Kamis, 08 April 2021

Semua Anak Adalah Bintang, Tantangan Hari Ke-8


Assalammualaikum,

Sudah memasuki hari ke-8 menuliskan jurnal observasi guna menemukan bintang dalam diri anakku. Pada zona terakhir di kelas Bunda Sayang ini, mengangkat tema Semua Anak Adalah Bintang. Setiap anak memiliki potensi dan bakatnya tersendiri, selama itu baik dan bermanfaat untuk anak maka orang tua sebaiknya ya mendukung dan memfasilitasi anak agar minat bakatnya terasah.

Seperti yang aku sampaikan pada tulisan "Semua Anak Adalah Bintang, Tantangan Hari Ke-4" kemarin, aku akan bercerita sedikit banyak mengenai aktvitas art and craft yang aku lakukan bersama anakku selama ini. Sebelumnya, aku pernah mengikuti sebuah workshop parenting yang menjelaskan mengenai area pembelajaran seni ini. Dalam workshop tersebut dijelaskan bahwa area tempat penemu-penemu kecil tercipta adalah di "art and craft" ini.

Saat ini, Dipta sedang senang-senangnya melukis dan mewarnai. Hampir setiap hari ia akan meminta waktu untuk menggambar, melukis maupun mewarnai. Untuk menghindari kebosanan, tentu aku harus memutar otak memikirkan kreasi melukis dengan berbagai metode. Dari hasil membaca sana sini, ada beberapa metode melukis yang dapat diaplikasikan untuk anak usia dini :

Melukis menggunakan kuas
Untuk melakukan variasi, bisa dicoba dengan menggunakan kuas berbagai ukuran. Agar anak-anak dapat belajar membedakan goresan kuas yang berukuran kecil maupun besar.

Finger painting
Anak-anak yang masih berada di periode sensitifitas terhadap inderanya akan senang jika melakukan kegiatan ini. Finger painting dapat mengajarkan anak berbagai tekstur mulai dari tekstur kuas hingga cat yang dilukiskan ke jari-jari mereka. Anak pun dapat merasakan sensasi melukis di atas kanvas atau kertas dari jarinya langsung.

Spray painting
Kegiatan ini bagus untuk melatih kekuatan jari-jari anak yang juga sebagai kegiatan pra-menulis. Caranya mudah kok, bisa dengan membubuhkan beberapa tetes cat di atas kertas lalu anak akan menyemprotkan air di atasnya sehingga akan terbentuk pola. Bisa juga mencampurkan cat warna ke dalam botol berisi air, kemudian anak menyemprotkannya ke atas media lukis.

Melukis dengan cotton bud
Selain untuk membersihkan telinga, cotton bud juga bisa dimanfaatkan sebagai media anak berkreasi. Caranya dengan menggunakan cutton bud (bisa satu buah atau lebih yang disatukan) sebagai pengganti kuas.

Melukis menggunakan sisa sayuran atau dedaunan
Sayuran sisa atau daun-daun kering yang dikumpulkan dapat dimanfaatkan juga sebagai media melukis. Sehingga lukisan anak akan memiliki motif dan tekstur seperti bahan yang digunakan. Seru nih!

Lebih baik, tetap dampingi anak-anak saat bermain dengan menggunakan cat air dan bahan-bahan melukis lainnya. Terutama untuk anak-anak yang masih berada di fase oral, jangan sampai lengah ya, Bun!

Semua Anak Adalah Bintang, Tantangan Hari Ke-8

Observasi Kegiatan Harian :

Observasi hari ke-8

Nama : Dipta
 
Usia : 2 tahun 5 bulan

Periode Observasi : 1-10 April 2021

Nama Aktivitas (Hari Ke-8) :
Beberapa aktivitas yang aku lakukan bersama anakku dan aku amati terbagi menjadi 4 jenis kegiatan yaitu "Art and Craft", "Stimulasi Bahasa", "Exercise of Practical Life" dan "Keagamaan".

Dalam aktivitas seputar "Art and Craft", hari ini Dipta melukis memanfaatkan kertas krep, kuas dan air. Ia tampak enjoy dan sangat menikmati kegiatan tersebut. Aku memberikannya bintang 2 hari ini untuk kegiatan tersebut.

Selanjutnya, kegiatan yang aku lakukan untuk "Stimulasi Bahasa" adalah dengan membacakan buku berjudul "Please". Buku ini adalah buku favoritnya yang sering ia baca menjelang tidur siang. Bintang yang aku berikan untuk stimulasi bahasa ini adalah 2.

Kegiatan di area "Exercise of Practical Life" hari ini, Dipta tampak bersemangat untuk membersihkan area tempat ia bermain dengan kuas, air dan kertas krep tadi. Saat ia menumpahkan air, Dipta dengan sukarela tanpa diminta melap dan membersihkan tumpahannya tadi. Walaupun masih belum sempurna, bintang yang kuberikan untuk ini adalah 2 karena ia tampak enjoy dan mudah mengerjakannya.

Terakhir adalah aktivitas "Keagamaan". Hari ini, Dipta belajar mendengarkan dan menghafalkan surat Al-Lahab. Ia tampak mau mendengarkan dan mulai tertarik untuk mengulang ayat-ayat dalam surat tersebut. Aku memberikan bintang 2 untuk aktivitas ini.

Sekian catatan observasiku mengenai kegiatan Dipta hari ini guna menemukan minat dan bakatnya. Besok akan disambung lagi!

#harike-8
#tantangan15hari
#zona8bintang
#semuanakadalahbintang
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar