Kamis, 07 Januari 2021

Project Literasi, Tantangan Hari Ke-1


Halo teman-teman petualang!

Setelah melewati 4 zona pertama di Pantai Bentang Petualang dan berlibur akhir tahun, kali ini kami para petualang di kelas Bunda Sayang Institut Ibu Profesional kembali menjelajah Pantai Bentang Petualang dan memasuki zona ke-5 mengenai "Membangun Karakter".

Pada tantangan 15 hari kali ini, kami diminta untuk membuat Project Literasi dalam rangka melatih Praktek Stimulasi Literasi Baca Tulis dan Literasi Digital. Aku semangat sekali untuk memulai tantangan kali ini, karena membuat anakku mengenal literasi dini dan mencintai literasi adalah salah satu cita-citaku sebagai orang tua.

Pada blog ini, sudah sering aku menulis hal-hal yang berkaitan dengan literasi pada anak usia dini dan tantangan zona ke-5 ini sejalan dengan resolusi tahun 2021-ku yang ingin lebih sering lagi membersamai anak dalam membaca buku.



Project Literasi - Tantangan Hari Ke-1




Project :

Read Aloud

Nama : Dipta
Kelompok Usia Pondok : 0 - 6 tahun

Rencana Project :

Setiap hari selama 5 hari ke depan, Dipta akan memilih sendiri buku bacaan yang akan dibacakan oleh aku sebagai pendampingnya. Kegiatan ini akan didokumentasikan melalui Podcast i_maesha.

Sumber Referensi dan Media Digital :

Buku cerita atau buku bergambar untuk anak-anak yang ada di rumah nenek karena saat ini Dipta sedang berada di rumah neneknya.

Aktivitas Harian :

Hari ini, aku membacakan buku cerita rakyat nusantara. Dipta memilih salah satu judul cerita yaitu Asal Usul Sungai Kawat, cerita rakyat yang berasal dari Kalimantan Barat. Kegiatan read aloud hari ini aku dokumentasikan melalui rekaman podcast di link berikut ini : Read Aloud Asal Usul Sungai Kawat.

Refleksi :

Dipta cukup antusias mengikuti kegiatan read aloud di hari pertama ini meskipun buku cerita rakyat nusantara yang aku pinjam dari adikku tersebut baru pertama kali dilihatnya. Di satu hingga dua menit pertama ia masih bisa duduk manis mendengarkan aku bercerita, kemudian fokusnya mulai hilang dan ia mulai berkeliaran mencari mainan lain. Akan tetapi, ketika cerita mulai memasuki intinya, anakku kembali fokus mendengarkan ceritaku dan ikut duduk disampingku membaca buku.

Sayangnya, buku cerita yang aku bacakan hari ini masih kurang sesuai dengan usia anakku yang baru menginjak 2 tahun di akhir Oktober lalu. Buku cerita ini mengandung terlalu banyak tulisan juga bukan merupakan soft book maupun board book sehingga anakku yang belum mampu mengontrol kekuatan tangannya untuk membolak balik buku dapat menyebabkan buku tersebut sobek atau rusak.

Besok aku akan mencari alernatif buku bacaan lain yang sekiranya lebih cocok untuk dibacakan bersama dengan anakku.

#Harike-1
#Tantangan15hari
#Zona5MembangunKarakter
#StimulasiLiterasiBacaTulis
#StimulasiLiterasiDigital
#PantaiBentangPetualang
#InstitutIbuProfesional
#PetualangBahagia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar