SehatQ, Provider Kesehatan Digital Bersertifikat PSEF

review sehatq

"Maaf, Teh, sementara saya belum bisa aktif karena anak terdiagnosa flu singapura..."

Begitu membaca pesan dari teman satu komunitas, saya langsung tergerak untuk mencari informasi lebih lanjut mengenai penyakit yang beliau sebutkan, flu singapura. Pernah dengar sih, nama penyakit ini, akan tetapi sebatas tahu nama aja enggak paham informasi lebih lanjutnya.

Mengetahui penyakit ini dapat menyerang anak-anak bahkan usia balita, rasanya was-was dan ingin tahu seperti apa penyakit tersebut dan seberapa parah dampaknya apabila anak-anak terserang penyakit ini?


Hasil penelusuran saya di mesin pencari membawa saya pada website sehatQ.com. Di sana saya mendapatkan semua jawaban atas pertanyaan saya mengenai flu singapura atau yang dikenal juga dengan penyakit kaki, tangan dan mulut (HFMD / Hand, Foot, Mouth Disease).

Dalam artikel yang tertulis di website kesehatan tersebut dijelaskan secara detail dan terperinci mulai dari pengertian, penyebab, tanda dan gejala, diagnosa hingga bagaimana tata laksana terapinya. Gaya bahasa yang digunakan dalam artikel di SehatQ cukup mudah dipahami sehingga saya enggak terlalu berpikir keras mengartikan istilah-istilah medis yang ada.

Setelah selesai membaca artikel, saya tertarik dengan fitur-fitur yang tersedia di website tersebut. Lengkap banget! Selain website, tersedia juga aplikasi yang bisa diunggah dari Google Play Store dan App Store.

Senang sekali ada platform yang mempermudah masyarakat untuk mengakses kesehatan seperti SehatQ ini.

Berkenalan dengan SehatQ

Provider kesehatan digital ini lahir di tahun 2018. Baik di website maupun aplikasi via ponsel, masyarakat dapat mengakses berbagai layanan kesehatan seperti melakukan konsultasi dengan dokter melalui fitur chat, menjadwalkan pemeriksaan ke dokter atau sekadar membaca artikel kesehatan seperti yang saya lakukan.

Kabar baiknya lagi, masyarakat dapat melakukan pembelian obat dan vitamin melalui website ataupun aplikasi SehatQ. Soal keamanan bertransaksi, masyarakat tidak perlu khawatir karena SehatQ telah menjalankan pelayanan kefarmasian berbasis internet sesuai dengan yang tertera pada peraturan pemerintah.


Bahkan, SehatQ juga sudah mengantongi sertifikat PSEF (Penyelenggara Sistem Elektronik Farmasi) dari Kementerian Kesehatan. Ini membuktikan bahwa SehatQ sudah trusted untuk melakukan penjualan obat secara daring. Terbukti no tipu-tipu, nih!

10 Fitur Pelayanan Kesehatan di SehatQ

Terdapat setidaknya 10 fitur atau menu pelayanan kesehatan yang ada di website maupun aplikasi SehatQ. Menurut saya, fitur-fitur yang tersedia di SehatQ sudah cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan masyarakat untuk mengakses kesehatan dengan sangat mudah.

1. Toko

Di dalam toko SehatQ, masyarakat bisa memilih berbagai produk kesehatan mulai dari beli obat, suplemen dan multivitamin, alat kesehatan, perlengkapan ibu dan bayi, produk untuk kesehatan gigi dan mulut bahkan skin care dan perawatan kecantikan.

Di samping itu, masyakarat juga dapat mengakses semua kategori layanan kesehatan di sana seperti treatment kecantikan, medical check-up (MCU), pelayanan kesehatan ibu dan anak serta vaksin dan imunisasi.

Adanya fitur "Chat dengan Apoteker" pun dapat mempermudah masyarakat untuk bertanya dan memilih produk yang benar-benar sesuai dengan tujuan pengobatannya.

2. Obat

Ketika membuka fitur ini, saya seperti melihat obat-obatan di apotek yang tersusun rapi secara online. Fitur ini memungkinkan masyarakat untuk memilih dan membeli obat sesuai dengan diagnosa penyakit yang telah ditegakkan oleh dokter.

Penyusunan obat-obatan dalam fitur ini dilakukan sesuai abjad mulai dari A sampai Z. Masyarakat juga bisa langsung melakukan konsultasi dengan dokter melalui fitur yang tersedia di sana.

3. Artikel

Dalam fitur ini tersedia berbagai artikel kesehatan yang dapat membantu masyarakat menjawab pertanyaan seputar kesehatan. Seperti yang saya lakukan tadi, mencari informasi mengenai detail penyakit flu singapura di dalam menu artikel SehatQ.

Ada beberapa pilihan kategori artikel yang dapat dipilih seperti "Hidup Sehat", "Penyakit", "Kulit dan Kecantikan", "Kesehatan Mental" hingga "Kehamilan".

4. Tindakan Medis

Fitur ini memungkinkan masyarakat untuk mencari tahu informasi mengenai berbagai tindakan medis yang mungkin akan mereka lakukan. Contohnya seperti test treatmill jantung, transfusi trombosit atau hanya sekadar imunisasi untuk anak-anak.

Di sini, masyarakat juga dapat melakukan pemesanan untuk tindakan medis di berbagai fasilitas kesehatan tak terkecuali rumah sakit.

5. Dokter

Segala informasi mengenai dokter praktik di berbagai tempat praktik tersedia di sini. Dengan adanya fitur ini masyarakat dapat membuat janji konsultasi atau periksa ke dokter yang mereka pilih di tempat praktik dokter tersebut.

Dokter yang terintegrasi dengan SehatQ ini berjumlah lebih dari 28.000 dan terdiri dari berbagai macam spesialis yang dapat dipilih melalui menu filter.

Bingung memilih dokter saking banyaknya? Teman-teman tidak perlu khawatir karena kita dapat melihat profil dan pengalaman masing-masing dokter serta rating yang diberikan oleh pasien-pasien sebelumnya untuk dokter tersebut.

6. Rumah Sakit

Fitur ini bermanfaat untuk mencari fasilitas kesehatan yang dapat dipilih sesuai dengan filter yang diterapkan. Beberapa diantaranya memilih faskes yang terdekat dengan lokasi, memilih faskes berdasarkan kota, jenis dan tipe fasilitas kesehatan hingga layanan kesehatan yang diinginkan.

7. Penyakit

Masyarakat dapat mengakses informasi singkat, padat dan jelas mengenai suatu penyakit dari fitur ini. Ada ribuan penyakit yang dapat dicari tahu sehingga memudahkan masyarakat terutama pasien untuk mengetahui kondisi penyakit yang sedang dialaminya pada saat itu atau yang hanya mencari informasi terkait penyakit tertentu.

8. Chat Dokter

Chat dengan dokter adalah satu fitur unggulan yang ditawarkan oleh SehatQ. Masyarakat yang mengalami keluhan kesehatan dapat melakukan skrinning awal melalui chat dengan dokter profesional. Terlebih bagi mereka yang masih khawatir harus mengunjungi rumah sakit di tengah pandemi.

Tidak hanya sekadar berkonsultasi, dokter pun dapat memberikan resep yang dapat ditebus di toko obat yang tersedia di aplikasi SehatQ. Meskipun berbayar, biaya konsultasi yang dibebankan pada pasien sangat terjangkau mulai dari Rp5.000,- saja.

9. Promo

Tersedia banyak sekali promo-promo kesehatan pada fitur ini. Di masa pandemi ini tersedia promo untuk swab antigen dan PCR. Promo lainnya dapat diakses di menu Promo Exclusive SehatQ.

Berbagai promo ini dapat digunakan oleh masyarakat dan tentunya meringankan beban biaya apabila butuh melakukan pemeriksaan kesehatan.

10. Selengkapnya

Fitur terakhir ini menyajikan semua fitur dalam satu frame sehingga memudahkan masyarakat yang gaptek atau bingung memilih menu dari bar menu yang tersedia. Tambahan yang tersedia di fitur ini adalah layanan pemeriksaan, review dan forum.

Keunggulan SehatQ

Tidak dipungkiri bahwa saat ini website maupun aplikasi penyedia layanan kesehatan sudah mulai berkembang dan banyak beredar di Indonesia. Lalu, apa bedanya SehatQ dengan provider layanan kesehatan daring lainnya?

Kemudahan Mengakses Website dan Aplikasi

Keunggulan yang pertama adalah SehatQ dapat diakses melalui PC maupun ponsel selama tersedia jaringan internet. Aplikasi SehatQ pun dapat diunggah di ponsel berbasis Android maupun iOs.

Jika teman-teman mengaksesnya melalui komputer atau laptop, tidak perlu mengunggah aplikasi karena dapat diakses melalui browser. Untuk lebih mempermudah akses ke SehatQ, teman-teman bisa membuat akun terlebih dahulu.

User Friendly

Tampilan website dan aplikasi yang tampak sederhana namun eyecatching ini tidak menyulitkan masyarakat untuk menggunakannya sekalipun masyarakat awam. Tulisan-tulisan yang terdapat pada menu sangat mudah dipahami dan mempermudah penggunanya untuk memilih sesuai dengan kebutuhan.

Fasilitas Lengkap dalam Berbagai Fitur

Mau cari informasi tentang penyakit? Ada. Mau melihat jadwal praktik dan informasi dokter spesialis? Ada. Ingin membuat jadwal pemeriksaan di fasilitas kesehatan? Bisa. Mendapatkan promo untuk pelayanan kesehatan? Sangat memungkinkan.


Menurut saya, fitur yang ada di dalam SehatQ ini sudah sangat lengkap dan sangat mempermudah masyarakat untuk mengakses layanan kesehatan di mana pun mereka berada. Kalau memang enggak gawat darurat banget, SehatQ bisa digunakan sebagai pertolongan pertama ketika ada anggota keluarga yang sakit di rumah.

Terjaminnya Keamanan Transaksi Produk

Salah satu keunggulan SehatQ dibandingkan dengan provider pelayanan kesehatan daring lainnya adalah amannya transaksi produk serta layanan kesehatan di SehatQ. Seperti yang telah dijelaskan di awal kalau SehatQ menjadi salah satu layanan telefarmasi yang mendapatkan sertifikat PSEF (Penyelenggara Sistem Elektronik Farmasi).

Data terakhir yakni di bulan Desember tahun 2021, terdapat lima penyelenggara PSEF yang mendapatkan sertifikat dari kementerian kesehatan, salah satunya adalah SehatQ.

Dengan demikian, masyarakat tidak perlu khawatir saat bertransaksi melalui website maupun aplikasi SehatQ untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di berbagai fasilitas kesehatan termasuk saat berkonsultasi secara online.

Pengembangan telefarmasi yang dilakukan oleh SehatQ bertujuan agar masyarakat mempunyai pilihan untuk mengakses layanan kesehatan dan kefarmasian secara bermutu melalui pemanfaatan teknologi. Terutama di masa pandemi di mana masyarakat sangat membutuhkan akses yang lebih mudah terhadap obat-obatan.

Jaga Sehatku dan Sehatmu dengan SehatQ

Dengan adanya website serta aplikasi SehatQ yang menyediakan berbagai pelayanan kesehatan dan kefarmasian dalam satu platform, akses terhadap pelayanan kesehatan menjadi lebih mudah dijangkau oleh masyarakat.

Ditambah lagi dengan sertifikat PSEF yang dikantongi oleh SehatQ, membuat provider ini terus meningkatkan kualitas pelayanan dan menambah jangkauan pelayanannya ke berbagai daerah.

Maka enggak salah kalau kita memilih SehatQ sebagai platform andalan untuk memantain kesehatan diri sendiri dan keluarga.

Sukabumi, 18 Maret 2022

Posting Komentar

25 Komentar

  1. Zaman sekarang sudah lebih mudah ya, apa-apa semua online, bahkan untuk kesehatan juga online.

    BalasHapus
  2. lengkap banget ya, mencakup semua hal dalam satu situs aja, praktis...

    BalasHapus
  3. Mantap emang SehatQ ini, aku sndiri sering cari referensi ke situs ini, tapi kalau untuk tokonya blm pernah coba. asyik ya kalau gausa antri juga

    BalasHapus
  4. Keren ya aplikasinya, jadi pengen ngintip. Kan enak kalau semua bisa lewat aplikasi, nggak usah ribet antri.

    BalasHapus
  5. Fitur SehatQ lengkap juga ya Mbak ternyata, bisa jadi referensi nampaknya. Saat ini aplikasi kesehatan memang penting untuk dimiliki. Sangat mempermudah kita.

    BalasHapus
  6. Lengkap banget fitur dari Sehatq ini ya .. bisa jadi panduan dalam menjaga kesehatan keluarga di masa pandemi ini.

    BalasHapus
  7. Lengkap banget aplikasinya, keren jadi semakin termudahkan apabila ada yang sakit.

    BalasHapus
  8. Kalau butuh obat atau vitamin saat isoman mengunakan aplikasi SehatQ ini sangat membantu sekali lho. Praktis dan aman

    BalasHapus
  9. Aku sering pakai aplikasi SehatQ. Praktis banget soalnya semua ada dalam satu aplikasi

    BalasHapus
  10. alhamdulillah apalagi di pandemi gini yang worry banget ke tempat kesehatan bisa jadi alternatif supaya lebih praktis ya mba

    BalasHapus
  11. Apakah bisa di terapkan di seluruh Indonesia, Mbak?

    BalasHapus
  12. Enak nih punya aplikasi sehatQ buat yang lagi isoman. Cocok banget bisa beli obat lewat aplikasi ngga perlu repot ke luar rumah deh. Apalagi ada fitur chat konsultasi sama dokter juga. Anti ribet pokoknya.

    BalasHapus
  13. terima kasih ulasanyya mbak, lengkap. Bener banget semua sudah serba online ya, tapi semoga memudahkan pengguna terkait fasilitas kesehatan

    BalasHapus
  14. Ada aplikasi kesehatan semacam ini menolong kita agar bisa segera konsultasi dokter tanpa harus ke klinik ya. Apalagi masa pandemi begini.

    BalasHapus
  15. Sekarang jadi mudah ya
    Apa-apa bisa dalam genggaman tangan, apalagi aplikasi ini bisa jadi solusi untuk urusan kesehatan

    BalasHapus
  16. Sehatku tepat banget ya mbak hadir disaat seperti sekarang ini. Semua serba lengkap ya untuk urusan kesehatan

    BalasHapus
  17. Membincang soal flu singapura, jadi ingat tahun 2010an ketika kedua anakku tiba2 kulitnya melepuh gini setelah demamnya usai. Kasihaaan banget, yang kecil waktu itu belum 2 tahun klo ga salah umurnya. Sekujur kulitnya kayak luka gitu, dimulai dari telapak kaki tuh awalnya. Hanya saja dulu nggak tau itu sakit apa, bahkan dokter umum yg di sini juga belum tau. Coba dulu udah ada SehatQ yaa.. bisa banget menggali informasi dan mencari solusinya di situ.

    BalasHapus
  18. lengkap ya untuk semua urusan kesehatan apalagi di masa pandemi yang tak kunjung berakhir gini

    BalasHapus
  19. Dengan fitur lengkap dari SehatQ, jadi merasa lebih aman soal kesehatan ya karena infonta tuh lengkap

    BalasHapus
  20. Belum pernah nyoba aplikasinya, jadi ingin tahu lebih mudah apa engga drpd aplikasi alodokter ataupun halodoc

    BalasHapus
  21. Praktis dan canggih banget aplikasi jadi pengen coba juga lumayan konsultasi di tengah zaman yang makin millenial...

    BalasHapus
  22. Kini segalanya dimudahkan dengan jari bisa jadi solusi.

    BalasHapus
  23. Emang lengkap banget sih ini fitur fitur di SehatQ, aku langganan buka website dan sosmednya ahaha

    BalasHapus
  24. Bener bener bermanfaat aplikasi sehatku ini, lebih memudahkan praktis dan tenrunya bisa diakses dari mana saja. Terimakasih banyak reviewnya kak 🥰

    BalasHapus
  25. Salah satu kelebihan sehatq adalah bisa langsung konsultasi dengan dokter jaga tanpa membayar hehe

    BalasHapus