatas usia. Andre sadar bahwa industri ini sudah menjadi bagian dari kebutuhan masyarakat masa kini.

2. Berpikir Out of the Box

Jika teman-teman perhatikan, setiap detail desain yang dihasilkan oleh KYUB Design menunjukkan karya yang orisinil, kreatif dan berbeda dari desain-desain lainnya. Ini semua adalah buah pemikiran yang out of the box dari Andre Liongson dan timnya.

Perencanaan yang matang dimulai dari membuat mind mapping, mood board, proses sketsa hingga proses desain membantu munculnya ide-ide kreatif yang out of the box ini.

kyub studio
Salah satu desain dari KYUB (sumber: Instagram @kyubstudio)

Proses pencarian ide ini tentunya memiliki tujuan agar desain-desain yang dihasilkan tidak hanya dapat dinikmati oleh kalangan pekerja seni saja tapi juga masyarakat luas.

3. Memegang Core Value

Bagi Andre Liongson, setiap desainer wajib memiliki core value yang harus dipegang untuk menunjukkan ciri dan kualitas dari desain yang dibuat. KYUB Design sendiri selalu menonjolkan adanya ilustrasi di setiap desainnya sebagai salah satu ciri khas.

Ilustrasi dipilih sebagai ikon dari desain-desain yang dibuat oleh KYUB karena gambar dinilai sebagai sebuah media penting untuk berkomunikasi dengan banyak orang. Terkadang memang gambar dapat berbicara lebih banyak dibandingkan dengan hanya sekadar kata-kata.


Gambar pun dianggap memiliki peran krusial dalam membangun branding. Sehingga desain-desain yang dihasilkan oleh KYUB mostly memiliki ilustrasi di dalamnya untuk menegaskan value dari bisnis ini sendiri.

4. Mempertajam Skill

Dua hal yang harus dikuasai oleh seorang desainer adalah kemampuan untuk mendesain dan taste akan seni desain dan visual. Kedua hal ini dapat dipertajam dengan belajar. Ada banyak software desain yang direkomendasikan untuk pemula, salah satunya Adobe yang terbagi menjadi Adobe Ilustrator, Photoshop dan Indesign.

Dengan terus belajar dan berlatih, desainer pun dapat mengembangkan dan menemukan karakter dari tiap karyanya yang membuat karya tersebut berbeda dari hasil desain milik orang lain. Di samping itu, setiap desainer juga harus memiliki prinsip dan nilai-nilai yang ingin ditampilkan dalam tiap desainnya.

5. Menjaga Komunikasi dengan Klien

Hal terpenting dalam membangun dan mengembangkan sebuah bisnis adalah mendapatkan kepercayaan dari klien. Menurut Andre, salah satu tantangan dalam menjalankan bisnis desainnya ini adalah komunikasi antara beliau dan tim dengan kliennya.

Terkadang ketidakpuasan klien dan salah kaprah desain terjadi karena komunikasi yang kurang berjalan lancar. Oleh sebabnya, menjaga komunikasi dan tidak ragu untuk terus mengkomunikasikan segala hal dengan klien menjadi kunci kepuasan kedua belah pihak.

Dengan terjalinnya komunikasi yang efektif, risiko terjadinya masalah dalam eksekusi ide desain akan sangat berkurang.

Gapai Mimpi Melalui Passion

Andre Liongson membuktikan bahwa meraih kesuksesan melalui passion bukan hal yang mustahil jika ditekuni dengan serius dan pantang menyerah. Hobi menggambar yang sudah ditekuni Andre sejak kecil sukses membawanya menjadi desainer asal Bandung yang namanya dikenal hingga mancanegara.

Sambil menyelam, minum air. Dengan pekerjaannya sebagai desainer profesional, Andre Liongson pun dapat melakukan hobinya untuk traveling ke berbagai tempat di dalam negeri maupun luar negeri untuk bertemu dengan klien-klien KYUB Design.

Belajar dari kisah sukses Andre Liongson, jangan ragu untuk terus belajar dan menekuni apa yang menjadi passion kita saat ini. Ditambah dengan semangat dan do'a, semoga kesuksesan menanti kita di ujung jalan sana.

Sukabumi, 10 Mei 2022

Posting Komentar

18 Komentar

  1. Inspiratif sekali helatan IIDB dengan menghadirkan sosok seperti Andre Liongson founder KYUB ini. Banyak yang bisa kita teladani hingga sukses seperti sekarang. Saya lebih happy lagi bacanya karena anak sulung saya yang sejak kecil suka menggambar rencana tahun depan kuliah juga ingin masuk ke DKV. Saya bagi artikel ini ke dia nanti. Agar bisa memotivasinya. Makasih sharingnya, Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ssmoga sukses ananda masuk ke jurusan impian dan meraih cita-cita jadi desainer. Semangat!

      Hapus
  2. Keren emang ya,
    Keberuntungan hanya dimiliki oleh orang-orang yang disiplin dan mau kerja keras 👍

    BalasHapus
  3. Sangat menginspirasi mbak ulasannya. Andre Liongson menerapkan kebiasaan yang belum tentu sanggup dilakukan orang lain. Alhasil, sekarang ia bisa sukses. Bravoo!

    BalasHapus
  4. Sangat memotivasi ya bener banget kunci utama dalam bekerja itu disiplin. Bisa nih ditiru dan dipraktekin tips sukses dari Andre Liongson.

    BalasHapus
  5. Skrg makin byk orang muda sukses...salut

    BalasHapus
  6. Padahal kelihatannya masih muda ya, tapi idenya, gagasannya juga kerja kerasnya ini patut dihargai. Pantesan Teh Indari sampai mengundang beliau ya.

    BalasHapus
  7. Keren, dari usaha kecil sampai jadi mendunia. Bangga banget kalau ada anak bangsa yang berjuang dari nol begini.

    BalasHapus
  8. Sayang banget aku terlewat acaranya nih, padahal pasti menarik banget acaranya. Apalagi aku suka banget desain. Moga nanti bisa ada acara serupa lagi deh

    BalasHapus
  9. Saya jadi ikut termotivasi nih setelah membaca ulasannya Andre Liongson disini. Semoga usia tak membatasi kemampuan untuk bisa berkembang ya. Biar bisa mengejar sukses seperti anak muda anak muda sekarang.

    BalasHapus
  10. Muda, sukses, mapan. Keren nih, yang kayak gini harusnya yang viral ceritanya. Disiplin memang kunci sih dari dulu, masalahnya tinggal si manusianya aja bisa atau nggak

    BalasHapus
  11. Kalau bekerja di seni itu rasanya idenya kudu banget out of the box yaa..
    Salut menggali ide dan mewujudkannya sehingga banyak pengusaha yang puas dengan hasil dan kinerja KYUB design.

    Bangga banget karena kebebasan berkreasi yang dihargai, hasil kerja keras dan terus mengasah skills, tidak ada yang instan.

    BalasHapus
  12. Kalau bekerja di seni itu rasanya idenya kudu banget out of the box yaa..
    Salut menggali ide dan mewujudkannya sehingga banyak pengusaha yang puas dengan hasil dan kinerja KYUB design.

    Bangga banget karena kebebasan berkreasi yang dihargai, hasil kerja keras dan terus mengasah skills, tidak ada yang instan.

    BalasHapus
  13. Menginspirasi sekali sosok andre liongson ini, iya bekerja sesuai passion memang menyenangkan tapi cuma bisa diambil ya kebanyakan oleh orang yang membangun usahanha sendiri ya

    BalasHapus
  14. bekerja dalam bidang yang sesuai dnegan passion itu sangat menyenangkan, walaupun lelah kadang lelah itu tak terasa karena rasanya hanya senang tetapi tetap dibarengi dengan disiplin, tips yang bermanfaat mbak,, terima kasih

    BalasHapus
  15. Sejujurnya aku kali ini baru mendengar nama mereka, tapi satu yang kutangkap bahwa berpikir kreatif itu sangat luar biasa berdampak ya. Terima kasih tulisannya Mbak Ima!

    BalasHapus
  16. Kisah inspiratif seperti ini memang perlu kita tahu ya Mba? Jadi kita juga ingin seperti mereka yang berhasil dengan cita citanya

    BalasHapus
  17. dunia desain visual ternyata cukup menjanjikan ya, mbak di masa sekarang. nggak hanya berkaitan dengan desain spanduk atau kartu nama tapi bisa merambah ke bikin logo brand juga kayaknya

    BalasHapus