Minggu, 07 Februari 2021

Stimulasi Matematika dan Finansial, Tantangan Hari Ke-4

Assalammualaikum,

Hari ini adalah hari keempat aku menuliskan jurnal tantangan zona ke-6 di kelas Bunda Sayang Institut Ibu Profesional. Zona ke-6 ini mengangkat tema tentang "Stimulasi Kecerdasan Matematika dan Finansial". Sebuah tema yang membuatku cukup tertantang untuk menyelesaikannya dengan baik.

Sebelum mengikuti perkuliahan Bunda Sayang di Institut Ibu Profesional ini, aku pernah mengikuti workshop How to Create Montessori-Inspired Program at Home di tahun 2020 lalu. Salah satu materi yang di bahas adalah area matematika untuk anak usia dini, dalam hal ini adalah anak usia 1 sampai 3 tahun.

Kegiatan yang dapat menstimulasi area matematika anak untuk usia 1 sampai 3 tahun berfokus pada kegiatan untuk mengasah ketepatan, orientasi dan keteraturan. Kegiatan yang dapat melatih ketepatan anak adalah kegiatan yang berkaitan dengan aktivitas mengeksplorasi konsep benar dan salah melalui trial and error dengan bantuan kontrol kesalahan dari kegiatan itu sendiri.

Contoh kegiatan excercise of practical life (EPL) untuk mengasah ketepatan antara lain menutup dan membuka toples, menyendok dengan indikator, menuang dengan corong, berjalan di garis atau meronce. Sementara kegiatan sensorial untuk mengasah ketepatan anak adalah dengan bermain puzzle, memasukkan koin ke dalam celengan atau menyusun balok.

Kegiatan yang dapat melatih orientasi anak adalah kegiatan yang berkaitan dengan pemahaman terhadap posisi atau hubungan suatu benda dengan benda lain (termasuk posisi anak dalam sebuah ruang). Contoh kegiatan excercise of practical life (EPL) untuk mengasah orientasi anak adalah menyapu ke dalam pengki, menyiram tanaman dan menyikat gigi. Sementara kegiatan sensorial untuk mengasah orientasi anak adalah bermain puzzle, mencocokan bentuk dan melempar/menendang bola ke target.

Kegiatan yang dapat melatih keteraturan anak adalah kegiatan yang berkaitan dengan pemahaman terhadap ritme atau pola sebuah hal yang sering ditemukan dalam konsep matematika. Contoh kegiatan excercise of practical life (EPL) untuk mengasah keteraturan anak adalah menata buku di rak buku, menyusun sepatu dan merapikan mainan. Sementara kegiatan sensorial untuk mengasah keteraturan anak adalah mencocokan warna, mencocokan bentuk dan menyusun gradasi warna atau bentuk.

Stimulasi Kecerdasan Matematika dan Finansial, Tantangan Hari Ke-4


Nama anak : Dipta

Usia : 2 tahun 3 bulan

Rencana Stimulasi :

Selama 5 hari ke depan, aku sebagai pendamping anak akan mengenalkan konsep dasar matematika mengenai perbedaan berbagai macam ukuran (panjang-pendek; tinggi-pendek; besar-kecil; luas-sempit, dan lainnya) menggunakan peralatan yang tersedia di rumah (atau luar rumah).

Aksi :

Hari ini, aku kembali mengajarkan hal sederhana soal konsep dasar matematika dan logika matematika bersama anakku. Kami melihat gambar gajah dan mengamati bentuk gajah. Kemudian, aku memberikan perbandingan pada anakku seperti kuping gajah lebaar sekali, kalau kuping manusia tidak selebar kuping gajah. Lalu seperti hidung (belalai) gajah panjaang sekali, sementara hidung manusia pendek saja. Aku menjelaskan hal-hal tersebut dengan menunjukkan gambar konkret gajah dan memberikan perbandingan dengan anakku. Bahwa gajah besar dan manusia kecil.

Refleksi :

Konsep dasar serta logika matematika bisa dilakukan menggunakan banyak peralatan yang ada di sekitar kita. Dari sebuah gambar pun kita bisa menjelaskan kepada anak perbandingan seperti panjang-pendek, besar-kecil dan lebar-sempit.

Sumber : Shutterstock

Gambar gajah sengaja dipilih karena bentuk gajah yang ukurannya ekstra besar sehingga anak-anak mendapatkan perbandingan yang jelas dari gambar tersebut.

Bintangku Hari Ini :

Hari ini karena aku dengan mudah mendapatkan ide untuk mengenalkan konsep dasar dan logika matematika pada anakku lalu anakku dengan antusias menerima apa yang aku sampaikan, jadi aku memberikan bintang 5 untuk hari ini.

#harike4
#tantangan15hari
#zona6stimulasimatematikafinansial
#pantaibentangpetualang
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar