Jumat, 12 Februari 2021

Stimulasi Matematika dan Finansial, Tantangan Hari Ke-9


Assalammualaikum,

Hari ini adalah hari kesembilan aku menuliskan jurnal tantangan zona ke-6 di kelas Bunda Sayang Institut Ibu Profesional. Zona ke-6 ini mengangkat tema tentang "Stimulasi Kecerdasan Matematika dan Finansial". Sebuah tema yang membuatku cukup tertantang untuk menyelesaikannya dengan baik.

Berdasarkan materi yang diperoleh di awal sesi, ada beberapa contoh kegiatan untuk melatih stimulasi membedakan antara kebutuhan dan keinginan :

1. Untuk anak usia 0-6 tahun bisa melalui pengenalan gambar-gambar atau benda konkret antara kebutuhan dan keinginan. Hal ini tentunya harus dilakukan dengan pendampingan bersama oang tua.

2. Untuk anak usia di atas 6 tahun dapat dilakukan dengan membuat project menggambar benda-benda yang merupakan kebutuhan dan keinginan.

3. Dapat juga dilakukan dengan stimulasi literasi keuangan dengan melakukan read aloud seperti yang aku praktekan pada anakku.

Stimulasi Kecerdasan Matematika dan Finansial, Tantangan Hari Ke-9


Nama anak : Dipta

Usia : 2 tahun 3 bulan

Rencana Stimulasi :

Selama 5 hari ke depan, aku sebagai pendamping anak akan mengenalkan konsep finansial melalui kegiatan membaca nyaring (read aloud) dari e-book yang sudah diberikan oleh Kakawi di zona ke-6 ini.

Aksi :

Hari ini, aku membacakan e-book yang berjudul "Olin Gemar Menabung" yang ditulis oleh Evi Z. Indriani dan digambar (ilustrasi) oleh Nabila Adani. E-book ini diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan dari Departemen Literasi dan Inklusi Keuangan.

Berbeda dengan hari sebelumnya, kali ini aku membacakan e-book tentang Olin, seekor trenggiling (?) yang suka menabung untuk membeli sebuah benda yang ia inginkan. Ia dengan rutin mengumpulkan sebagian uangnya ke dalam celengan hingga terkumpul dan cukup untuk membeli sesuatu yang ia inginkan.

Seperti kemarin, aku mengajaknya untuk pretend play lagi dengan menggunakan uang receh dan celengan. Akan tetapi, anakku sibuk dengan koinnya sedangkan aku terus lanjut membaca. Haha.

Refleksi :

Anak-anak tidak perlu dipaksa untuk mau berkonsentrasi membaca atau mendengarkan kita membacakan buku. Memang rentang konsentrasi anak usia dini masih sangat pendek. Meskipun demikian, dengan cara membaca sambil mengenalkan anak pada benda konkret seperti ini membuatnya lebih tertarik dan lebih cepat paham pada apa yang kita sampaikan.

Bintangku Hari Ini :

Aku memberikan diriku bintang 5 hari ini karena sudah mulai bisa menemukan ekplorasi mengenalkan anakku pada konsep finansial dengan membaca sekaligus mengenalkannya pada benda konkret seperti koin atau uang sehingga membuat anakku lebih tertarik untuk mendengarkan sekaligus membaca buku bertema finansial bersama.

#harike9
#tantangan15hari
#zona6stimulasimatematikafinansial
#pantaibentangpetualang
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar