Minggu, 20 September 2020

Perjalanan Waktu Bersama Drama Korea Bertema Time Travel


Rasanya sudah lama sekali sejak terakhir aku menulis tantangan drama Korea bersama teman-teman KLIP Drakor dan Literasi. Kali ini, aku akan membayar hutang tulisan yang seharusnya ditulis minggu lalu yaitu topik ke-27 tentang drama-drama dengan tema yang sama.

Saat masih duduk di bangku kuliah, aku punya seorang sahabat sekaligus sumberku menonton drama Korea. Suatu ketika ia menawariku untuk menonton salah satu drama bergenre fantasi dengan tema time travel, Queen In Hyun's Man.

Source : asianwiki.com
Pemeran utama wanita dalam drama tersebut adalah Yoo In Na, sebelumnya sudah aku kenal lewat drama Secret Garden sebagai teman dari Gil Ra Im. Pemeran utama prianya Ji Hyun Woo, yang belum pernah aku tonton aktingnya di drama lain.

Akhirnya aku menonton drama tersebut. Bercerita tentang Kim Boong Do (Ji Hyun Woo), yang bekerja di dalam istana jaman Joseon sebagai penasehat kerajaan. Ia diberi amanah untuk setia melindungi Ratu In Hyun dari golongan orang-orang yang ingin menjatuhkannya. Short story, Kim Boong Do dapat melakukan perjalanan waktu ke abad 21 setelah menerima jimat berisi mantra untuk menyelematkannya dari bahaya.

Di abad 21, Kim Boong Do bertemu dengan Choi Hee Jin (Yoo In Na) yang sedang merintis karir sebagai aktris dan kebetulan berperan sebagai Ratu In Hyun dari jaman Joseon. Kelanjutan cerita dari drama yang juga bergenre romantis bisa ditebak lah ya, mereka berdua saling jatuh cinta dan menghadapi cobaan karena jurang penghalang berupa perbedaan waktu yang amat nyata.

Di awal episode, aku sudah hampir menyerah karena menonton drama ini menggunakan logika. Drama ini adalah drama bertema time travel yang pertama aku tonton saat itu. Man, it doesn't make sense at all! Yaiyalah, Memunah, lu nonton drama fiksi pake mikir realita! Namun, dengan pertimbangan aku juga selesai menonton Secret Garden yang juga tak masuk di akal, aku melanjutkan juga menonton drama ini sampai tamat karena seru. Haha.

Setelah lepas dari Queen In Hyun's Man, drama Korea bertema time travel lain yang aku tonton adalah Rooftop Prince. Masih rekomendasi dari orang yang sama yang menyarankanku menonton Queen In Hyun's Man. Rooftop Prince diperankan oleh Park Yoo Chun sebagai Pangeran Lee Gak dan Han Ji Min sebagai Park Ha.

Source : mydramalist.com
Seperti Queen In Hyun's Man, Rooftop Prince mengangkat jaman Joseon sebagai latar belakang cerita. Di drama ini Pangeran Lee Gak bersama tiga orang pengikutnya secara tidak sengaja terdampar ke tahun 2012, 300 tahun dari masa dimana ia hidup. Lucunya, Lee Gak mendarat di atap rumah seorang wanita yaitu Park Ha.

Pangeran Lee Gak yang sedang mencari tahu tentang misteri kematian istrinya yang misterius kemudian mendapati seseorang yang mirip dengan istrinya saat ia berada di tahun 2012. Jadi, beberapa orang yang ada di zaman Joseon tempat dimana Lee Gak tinggal, ada juga di 300 tahun kemudian. Semacam reinkarnasi gitu lah ya.

Menonton drama ini tanpa berpikir menggunakan akal sehat membuatku cukup menikmati jalan ceritanya yang kocak tapi penuh intrik dan pertanyaan, sampai aku sempat mengulang menonton drama ini karena belum bisa move on setelah dramanya tamat.


Entah sejak kapan aku menjadi penggemar drama Korea bergenre fantasi tapi setelah Rooftop Prince, ada lagi drama bergenre fantasi yang mengangkat tema time travel yang aku tonton dan membuatku terbuai dengan ceritanya, yaitu Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo. Kayaknya ni drama sudah sering aku sebut di topik-topik sebelumnya. Haha.

Source : asianwiki.com
Pemain utama dalam drama ini adalah IU (Hae Soo) dan Lee Joon Gi (Wang Soo). Jika kedua drama yang aku ceritakan sebelumnya, para pemerannya bisa bolak balik menembus waktu, Hae Soo terjebak seumur hidupnya di jaman Goryeo setelah tenggelam di sebuah danau (atau kolam?). Hae Soo diceritakan menjadi salah satu penduduk di masa tersebut dan bertemu dengan pangeran-pangeran dari kerajaan Goryeo.

Kehadiran Hae Soo setelah ia tinggal di istana membuat para pangeran jatuh hati akan sifatnya yang baik, lugu dan juga membawa keceriaan. Tak terkecuali pangeran keempat yang dianggap paling tidak berperasaan yaitu Wang Soo. Dari sekian banyak pangeran yang mendekati dirinya, Hae Soo hanya membalas perasaan Wang Soo. Memang yang misterius itu lebih menarique.


Walaupun drama ini penuh konflik, darah dan air mata, aku penasaran sekali bagaimana Hae Soo akan kembali ke masa dimana ia seharusnya berada sehigga terus menontonnya hingga tamat. Ternyata, Hae Soo mendekam di zaman Goryeo hingga akhir hidupnya dan baru kembali ke masa depan lagi setelah ia tiada di akhir episode. Bagoeess! Selain itu, perhatian yang diberikan Wang Soo pada Hae Soo juga bikin betah, sih. Hehe.

Drama Korea tidak hanya mengangkat kisah travelling antara zaman kerajaan dan zaman modern, cerita time travel yang terjadi di era modern juga tidak luput dari ide writer-nim dan PD-nim dalam membuat drama Korea seperti pada Tomorrow With You.

Source : mydramalist.com
Tertariknya aku menonton drama ini adalah karena Shin Min Ah menjadi pemeran utamanya. Ia berperan sebagai Song Ma Rin, yang memiliki seorang suami time traveller yaitu Yoo So Joon, diperankan oleh Lee Je Hoon.

Kisah dalam drama ini seputar problematika serta dilema percintaan antara keduanya, dimana Song Ma Rin awalnya merasa bingung saat suaminya sering tidak muncul saat momen dimana harusnya ia hadir. Kecurigaannya berujung pada pengakuan suaminya kalau ia merupakan seorang time traveller.

Cerita ini mengingatkanku pada film barat berjudul The Time Traveler's Wife di tahun 2009. Film tersebut dibintangi oleh aktris Rachel McAdams dan aktor tampan pada masanya, Eric Bana.

Drama yang berkisah tentang perjalanan menembus ruang dan waktu yang terakhir aku tonton adalah The King : Eternal Monarch. Bintangnya adalah aktor kelas atasnya Korea Selatan yaitu Lee Min Ho (oppaaa!) dan Kim Go Eun sebagai female lead dalam drama ini.


Source : asianwiki.com
Plot twist drama ini di awal-awal episode selalu bikin penasaran, banyak pertanyaan yang membuatku menantikan jawabannya di episode selanjutnya. Jika drama time travel lain yang aku tonton berkisah tentang perjalanan menembus waktu, TKEM bercerita tentang perjalanan Lee Gon  (Lee Min Ho) menembus dunia paralel.

Dalam drama ini dikisahkan ada 2 dunia dimana terdapat Kerajaan Corea tempat Lee Gon tinggal dan Republik Korea Selatan tempat Jung Tae Eul (Kim Go Eun), kekasih hati Lee Gon tinggal.

Lee Gon harus melakukan perjalanan bolak balik menembus dunia paralel untuk menyelesaikan suatu misi demi menyelamatkan Kerajaan Corea, tempat dimana ia menjadi raja.

Meskipun seru dan aku bisa marathon menonton drama ini beberapa episode sehari, ternyata aku cukup kuciwa dengan ending drama ini. Gitu deh pokoknya. Hiks..


Itulah kelima drama serupa tapi tak sama yang sudah aku tonton. Masing-masing drama mempunyai kesan tersendiri, sehingga semua cukup menghibur saat aku menontonnya dulu. Semuanya juga meninggalkan kenangan dalam memoriku sehingga mampu aku recall untuk membuat tulisan ini. Hehe.

Sukabumi, 20 September 2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar