Progress Belajar di Bunda Cekatan Ibu Profesional

jurnal-bunda-cekatan

Assalammualaikum, memasuki pekan ke-3 di tahap kupu-kupu kelas Bunda Cekatan, Institut Ibu Profesional. Ada cerita apa di pekan ini?

Minggu ini, kami para kupu-kupu muda menuliskan setiap progress yang terjadi dalam tahap pembelajaran bersama mentor dan mentee.

I'm so happy karena akhirnya berhasil juga mempublikasikan project podcast episode pertama yang selama berbulan-bulan ini hanya wacana belaka. Wkwk.

Kali ini saya akan bercerita tentang apa yang saya pelajari bersama mentor saya, Mbak Puput dan kedua mentee saya, Mbak Reni dan Mbak Amel.


Belajar Bersama Mentor

Saya paling deg-degan kalau Mbak Puput bertanya mengenai rencana saya untuk pekan ini. Haha. Suka mendadak blank 😄

Rencana jangka pendek saya sebenarnya adalah rutin mempublikasikan episode podcast "Hobi Mamah di Rumah", at least selama 6 pekan masa Bunda Cekatan terakhir ini.

Tujuannya adalah agar cara saya berbicara bisa dinilai oleh Mbak Puput. Karena susah ya kalau belajar public speaking tapi nggak praktik.

Lagi pula tujuan saya belajar public speaking di sini memang untuk melakukan repurpose konten blog menjadi konten audio.

Akhirnya di pekan ini saya menargetkan untuk fokus beberapa hari menggarap episode perdana podcast. Sebenarnya podcastnya udah ada, cuma random aja sih dulu isinya.

Podcast yang sekarang mau fokus ke kegiatan saya sebagai ibu rumah tangga yang senang menekuni hobi, yang mana sudah banyak saya tuliskan di blog ini.

Saya menjadwalkan untuk membuat skrip, rekaman, editing dan publish. Hasilnya adalah ini :

Podcast Episode 1

Alhamdulillah mentor saya langsung mendengarkan dan memberikan apresiasi juga komentar dan saran. Saya senang sekali! Akhirnya bisa podcast-an melalui belajar public speakingnya dulu. Haha. Selama ini kan main sepik-sepik aja tuh.

Menurut Mbak Puput, intonasi saya berubah dan nafas saya lebih sering terdengar terutama di akhir-akhir rekaman. Itu menandakan saya sudah cukup kelelahan berbicara.

Bok, padahal cuma 7-8 menit loh. Haha. Tapi memang saya merasa ngos-ngosan sih ngomong tanpa jeda gitu.


Kemudian Mbak Puput memberikan masukan untuk mengambil jeda setiap beberapa kalimat supaya saya tidak terlalu kelelahan dan akhirnya jadi terburu-buru bicara di akhir sesi rekaman.

Saya pun mencoba untuk memperbaiki kualitas suara saya di podcast episode pekan depan. Doakan lancar yaa!

Belajar Bersama Mentee

Di pekan ini saya membersamai kedua mentee saya belajar blogging di mana materi yang saya berikan adalah tentang "Mengemas Curhat Menjadi Artikel yang Menarik".

Ini saya berikan karena melihat kedua mentee saya senang menulis tentang pengalaman juga perasaannya di blog mereka.

Saya ingin berbagi bahwa menulis curhatan di blog itu bisa juga loh dikemas dengan cara yang sedikit berbeda sehingga curhatan kita tetap memberikan nilai informasi dan edukasi pada pembaca blog.

Curhat dengan tetap menerapkan SEO on page juga bisa banget. Hehe. Jadi, artikel kita tetap bisa muncul di halaman-halaman mesin pencari, syukur alhamdulillah bisa pejwan.

Saya senang melihat semangat dari kedua mentee saya yang luar biasa. Saya yakin mereka bisa mengembangkan kemampuan menulis di blognya dan mencapai tujuannya masing-masing.

See you on the next journal!

Posting Komentar

0 Komentar