OLI PALING TEPAT UNTUK RANTAI SEPEDA MOTOR SUZUKI

oli-motor-suzuki

Ketika sepeda motor Anda tarikannya menjadi lebih berat serta terdengar suara berisik saat berjalan, segera cek kondisi rantai motor. Jika Anda mendapati rantai sepeda motor Anda cepat panas, ini bisa jadi diakibatkan oleh rantai yang kering dan butuh pelumas. Saat ini terdapat berbagai jenis pelumas rantai sepeda motor, namun yang jenis pelumas mana yang paling tepat untuk sepeda motor Suzuki Anda? Simak artikel ini untuk mencari tahu pelumas rantai paling tepat untuk sepeda motor Anda!

Fungsi Pelumas Motor

Seperti kita tahu, rantai sepeda motor merupakan bagian yang penting supaya kuda besi kesayangan Anda bisa bergerak. Rantai yang aus atau kering akan menghambat proses penggantian gigi, hal ini tentu membuat laju sepeda motor jadi terhambat. Belum lagi ditambah dengan suara yang mengganggu saat motor bergerak. Keberadaan pelumas rantai menghindarkan Anda akan kendala tersebut. Ia melapisi bagian logam rantai agar saat terjadi gesekan jadi tidak mudah panas atau rusak.

Pilih Pelumas Khusus Rantai Sepeda Motor

Berbicara tentang pelumas sepeda motor tentunya Anda mengenal pelumas jenis serbaguna. Beberapa orang ada yang menggunakan pelumas jenis ini untuk rantai sepeda motor. Hal ini sebenarnya tidak salah, namun kekurangannya jenis pelumas ini bisa tidak bisa melunturkan debu, kotoran, serta karat, yang terdapat pada bagian motor lainnya. Ia hanya bisa membersihkan karat dari rantai saja. Jika debu dan kotoran tetap tinggal pada rantai, dikhawatirkan malah akan makin merusak rantai sepeda motor. Namun jika saat Anda berada dalam situasi darurat, pelumas serbaguna bisa jadi solusi sementara untuk rantai motor Anda.


Jadi untuk perawatan rutin pada sepeda motor, sebaiknya pilihlah cairan pelumas khusus rantai sepeda motor yang tak hanya melumasi tapi juga membersihkan kotoran dan debu yang menempel.

Memilih Oli rantai Sepeda Motor

Untuk memilih oli sepeda motor yang tepat untuk kendaraan Anda, perhatikan hal-hal di bawah ini:

1. Kenali Ukuran Tabung Pelumas Rantai

Pelumas rantai yang beredar di pasaran biasanya berbentuk tabung spray yang mudah digunakan dan tidak mengotori tangan Anda. Kemasan ini juga memudahkan Anda untuk bisa menyimpan tabung cadangan di bagasi motor. Selain itu ada pula pelumas rantai dengan bentuk injeksi yang juga tak kalah praktis dan bisa menjangkau bagian terkecil pada rantai. Pilihlah pelumas dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Perhitungkan juga seberapa sering Anda biasanya melumasi rantai sepeda motor.

2. Sesuaikan dengan Jenis Rantai

Setiap sepeda motor memiliki jenis rantai yang berbeda-beda. Tentunya beda rantai beda pula kebutuhan pelumasnya. Perlu Anda ketahui juga setiap rantai sepeda motor memiliki kode tersendiri, seperti 415, 420, 428, 428H dan 520. Angka ini merupakan merupakan petunjuk untuk kita mengetahui jarak antara selongsong rantai, jarak pelat dalam, dan sebagainya. Selain kode angka, jenis rantai juga bisa dibedakan berdasarkan bentuk cincinnya. Ada rantai yang tidak memiliki cincin, ada pula yang bercincin dengan bentuk O atau X. Rantai sepeda motor yang tidak bercincin biasanya harganya lebih murah, namun Anda harus lebih intensif memberikan pelumas sebab biasanya jenis ini mudah panas dan rusak. Sementara jenis cincin O, biasanya lebih awet dibanding rantai tanpa cincin. Lingkaran cincin ini berfungsi menjaga antar lempengan rantai tetap basah oleh pelumas. Kemudian cincin berbentuk X adalah rantai yang biasanya sedikit lebih mahal dibanding jenis rantai lainnya. Bentuk X memberikan perlindungan paling maksimal agar rantai tidak cepat aus dan tidak bergesekan satu sama lain.

Untuk jenis motor bebek atau motor dengan kode rantai di bawah 428, Anda bisa menggunakan jenis pelumas rantai biasa yang mudah ditemukan di pasaran. Sementara jika Anda menggunakan motor sport dan memiliki rantai dengan kode angka di atas 248, gunakanlah oli rantai khusus motor sport yang diformulasikan khusus untuk motor agar bisa berakselerasi dengan maksimal. Produk oli untuk motor sport biasanya sudah memiliki kandungan chain protection, decrease noise, dan antidust.

Saat memilih rantai sepeda motor maupun perawatannya, tentunya harus disesuaikan juga dengan kebutuhan jenis motor dan juga budget Anda. Lakukan perawatan rantai sepeda motor secara rutin agar kendaraan kesayangan Anda tetap senantiasa prima. Booking servis sepeda motor Anda di bengkel resmi Suzuki dengan mengunjungi https://www.suzuki.co.id/services/motorcycle.

Posting Komentar

17 Komentar

  1. Ternyata rantai motor juga ada oott

    BalasHapus
  2. Ternyata rantai motor juga ada oli loh baru tahu biar ga salah pilih tetap service di ahlinya

    BalasHapus
  3. Ternyata rantai motor juga butuh oli baru tahu deh info berguna banget ya kudu kasih tahu keluarga kesayangan deh

    BalasHapus
  4. Rajinnn service n rawat rantai motor ahh..biar awet ama jalannya mulusss lancarrr ga ndet ndetan

    BalasHapus
  5. Wah nambah ilmu bgt nih makasih kak. Ternyata rantai motor jg perlu perawatan.

    BalasHapus
  6. wah ternyata butuh perawatan yang gini juga ya, aku baru tahu sih ini makasih infonya mbak

    BalasHapus
  7. Wah pas banget sih, karna suami juga mau ganti, nanti aku bisa rekom ke pak suami 🥰

    BalasHapus
  8. Wah baru tahu kalau oli serbaguna nggak optimal melumasi rantai sepeda motor. Bertambah pengetahuan aku nih biar nggak asal nge-oli-in rantai

    Vita mamanesia.com

    BalasHapus
  9. Jujur aku ga paham sama perawatan motor, tapi memang setauku harus pilih produk oli yang sesuai sama jenis rantai motornya ya. Ini cukup menambah pengetahuanku

    BalasHapus
  10. Buat yang punya motor manual, memang harus diperhatikan banget rantai itu. Aku pernah pas musim hujan jarang ngecek rantai, tau2 putus di jalan hahaha. Trus akhirnya dorong deh sampe bengkel.

    Perawatan rantai cukup mudah tinggal semprot pake oli rantai, tapi harus yang sesuai ya supaya umur rantai lebih lama.

    BalasHapus
  11. Aq baru tau nih oli rantai harus sesuai rantainnya, biasanya per 3 bulan aq selalu service motor & ganti oli, jd tinggal terima beres

    BalasHapus
  12. Suamiku yg paham soal oli jadi aku manut2 aja. Abis baca ini baru tau soal Oli nih. Tnyata memang banyak hal yg kudu diketahuin semua orang tanpa mandang gender

    BalasHapus
  13. sudah lama banget nggak berurusan sama rantai motor ini karena seingatku di motor matic nggak kelihatan rantainya. tapi memang penting banget merawat oli rantai ini biar motor jalannya enak

    BalasHapus
  14. Wahh, jadi dapet rekomendasi baru nih buat sepeda motor. Thank u kak.

    BalasHapus
  15. Wah baru tau aku rantai butuh oli, untung ada ahli oli rantai

    BalasHapus
  16. Banyak yang harus dipelajari supaya gak asal2an beli produk perawatan sepeda. Jadi rantainya lebih awet

    BalasHapus
  17. Jadi inget kalau bulan ini jatah ganti oli nih. Soalnya meteran di motor udah nunjukin buat segera ganti oli

    BalasHapus