Senin, 05 April 2021

Semua Anak Adalah Bintang, Tantangan Hari Ke-5


Assalammualaikum,

Sudah memasuki hari ke-5 menuliskan jurnal observasi guna menemukan bintang dalam diri anakku. Pada zona terakhir di kelas Bunda Sayang ini, mengangkat tema Semua Anak Adalah Bintang. Setiap anak memiliki potensi dan bakatnya tersendiri, selama itu baik dan bermanfaat untuk anak maka orang tua sebaiknya ya mendukung dan memfasilitasi anak agar minat bakatnya terasah.

Seperti yang aku sampaikan pada tulisan "Semua Anak Adalah Bintang, Tantangan Hari Ke-4" kemarin, aku akan bercerita sedikit banyak mengenai aktvitas art and craft yang aku lakukan bersama anakku selama ini. Sebelumnya, aku pernah mengikuti sebuah workshop parenting yang menjelaskan mengenai area pembelajaran seni ini. Dalam workshop tersebut dijelaskan bahwa area tempat penemu-penemu kecil tercipta adalah di "art and craft" ini.

Area pembelajaran ini sangat mendukung perkembangan cognitive skill pada anak, rasa percaya diri, mengembangkan kreativitas dan fine motor skill. Semua manfaat tersebut akan dirasakan oleh anak apabila anak diberikan kebebasan untuk bekerja dan bereksplorasi menghasilkan sebuah karya sesuai dengan pemahaman dan interpretasinya.

Jadi sebelum anak masuk ke area pembelajaran ini, aku melakukan beberapa hal yang memang dianjurkan untuk dilakukan oleh pendamping seperti mengenalkan anak-anak pada benda konkret dan realita yang ada di sekitar anak, menyediakan akses alat dan bahan sesuai dengan usia dan kemampuan anak, oleh sebabnya aku baru mengenalkannya pada berbagai media gambar setelah fase oral anakku berakhir.

Selanjutnya menciptakan suasana yang mendukung dan membebaskan anak dalam berkarya sesuai imajinasinya. Sehingga, saat anak sedang bekerja yang aku lakukan adalah mengamati dan sedikit berbicara sehingga anak dapat fokus pada apa yang sedang dikerjakannya. Setelah pekerjaannya selesai, aku akan bertanya dan memberikan feedback terhadap hasil karyanya dengan harapan membangun kepercayaan dirinya.

Semua Anak Adalah Bintang, Tantangan Hari Ke-5

Observasi Kegiatan Harian :

Observasi hari ke-5

Nama : Dipta

Usia : 2 tahun 5 bulan

Periode Observasi : 1-10 April 2021

Nama Aktivitas (Hari Ke-5) :
Beberapa aktivitas yang aku lakukan bersama anakku dan aku amati terbagi menjadi 5 jenis kegiatan yaitu "Pengenalan Konsep Matematika", "Art and Craft", "Stimulasi Bahasa", "Exercise of Practical Life" dan "Keagamaan".

Dalam aktivitas "Pengenalan Konsep Matematika", permainan yang aku lakukan adalah menendang bola sesuai dengan targetnya. Meskipun tampaknya tidak ada hubungannya dengan matematika, ternyata permainan seperti ini mendukung perkembangan orientasi dan ketepatan anak sehingga dapat menentukan seberapa jauh ia menendang, berapa sudut yang ia butuhkan agar tendangannya tepat sasaran. Secara tidak langsung, permainan seperti ini juga mengasah logika matematikanya untuk berjalan.

Aku melihat ia enjoy melakukan aktivitas ini dan menganggapnya dengan mudah dapat melakukan aktivitas ini. Sehingga bintang yang aku berikan adalah 2 bintang.

Berikutnya adalah aktivitas seputar "Art and Craft". Hari ini Dipta sudah kembali ke Sukabumi dan kembali melakukan kegiatan melukis dengan cat air seperti biasa. Ia menggunakan teknik menciprat-cipratkan cat air yang terdapat pada kuas ke atas kertas sehingga menghasilkan pola yang berbeda dengan jika kuas diusapkan pada kertas.

Setelahnya, Dipta berkreasi dengan main air berwarna saat diminta untuk membersihkan tangannya. Aku memberikannya bintang 2 hari ini untuk kegiatan tersebut.

Selanjutnya, kegiatan yang aku lakukan untuk "Stimulasi Bahasa" adalah dengan melakukan video call bersama Nenek di Jogja. Dipta bercerita lagi mengenai pengalamannya dikhitan beberapa hari yang lalu. Bintang yang aku berikan untuk stimulasi bahasa ini adalah 2.

Kegiatan di area "Exercise of Practical Life" hari ini Dipta tampak tidak mau mandi karena takut terkena air dan bekas khitannya menjadi sakit. Ia pun enggan untuk menyikat gigi sendiri, tapi merasa enjoy saat aku menemaninya dan menyikati giginya. Bintang yang kuberikan untuk ini adalah 1.

Terakhir adalah aktivitas "Keagamaan". Hari ini, Dipta belajar mendengarkan dan menghafalkan surat Al-Lahab. Ia tampak mau mendengarkan namun belum tertarik untuk mengulang ayat-ayat dalam surat tersebut. Aku memberikan bintang 1 untuk aktivitas ini.

Sekian catatan observasiku mengenai kegiatan Dipta hari ini guna menemukan minat dan bakatnya. Besok akan disambung lagi!

#harike-5
#tantangan15hari
#zona8bintang
#semuanakadalahbintang
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar