Rabu, 13 Januari 2021

Project Literasi, Tantangan Hari Ke-7

 


Halo teman-teman petualang!

Hari ini memasuki hari ke-7 tantangan zona 5 kelas Bunda Sayang Institut Ibu Profesional untuk project literasi. Rencananya di hari keenam sampai hari ke sepuluh nanti, aku akan rutin melakukan kegiatan bercerita atau story telling bersama Dipta.

Usia Dipta saat ini 2 tahun, sehingga kegiatan pra-membaca yang tepat untuk anak seusianya salah satunya adalah story telling.

Di zona 5 kali ini, fokusnya adalah tentang pembentukan karakter melalui stimulasi baca tulis dan literasi digital. Mengapa aku memilih untuk melakukan story telling selama 5 hari ini adalah karena sebelumnya, aku sudah merasakan manfaat dari kegiatan ini dan ingin terus mengulang kegiatan yang memiliki andil besar terhadap perkembangan bahasa anakku.

Dalam tulisan sebelumnya mengenai "Tahap Perkembangan dan Stimulasi Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini" aku bercerita bahwa sempat ada rasa khawatir ketika anakku belum bisa berbicara dengan lanncar di usianya yang sudah satu tahun lebih. Namun, aku terus memberikannya stimulasi salah satunya adalah dengan bercerita.

Dengan menceritakan kegiatan sehari-hari, menceritakan benda-benda yang ia lihat dan ia sentuh serta menceritakan ulang buku-buku yang sudah kami baca bersama, aku sungguh berharap ia dapat menyerap kata-kata yang aku ucapkan sehingga suatu saat bisa mengucapkannya kembali. Proses ini tentu saja tidak instan, tapi aku merasakan manfaatnya setelah ia memasuki fase ledakan bahasa.

Semua kata-kata yang pernah ia dengar ia ucapkan dengan penempatan kalimat yang tepat, misalnya "Pohon besar" dan ia benar-benar menunjuk pohon yang berukuran besar. Wah, aku cukup takjub melihat kemampuan berbahasanya saat ini karena ia pun sudah mulai bisa mengungkapkan emosi yang ia rasakan meskipun baru tahu "happy" dan "menangis karena sedih" saja.

Dari salah satu sumber yang aku baca, story telling memiliki manfaat untuk pencerita serta pendengarnya. Manfaat tersebut adalah :
Untuk Pencerita
1. Sarana komunikasi
2. Media pembelajaran
3. Membangun bonding
4. Membangun daya imajinasi dan kreativitas

Untuk Pendengar
1. Mengembangkan daya pikir dan imajinasi anak
2. Mengembangkan kemampuan berbicara anak
3. Mengembangkan daya ingat
4. Mengembangkan fantasi, empati dan berbagai jenis perasaan
5. Menumbuhkan minat membaca

Sehingga, mengerjakan project literasi dengan melakukan story telling seperti yang aku lakukan di hari ke-6 sampai hari ke-10 nanti membuatku bersemangat!

Project Literasi - Tantangan Hari Ke-7




Project :

Story Telling

Nama : Dipta
Kelompok Usia Pondok : 0 - 6 tahun

Rencana Project :

Setiap hari selama 5 hari ke depan, aku akan melakukan kegiatan story telling dimana dengan menggunakan peraga (buku atau gambar) aku akan menceritakan hal yang berkaitan dengan peraga tersebut.

Sumber Referensi dan Media Digital :

Buku cerita atau buku bergambar untuk anak-anak yang ada di rumah nenek karena saat ini Dipta sedang berada di rumah neneknya. Bisa juga bersumber dari gambar yang dapat dijadikan bahan untuk bercerita.

Aktivitas Harian :

Hari ini, aku bercerita mengenai buah tomat. Dari Bumi Nusantara Montessori, kami diberikan kartu bergambar untuk peraga story telling lalu aku memanfaatkan kartu bergambar tersebut untuk bercerita tentang tanaman tomat dan spesifik pada buah tomat.

Aku bercerita seperti apa bentuk, warna dan rasa dari buah tomat. Aku juga bercerita pengalaman kami memakan buah tomat sebelum ini dan mengajaknya untuk mengingat kembali bagaimana pengalaman kami sewaktu memakan buah tomat dulu. Dari aktivitas ini, kosakata mengenai bagian-bagian buah kembali dikenali seperti kata tanaman, daun, batang, akar dan buah.

Cerita Pohon Tomat

Refleksi :

Dipta mau mendengarkan cerita mengenai buah tomat, serta sudah bisa mengenali buah tomat dengan menunjuk pada gambar peraga. Ia juga bisa menunjukkan yang mana bagian daun dan buah tomat. Anakku cukup tertarik dengan cerita buah tomat karena sebelum-sebelumnya ia sudah pernah melihat dan menggenggam secara langsung buah tomat.

#Harike-7
#Tantangan15hari
#Zona5MembangunKarakter
#StimulasiLiterasiBacaTulis
#StimulasiLiterasiDigital
#PantaiBentangPetualang
#InstitutIbuProfesional
#PetualangBahagia

1 komentar:

  1. Baguuus caranya mbaa :). Dan aku jd pgn terapin ke anakku juga. Selama ini sih aku memang bacain cerita ke anak2 tiap malam. Tp cm sebatas itu.. apalagi kebanyakan dongeng. Kapan2 mau aku ganti topiknya seperti cara mba :)

    BalasHapus