Clover Honey, Madu Kesukaan Anak yang Kaya Manfaat

clover honey review

Setelah lama penasaran dengan clover honey yang katanya sangat bermanfaat bagi kesehatan terutama anak-anak, akhirnya sekitar sebulan yang lalu aku membeli Clover Honey untuk dikonsumsi rutin oleh anakku.

Manfaat madu untuk kesehatan memang sudah tidak diragukan lagi. Sebelum memutuskan untuk mencoba clover honey, aku memang sudah biasa memberikan anakku madu sejak usianya sudah lewat dari 1 tahun.


Salah satu manfaat dari rutin mengkonsumsi madu adalah meningkatkan imunitas tubuh. Terutama di masa pandemi seperti ini, menjaga kondisi tubuh agar senantiasa fit menjadi krusial agar tubuh kita tidak mudah tertular virus yang dapat mengganggu kesehatan.

Apalagi anak-anak, ya kan? Berbeda dengan orang dewasa yang sudah bisa diberikan vaksinasi Covid-19, anak-anak termasuk balita belum bisa tuh dapat vaksin Covid-19. Harus makin ekstra nih menjaga kesehatan anak-anak di masa pandemi.


Tentang Clover Honey

bunga clover penghasil clover honey
Bunga clover (pixabay)

Madu clover atau clover honey adalah jenis madu yang didapatkan dari sari bunga tanaman semanggi (clover). Beberapa produk clover honey yang terkenal disebu-sebut mendapatkan madu dari bunga clover yang ditanam secara khusus di New Zealand dengan memperhatikan iklim dan cuaca untuk menghasilkan madu dengan kualitas yang terbaik.

Tekstur dari clover honey ini berbeda dari madu biasa yang kita konsumsi, di mana clover honey memiliki tekstur lebih kental dan creamy. Warna dari madu clover juga berbeda dari kebanyakan madu lainnya yaitu berwarna kuning, biasanya warna madu yang lumrah kita temui kan berwarna coklat ya.

Clover honey ini digadang-gadang memiliki sejuta manfaat, sebab madu ini mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita seperti vitamin, mineral, zat besi, kalium, magnesium, zinc hingga antioksidan dalam bentuk asam fenolat.

Manfaat Clover Honey

Bagi anak-anak, madu clover memiliki beragam manfaat seperti :

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Melihat berbagai kandungan yang dimiliki oleh clover honey, tidak heran kalau madu ini disebut-sebut sangat baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh termasuk juga pada anak-anak.

Memperbaiki dan Melindungi Saluran Cerna

Clover honey juga memiliki fungsi sebagai prebiotik yang membantu pertumbuhan baikteri baik dalam saluran cerna.

Konsumsi rutin clover honey dapat membantu memulihkan saluran pencernaan yang terganggu dan mengatasi sembelit, diare hingga nyeri pada perut yang disebabkan oleh tukak lambung.

Sumber Energi dan Pengganti Gula yang Aman

Gula yang terkandung dalam clover honey merupakan gula selain berbentuk glukosa juga dalam bentuk fruktosa.

Kandungan gula di dalam madu akan diproses secara perlahan dan diserap oleh tubuh hingga tidak menghasilkan energi yang berlebih.

Gula yang terkandung dalam madu clover juga relatif lebih aman untuk penderita diabetes karena jumlah gula dalam bentuk fruktosa lebih banyak dibandingkan dalam bentuk glukosa.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Dengan kandungan antibakteri dan antiinflamasi yang ada dalam clover honey, proses penyembuhan luka dan peradangan pada kulit akan menjadi lebih cepat.

Bersifat Anti-Oksidan

Asam fenolat yang terdapat dalam clover honey berfungsi sebagai anti-oksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Anti-oksidan ini berperan sangat penting untuk mencegah kerusakan sel di dalam tubuh dan melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.

HDI Natural Clover Honey

hdi clover honey

Clover honey yang aku konsumsi merupakan produk dari HDI. Produk ini kayaknya sudah menjadi produk sejuta umat karena terbilang laris manis di pasaran.

Setelah mendapatkan product knowledge mengenai kelebihan produk ini dibandingkan dengan produk clover honey yang lain, akhirnya aku memantapkan diri untuk membeli "HDI Natural Clover Honey".

"HDI Natural Clover Honey" memiliki beberapa keunggulan seperti, kandungan air yang sangat rendah yaitu kurang dari 17%. Dengan kandungan air serendah ini, jamur ataupun proses fermentasi akan sulit terjadi.

Selain itu, madu yang dihasilkan adalah madu murni dan alami yang diproduksi tanpa adanya proses penyaringan, penjernihan dan pemanasan (unprossed). Diketahui bahwa kandungan gizi yang terdapat dalam madu (unprossed) lebih baik dibandingkan madu yang melewati serangkaian tahapan tersebut.

Poin lebihnya lagi adalah adanya tambahan bee pollen dalam produk "HDI Natural Clover Honey" yang membuat madu ini semakin kaya nutrisi.

komposisi clover honey
Komposisi dalam HDI Natural Clover Honey

Kandungan fruktosa yang lebih tinggi dibandingkan kandungan glukosanya, membuat madu ini aman dikonsumsi untuk penderita diabetes. Sebabnya adalah fruktosa, dapat diubah menjadi energi tanpa membutuhkan insulin. Sehingga, mengkonsumsi madu clover tidak serta merta membuat kadar gula darah seseorang melonjak secara signifikan.

Adapun kandungan yang terdapat dalam "HDI Natural Clover Honey" antara lain vitamin A, beta karoten, vitamin B kompleks, vitamin C, fosfor, zat besi, kalsium, klorida, kalium, iodium, tembaga, natrium dan mangan.

Selain kandungan tersebut, clover honey ini juga mengandung berbagai enzim penting untuk memperlancar metabolisme dalam tubuh.

Pengalaman Mengkonsumsi Clover Honey

pengalaman konsumsi clover honey

Untuk trial, aku membeli "HDI Natural Clover Honey" kemasan 250 gram seharga Rp189.000,- dari seorang teman yang merupakan reseller resmi dari HDI. Mau beli di online shop, takut tipu-tipu gitu kan. Secara harganya lumayan pricey nih, nggak mau rugi dong ya, Buun. Jadi beli di tempat yang pasti-pasti aja nih.

Pertama kali mencoba madu clover, rasanya memang agak berbeda dari madu biasa. Perbedaan yang paling terasa adalah rasa manisnya yang kuat tapi nggak bikin eneg. Kemudian dari segi tekstur, secara fisik terlihat sangat kental, namun setelah masuk ke dalam mulut ternyata light dan gampang aja ditelan.

Cara mengkonsumsi clover honey seperti yang dijelaskan oleh temanku yang merupakan reseller HDI adalah dengan meminum langsung menggunakan sendok kayu atau bahan lain selain besi, atau bisa juga dengan mencampurkannya dengan minuman seperti air hangat.

Penggunaan untuk anak-anak adalah 1 kali sehari, 1 sendok teh. Biasanya aku memberikan anakku di pagi hari sebelum ia sarapan. Dari beberapa artikel yang kubaca, madu ini dapat meningkatkan nafsu makan anak jadi lebih baik dikonsumsi sebelum makan (cmiiw).

Berhubung anakku sudah terbiasa mengkonsumsi madu, aku tidak menemukan kesulitan yang berarti saat memberikannya clover honey. Anakku suka sekali dengan madu ini dan sepertinya memang madu ini memberikan efek kesehatan yang terlihat pada anakku.

Menjaga Imunitas Tubuh

Selain dari makanan yang bergizi, aktivitas serta istirahat yang cukup, aku melihat kondisi kesehatan anakku alhamdulillah selalu stabil. Entah karena memang kami sekeluarga juarang buanget pergi ke mana-mana atau sedikit banyak ada efek dari konsumsi clover honey ini.

Mau cerita sedikit nih ya, jadi anakku kalau tidur malam hampir tidak mau dipakaikan selimut. Meskipun udara dingin, ia tetap menolak untuk memakai selimut. Suatu ketika, aku melihat anakku tidur dengan kondisi bajunya tuh diangkat, jadi perutnya terpapar udara dingin di malam hari.

Aku mendapati kejadian ini saat subuh sudah menjelang. Aku nggak tau itu bocah bajunya sudah terangkat sejak kapan. Ketika bangun, anakku mengeluh sakit perut. Aku kira dia lapar, karena malam hari sebelum kejadian makannya tidak sebanyak biasanya.

Ternyata saat disodorkan makanan, ia hanya mampu menghabiskan dua suap dan kembali uring-uringan. Lalu aku menawarkannya untuk minum susu, belum sempat susunya diminum ia sudah muntah-muntah.

Kalau orang Indonesia bilang, "Wah! Masuk angin, nih..."

Setelahnya, aku membalur anakku dengan minyak kayu putih dan memberikannya clover honey seperti biasa. Alhamdulillah, selang beberapa jam anakku sudah mau makan lagi, tidak merasa mual dan muntah lagi. Siang harinya setelah bangun tidur, ia sudah ceria dan beraktivitas seperti biasa.


Aku nggak bisa bilang kalau clover honey yang membuat anakku cepat pulih dari kondisi seperti yang aku ceritakan barusan. Namun, melihat manfaat clover honey ini salah satunya adalah untuk meningkatkan sistem imun, bisa jadi ya seseorang tidak mudah sakit karena sistem imunnya terbentuk dengan baik dan dibantu oleh madu ini. Waallahualam..

Memperlancar Pencernaan

Beberapa bulan sebelumnya, aku dan suamiku sempat curiga ada masalah dengan pencernaan anakku. Sebabnya adalah setiap kali buang air besar, kayaknya tuh effort banget gitu. Lalu, frekuensinya juga nggak rutin.


Kami sempat memeriksakannya ke DSA dan diresepkan probiotik untuk anak-anak. Sesudahnya memang terlihat membaik, tapi nggak lama kemudian begitu lagi. Ini juga menjadi salah satu pertimbangan mengapa aku akhirnya membeli clover honey.

Sejak rutin mengkonsumsi madu clover ini, pencernaan anakku bisa dibilang jadi lebih baik. Buang air besarnya jadi rutin, lebih teratur dan yang jelas lebih effortless saat menunaikan hajat BAB-nya.

Memperbaiki Nafsu Makan

Menurutku, ini adalah efek domino dari membaiknya saluran pencernaan anakku. Biasanya, baru makan beberapa suap atau setelah menghabiskan makanan di piringnya ia akan mengeluh sakit perut mau ke toilet.

Kadang, makanannya diemut dan menghabiskan waktu lama syekalee~ untuk bisa makan satu piring. Padahal sebenarnya, anakku termasuk anak yang makan apa aja mau. Ia juga senang mencoba berbagai jenis makanan baru. Tapi, kayak ada sesuatu yang bikin dia itu nggak bisa makan banyak-banyak. 

Setelah masalah pencernaannya hilang, porsi makan anakku mulai naik. Setelah makan pun kadang bisa langsung cari snack untuk ronde selanjutnya. Minum susu juga lancar jaya. Perubahan baik ini juga didukung oleh pendapat suamiku yang mana ia melihat anaknya lebih senang makan daripada sebelumnya.

Rekomendasi

Begitulah pengalamanku setelah kurang lebih sebulan belakangan anakku mengkonsumsi clover honey. Mungkin ada yang punya pengalaman serupa atau berbeda boleh sharing di kolom komentar ya :)

Melihat manfaat yang terlihat nyata pada anakku setelah mengkonsumsi madu ini, aku pribadi merekomendasikan clover honey untuk dikonsumsi secara rutin. Baik untuk orang dewasa maupun anak-anak.

Semoga apa yang aku tuliskan kali ini bermanfaat. Sehat-sehat selalu kita semua!

Terima kasih.

Sukabumi, 25 Agustus 2021

Posting Komentar

17 Komentar

  1. Mbaaaa, aku udh konsumsi madu ini buat anak2ku dari awal pandemi.

    Jadi tiap bangun tidur, mereka wajib minum air putih dulu, trus madu clover, Ama kids 3 dari HDI juga. Kids 3 kadang aku ganti Ama bee pollen. Alhamdulillah ya, anak2 dr awal pandemi sampe skr, blm sakit. Pdhl biasanya pasti adaaaa aja kena batpil.

    Makanya aku skr rutin nyetok dari langgananku. Biasanya beli yg 1 kg sih, itu bisa utk 2 bulan doang. Kids3 yang belinya tiap bulan Krn utk 2 anak. Baguuus memang clover honey ini. Aku sendiri ga minum madunya, tapi aku konsumsi bee propolis tiap pagi bangun tidur. Jerawat ilang, badan enakan.

    BalasHapus
  2. Imaaaa ❤️
    Dhira konsumsi jg clover honey tiap pagi, habis bangun tidur, tp dia sukanya klo dicampur sama air anget. Jadi aq bikin air angetnya dulu, setelah itu baru campur sama clover honey. 😍
    Aq jg sediain Kids3 sama Honey Bee Pollen di rumah, kadang dhira konsumsinya gantian, tergantung mood nya mau konsumsi keduanya ato salah satu. Hehehee πŸ˜†
    Tp beneran setelah dhira rutin konsumsi ini tu nafsu makannya jd lebih baik, ga gampang sakit.
    ❤️❤️❤️❤️😍😍😍😍

    Klo aq olesin clover honey ke roti tawar buat sarapan hehehee.
    Klo suami sukanya langsung aja konsumsi satu sendok tiap pagi, ditambah yg enzymeminerals buat maag nya 😁.



    BalasHapus
  3. Oke juga harganya ya cocok untuk menjaga imunitas tubuh anak-anak juga madu merupakan favorite anak

    BalasHapus
  4. Kebetulan nih pas cari madu. Bisa buat rekomendasi aku beli madu. Manfaatnya juga banyak banget

    BalasHapus
  5. manfaatnya juga banyak banget ya mbak apalagi ini kualitasnya juga dijamin yang etrbaik makin mantap mau coba

    BalasHapus
  6. zuzuuurrr..ini madu terenaaakk buatku.. rasanya lembuuutt.. dan pastinya cocok buat aku dan keluarga.. madu 1kg habis dg cepattt

    BalasHapus
  7. Mba ini manfaatnya bisa menyembukan luka, berarti dibalur langsung ke luka ya?

    BalasHapus
  8. Banyak banget manfaatnya ya si clover honey ini. Pantesan banyak yang konsumsi sampe viral gitu😍

    BalasHapus
  9. Beberapa waktu lalu aku juga lagi cari madu untuk anak-anak nih. Ternyata Clover Honey ok juga ya kak. Manfaatnya banyak.

    BalasHapus
  10. Madu aja udah banyak manfaat buat tubuh, apalagi madu clover honey

    BalasHapus
  11. Aku baru tau kalo minum madu ga bole pake sendok besi ya. Emg knp ya? Aku mau tau alasannya

    BalasHapus
  12. Madu yg rekomen bgt nih aku cb buat aku n anak. Kami pecinta madu jg soalnya

    BalasHapus
  13. clover honey emang bagus sih manfaatnya, anakku pernah konsumsi madu clover dan jadi jarang sakit

    BalasHapus
  14. Waaah aku baru tahu clover honey aman untuk anak anak, makasih rekomendasinya mba πŸ₯°

    BalasHapus
  15. Aku udah coba berbagai macam madu dan menurutku ini madu yang terenak yang pernah aku coba!! Cuma harganya lumayan yah bund hehe. Aku selalu minum tiap pagi campur air hangat dan lemon. Enak banget dan ke badan juga enakan, ga gampang sakit.

    BalasHapus
  16. baru tahu ada madu untuk anak begini kak, jadi pengen juga beliin buat keponakan nih. Kaya manfaat pula ini.

    BalasHapus
  17. Kalau memang ngefek menambah nafsu makan pasti emak-emak langsung naksir produk ini ya :))) sayangnya anakku ga gitu doyan madu selain merk lokal uray

    BalasHapus