Sabtu, 10 April 2021

Semua Anak Adalah Bintang, Tantangan Hari Ke-10


Assalammualaikum,

Sudah memasuki hari ke-10 menuliskan jurnal observasi guna menemukan bintang dalam diri anakku. Pada zona terakhir di kelas Bunda Sayang ini, mengangkat tema Semua Anak Adalah Bintang. Setiap anak memiliki potensi dan bakatnya tersendiri, selama itu baik dan bermanfaat untuk anak maka orang tua sebaiknya ya mendukung dan memfasilitasi anak agar minat bakatnya terasah.

Bagi teman-teman yang ingin mengobservasi anak-anak untuk mengetahui kebutuhan dan mencari apa yang menjadi minat dan bakat mereka, ada 2 tips atau cara yang dapat dilakukan. Pertama adalah dengan menggunakan narasi dan kedua dengan merekam aktivitas anak.

Dalam melakukan observasi, yang dibutuhkan oleh pendamping adalah ketajaman pengamatan. Hal ini seperti yang aku sampaikan di tulisan sebelumnya, "Semua Anak Adalah Bintang, Tantangan Hari Ke-9", bahwa selama mendampingi anak melakukan kegiatan diharapkan pendamping tidak banyak melakukan interupsi.

Yang sebaiknya mereka lakukan adalah mengamati secara detail apa yang anak-anak lakukan terhadap kegiatan tersebut. Sebagai contoh, seorang anak yang sedang bermain memindahkan potongan kertas menggunakan pinset. Catat detail yang anak lakukan menggunakan narasi, "Anak menghitung satu per satu potongan kertas yang ia pindahkan," atau "Anak lebih tertarik untuk meremas-remas kertas tersebut dan mengusapkannya pada wajah dan bagian tubuh lain".

Catatan tersebut akan menjadi bekal pendamping untuk mengetahui kebutuhan anak dan hal apa yang sedang anak-anak minati pada saat tersebut. Atau dapat juga dilakukan dengan merekam aktivitas anak dan menonton ulang rekaman tersebut untuk menemukan kebutuhan serta minat anak-anak.

Semua Anak Adalah Bintang, Tantangan Hari Ke-10

Observasi Kegiatan Harian :


Observasi hari ke-10

Nama : 
Dipta

Usia : 2 tahun 5 bulan

Periode Observasi : 1-10 April 2021

Nama Aktivitas (Hari Ke-10) :
Beberapa aktivitas yang aku lakukan bersama anakku dan aku amati terbagi menjadi 5 jenis kegiatan yaitu "Pengenalan Konsep Matematika Dasar", "Art and Craft", "Stimulasi Bahasa", "Exercise of Practical Life" dan "Keagamaan".

Di aktivitas "Pengenalan Konsep Matematika Dasar", Dipta mencoba membilang angka satu sampai lima sambil menunjukkan jarinya sebagai simbol angka yang ia sebut. Aku memberikannya bintang 1 sebab ia terlihat sangat enjoy namun masih kesulitan menunjukkan jari-jarinya sesuai dengan angka yang ia sebutkan.

Dalam aktivitas seputar "Art and Craft", hari ini Dipta melukis memanfaatkan bubble wrap sisa paket yang tiba hari ini. Ia tampak enjoy dan sangat menikmati kegiatan tersebut. Aku memberikannya bintang 2 hari ini untuk kegiatan tersebut.

Selanjutnya, kegiatan yang aku lakukan untuk "Stimulasi Bahasa" adalah dengan bercerita tentang aktivitas truk konstruksi yaitu truk pasir dan buldozer. Aku memberikannya bintang 1 untuk kegiatan ini karena ia tampak enjoy sendiri dan lebih banyak fokus bermain dibandingkan bercerita.

Kegiatan di area "Exercise of Practical Life" hari ini, Dipta tampak bersemangat untuk mencuci beberapa mainannya menggunakan spons cuci piring yang baru. Bintang yang kuberikan untuk ini adalah 2 karena ia tampak enjoy dan mudah mengerjakannya. Ia juga menunjukkan progress yang sangat baik dalam kegiatan mencuci menggunakan spons.

Terakhir adalah aktivitas "Keagamaan". Hari ini, Dipta belajar mendengarkan cerita mengenai nabi Sulaiman as. mulanya ia tampak tidak tertarik, setelah mendengar separuh cerita, ia mulai tertarik dan fokus mendengarkan ceritaku. Aku memberikannya bintang 1.

Sekian catatan observasiku mengenai kegiatan Dipta hari ini guna menemukan minat dan bakatnya. Jurnal hari ini sekaligus menjadi jurnal penutup di tantangan zona ke-8 tentang "Semua Anak Adalah Bintang" dari kelas Bunda Sayang Institut Ibu Profesional batch 6.

Semoga semua jurnal yang aku tuliskan dari zona pertama hingga ke-8 ini dapat membawa manfaat baik untuk diriku sendiri maupun teman-teman yang membaca.

Terima kasih sudah berkunjung!

#harike-10
#tantangan15hari
#zona8bintang
#semuanakadalahbintang
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar