Rabu, 16 Desember 2020

Talk Show "Crash Landing On Kdrama" Bersama Drakor Class dan KCCI



Hari Senin, tanggal 14 Desember 2020 lalu, bertepatan dengan setahun berlalunya drama fenomenal "Crash Landing on You" (CLOY), Drakor Class bersama dengan Korean Culture Center Indonesia (KCCI) mengadakan event Korean Culture Day yang mengusung tema drama Korea. Judul yang dipilih untuk acara tersebut adalah "Crash Landing on Kdrama".

Sebelumnya, hari Sabtu tanggal 28 November 2020, beberapa perwakilan teman Drakor Class mengikuti acara kumpul daring komunitas Hallyu yang diselenggarakan KCCI. Di sana, kami memperkenalkan komunitas kami yang masih bayi yaitu Drakor Class.

Dalam acara tersebut, banyak komunitas Hallyu lain dari seluruh Indonesia. Dibandingkan dengan mereka, komunitas kami masih sangat-sangat baru dan perlu banyak belajar lagi dari teman-teman di komunitas lain, terutama tentang bagaimana mereka membangun konsistensi untuk tetap menjaga keutuhan komunitas hingga bertahun-tahun lamanya.


Tidak menyangka, Kak Dwi, salah satu perwakilan dari Drakor Class dihubungi oleh pihak KCCI beberapa waktu setelah acara kumpul daring tersebut berlalu. Singkat cerita, pihak KCCI mengajak Drakor Class untuk berkolaborasi dalam event rutin mereka yaitu Korean Culture Day di bulan Desember ini.

Ajakan kolaborasi ini disambut oleh antusias, senang dan semangat oleh semua kontributor Drakor Class. Acara ini memungkinkan kami untuk memperluas dan menebarkan virus drakor dan literasi. Hehe.

Kami pun mendapat kepastian dari KCCI pada tanggal 10 Desember 2020, tentang brief kegiatan yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Desember 2020. Ini seperti menjadi hadiah ulang bulan kami yang ke-2. Suatu pencapaian yang patut kami syukuri.

Persiapan "Crash Landing on Kdrama"

Mulanya, judul yang diusulkan oleh pihak KCCI adalah "Terjebak Pesona Kdrama", namun kami mengusulkan judul lain yang lebih ear cathing dan kami anggap lebih menarik yaitu "Crash Landing on Drakor". Ternyata, KCCI akhirnya menggunakan judul yang kami usulkan dengan mengganti kata Drakor menjadi Kdrama sehingga judul acara Korean Culture Day pada bulan Desember adalah "Crash Landing on Kdrama".

Flyer "Crash Landing on Kdrama" by KCCI

KCCI mengatakan bahwa format acara tersebut adalah semacam talkshow di mana Drakor Class bertindak selaku pengisi acaranya. Jadi, kami akan mengisi sepanjang acara tersebut berlangsung. Tentunya perlu persiapan yang matang karena ini menjadi event besar kami yang pertama, kami akan tampil dan ditonton oleh lebih banyak orang.

Biasanya, kami tampil di Instagram Live dan jumlah penontonnya belum seberapa banyak. Namun, karena sudah pernah tampil dalam IG Live sebelumnya, kami merasa cukup yakin akan dapat berbicara dengan baik di depan orang banyak.


Pembagian tugas pun dilakukan, mulai dari persiapan materi untuk slide presentasi, siapa-siapa saja yang akan mengambil spot untuk presentasi, hingga mengumpulkan link tulisan dari drakorclass.com untuk dibagilan ke publik saat acara berlangsung.

Aku sendiri mendapat amanah untuk mempresentasikan alasan mengapa orang menonton drama Korea bersama dengan kontributor Drakor Class yaitu Teh Nadya. Thank's God, kakak-kakak yang lain sangat profesional dan tidak ragu untuk membantu saat aku meminta saran atau usulan. Bahkan Kak Rijo mengusulkan agar presentasi bagianku menggunakan diagram Ishikawa (Fish Bone Diagram) agar mudah pada saat menjelaskannya.

Terakhir kali aku menggunakan diagram Ishikawa adalah saat bekerja dan menangani masalah penyimpangan yang terjadi terhadap kualitas produk obat. Ternyata, bisa kepakai lagi itu diagram! Hehe.

Fishbone Diagram Alasan Menonton Drakor
(Sumber : Facebook KCCI)

Kami juga mengadakan rehearsal sehari sebelum hari-H untuk mematangkan persiapan kami supaya lebih lancar. Sehari sebelumnya, ketegangan dan campuran feeling antara excited dan cemas mulai melanda. Bawaannya mules, deg-degan nggak karuan.

The Day!

Akhirnya, tanggal 14 Desember 2020 yang dinanti pun tiba. Sekitar pukul 15.40 WIB kami sudah masuk ke ruang zoom yang disediakan oleh pihak KCCI. Mendekati pukul 16.00 WIB para peserta pun semakin banyak yang masuk dan jumlahnya melebihi 70 orang. Acara ini juga disiarkan langsung di Facebook KCCI. Makin deg-degan dong ya!

Acara dimulai dengan pembukaan oleh pihak KCCI dan diserahkan kepada Kak Dwi selaku moderator talkshow. Kak Risna, adalah kontributor pertama dari Drakor Class yang menjelaskan tentang bagaimana Drakor Class lahir dan berkembang hingga sekarang.


Kak Risna juga mengutarakan misi Drakor Class dalam acara ini adalah untuk mengajak para penonton drama Korea agar dapat menuliskan apa yang didapatkan setelah menonton drama Korea. Sehingga, kegiatan menonton drama Korea pun jadi semakin berfaedah karena menghasilkan karya.

Kemudian, aku dan Teh Nadya mempresentasikan mengenai alasan mengapa banyak orang suka menonton drama Korea disusul oleh presentasi penelitian yang dilakukan oleh Kak Riela dan beberapa rekannya.

Sesaat setelah part diriku dan Teh Nadia
(Sumber : Facebook KCCI)

Presentasi kami dilanjutkan oleh Mbak DK, Kak Rijo dan Mbak Lendy mengenai efek yang dirasakan secara nyata setelah menonton drama Korea. Efek tersebut mencakup efek positif yang dirasakan dalam kehidupan sehari-hari, efek untuk para penulis terutama penulis fiksi dan efek dari sisi sosial serta budaya.

Senang sekali saat Kak Rijo menampilkan slide yang berisi buku-buku yang dihasilkan oleh kontributor Drakor Class di tahun ini dan banyak peserta zoom yang memberikan komentar positif. Hihi.

Beberapa buku karya kontributor Drakor Class (sumber : dokumentasi pribadi)

Sesi selanjutnya adalah ngobrol-ngobrol seputar drama Korea yang hits di tahun 2020. Mbak Rella, mengajak beberapa penonton untuk berinteraksi secara langsung. Selain itu, Mbak Rella juga mengajak dua influencer yang diundang oleh pihak KCCI yaitu Erry Andriyani dan Jo Yuri untuk turut serta membagikan ceritanya seputar drama Korea.

Ngobrol bareng Jo Yuri (sumber : dokumentasi pribadi)

Terakhir adalah giliran Kak Dwi yang berbincang-bincang dengan kedua influencer. Obrolannya tentu saja tidak jauh-jauh dari perdrakoran. Jo Yuri sendiri yang merupakan influencer asal Korea Selatan yang tinggal di Indonesia merasa senang dan bangga ketika melihat antusiasme masyarakat Indonesia pada drama Korea. Ia juga senang bahwa budaya Korea Selatan dapat diterima dan memberi manfaat bagi orang Indonesia. Tidak ketinggalan, ia senang sekali kalau hubungan Indonesia dan Korea Selatan bisa menjadi lebih erat karena Hallyu wave yang ada di negara kita.

Sementara Mbak Erry banyak memberi inspirasi bahwa dari menonton drama Korea beliau bisa mendapatkan pekerjaan tetap sebagai penulis konten dan menunjukkan kalau drama Korea dapat memberikan efek yang sangat positif jika kita melihat dan melakukannya dengan bijaksana.

Bersama Mbak Erry yang inspiratif (sumber : dokumentasi pribadi)

Tak terasa 2.5 jam berlalu dan acara "Crash Landing On Drakor" pun usai. Acara ditutup dengan sesi foto-foto tentunya. Alokasi waktu sebenarnya hanya 2 jam, akan tetapi rasanya kurang puas ngobrolin macem-macem drama hanya dalam waktu 2 jam tu! Haha.

Kamsahamnida, chingudeul! (sumber : dokumentasi pribadi)

Pengalaman yang Berkesan

Pengalaman mengadakan acara besar seperti ini tentunya menjadi pengalaman yang berharga dan berkesan untuk aku dan teman-teman Drakor Class. Kami tidak menyangka bahwa progress yang kami buat akan secepat ini hingga diajak KCCI untuk berkolaborasi.

Hal yang menyenangkan selama acara adalah melihat antusiasme peserta yang aktif menuliskan komentarnya sepanjang acara. Komentar yang dilontarkan pun semuanya positif dan membuat kami semakin bersemangat untuk meningkatkan kualitas Drakor Class. Makasih banyak yaa semua!

Peserta dan penonton juga semangat sekali mengikuti kuis-kuis interaktif yang kami adakan. Peserta yang menang dalam kuis akan mendapatkan hadiah dari KCCI. Selamat yaa buat yang menang kemarin!

Pengalaman ini berkesan dan seru sekali, deh! Salut dengan kekompakan teman-teman Drakor Class semua, baik yang presentasi maupun yang tidak, semua bahu-membahu menyukseskan acara ini. Semoga kita tetap kompak dan terus mengampanyekan drakor dan literasi ini ya! Haha.

Sekian dulu ceritanya, tak terasa udah panjang aja nih. Kalau teman-teman berminat untuk menonton acara KCCI x Drakor Class yang berjudul "Crash Landing on Drakor" kemarin silakan klik disini ya.

Terima kasih.

Sukabumi, 16 Desember 2020

4 komentar:

  1. Ah keren banget ternyata Drakor Class yahh,, udah ikutan event aja, btw saya br mau masuk eps terakhir CLOY lho hehe... Mknya blom ada nyali join ke grup Drakor Class,, nontonnya lama kl sy... Nice share Mbak Ima

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya Mbak Mia cloy tu memang sempat mewabah. Saya pun termasuk dikit ntn drama taun ini, gara2 sibuk ngulang nonton cloy. Wkwk..

      Hapus
  2. Ya ampun ada mba Erry juga yaaaa :D. Dia suhu ttg K-drama yg aku favoritin :D. Nth kenapa caption yg dibikin slalu lucu tapi kena banget :D.

    Aku sendiri blm lama tergila2 K-drama mba. Yg yg pertama aku tonton ya CLOY, lgs bikin ketagihan gara2 babang Hyun Bin hahahahhaa. G akan prnh bosen rasanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya memang kami juga sih yg mengusulkan Mba Erry ini jd bintang tamu'y. Pas lah yaa suhu drakor berbicara ttg drakor..

      CLOY ini drama pertama yg saya tonton di 2020, drama pertama di tahun ini yg saya ulang2 juga 😂🤣

      Hapus