Jumat, 30 Oktober 2020

Cerdas Emosi dan Spiritual, Tantangan Hari Ke-2

Bunda Sayang IIP

Pada anak usia dini, penting sekali bagi orang tua untuk mengenalkan dan mengajarkan anak mengenai kecerdasan emosi dan spiritual. Anak usia dini, terutama saat usia 0-6 tahun masih berada dalam fase Golden Age dan absorbent mind.

Bisa dikatakan kalau dalam fase ini, otak anak sedang berkembang secara pesat dan luar biasa. Sehingga, memberikan dasar-dasar kemampuan hidup serta ilmu pengetahuan akan menjadi fondasi yang kuat di masa mendatang.

Untuk anak usia 0-6 tahun, ada beberapa hal yang dapat ditanamkan dan diajarkan pada anak mengenai kecerdasan emosional dan spiritual. Hal tersebut antara lain :

Kecerdasan Emosional
Belajar mengenal emosi yang ada dalam diri sendiri. Misalnya senang, marah, kesal dan kecewa.

Kecerdasan Spiritual
Belajar menumbuhkan rasa cinta pada Tuhan, mengenal ciptaanNya, mengenal Tuhan dengan meneladani sifat-sifatNya.

Cerdas Emosi dan Spiritual - Tantangan Hari Ke-2

Zona 3 Bunda Sayang IIP

Judul Project

Dipta Mengenal Emosi

Rencana

Mengajarkan pada anak untuk mengenalkan dan mengungkapkan emosi yang ia rasakan. Emosi ini dapat berupa tangisan, senyuman, amarah, kekecewaan atau ekspresi bahagia.

Mengenalkan berbagai luapan emosi dari gambar, buku maupun video yang sedang ia lihat.

Aktual/Kendala

Hari ini, anak kami berulang tahun yang ke-2. Di pagi hari, aku bersama suami dan anakku pergi berjalan-jalan berkeliling komplek. Kemudian kami bermain bersama menikmati waktu liburan di rumah kakeknya.

Ia tampak begitu senang dan gembira, lalu aku bertanya padanya bagaimana perasaannya saat itu. Namun, ia bingung dengan jawabannya. Aku bertanya padanya, "Apakah Dipta senang?".

Bunda Sayang IIP
He's Happy

Ternyata pertanyaan tadi dijawabnya dengan antusias, "Senang, Mamah!". Akupun menjelaskan sedikit mengenai emosi senang yang saat itu ia rasakan.

Refleksi

Cara penjelasan yang aku berikan sepertinya cukup efektif karena anakku dapat menangkap pesan yang ingin aku sampaikan dan ia dapat menunjukkan bagaimana ekspresi ketika sedang senang.

% Antusiasme dan Pemenuhan Rencana

98% 🤩🤩🤩🤩

Imawati Annisa Wardhani
Regional Sukabumi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar