Rabu, 30 September 2020

5 Destinasi Wisata yang Paling Bikin Penasaran di Korea Selatan



Akhirnya sampai di penghujung tantangan menulis seputar drama Korea bersama teman-teman KLIP Drakor dan Literasi! 30 topik dalam 4 bulan sudah tuntas di akhir bulan September ini.

Skip dulu topik 29 karena aku masih ingin bertapa mencari ilham. Halasan! Sejujurnya belum PD aja menulis fanfiction, apalagi membaca tulisan teman-teman yang kreatif, imajinatif dan uapik tenan semuanya. Bikin diri ini terintimidasi sekaligus termotivasi, loh?!


Topik ke-30 adalah tentang tempat wisata yang ingin dikunjungi jika kita berkesempatan pergi ke Korea Selatan setelah menjadi drakorian. Sebagai pecinta travelling, jiwa raga ini meraung-raung ingin membuat daftar sepanjang mungkin. Haha.

Di tahun 2010 lalu, aku yang masih cupu tentang dunia drakor pergi ke Korea Selatan. Totally no idea dan tidak pula mencari tau tentang tempat wisata disana karena pergi kesana pun mewakili kampus untuk menghadiri serangkaian acara. Jadi followers aja dulu tuh. Haha, duh malu-maluin!

Setelah bertahun-tahun berlalu, aku pun bertransformasi menjadi penggemar drama Korea. Mulai lah berandai-andai untuk kembali mengunjungi Korea Selatan. Kalau dipikir-pikir rindu juga udara sejuk disana, pemandangan kotanya, jalan kaki kemana-mananya, naik kendaraan umumnya, bahkan makanannya pun aku rindu.


Sebenarnya kalau ditanya mau kemana aja jika berkunjung kembali ke Korea Selatan, jawabannya akan panjang sekali. Aku suka mengeksplore tempat baru, aku suka berpetualang jadi kemana pun tujuan wisatanya pasti aku happy. Haha.

Tapi, ada 5 tempat nih yang paling bikin penasaran ingin aku kunjungi jika (insha Allah) berkesempatan ke Korea Selatan lagi :

1. Demiliterized Zone (DMZ)

Demiliterized Zone
(Source : idntimes)
Demiliterized Zone atau yang lebih dikenal sebagai DMZ adalah zona perbatasan antara Korea Utara dan Korea Selatan. Sebelum aku berangkat ke Korea Selatan tahun 2010 lalu, ayahku sempat bercerita tentang pengalaman beliau berwisata ke DMZ. Ceritanya ini membuatku penasaran untuk mendatangi langsung tempat tersebut.

Rasa penasaran ini bertambah-tambah ketika aku sedang membeli souvenir di pusat perbelanjaan Dongdaemun dan menemukan baju kaos yang bergambar DMZ. Saat aku memegang dan melihat-lihat baju tersebut, ahjumma pedagang yang ternyata mahir berbahasa Indonesia langsung mengambilnya dari tanganku.

Ia kemudian menyimpan baju tersebut dan berkata, "Kamu boleh beli apapun tapi tidak usah baju itu ya!" Haishh~ padahal aku memang berniat untuk membeli baju tersebut sebagai oleh-oleh.

Berhubung acara di Seoul National University (SNU) saat itu cukup padat, aku tidak memiliki waktu untuk berwisata ke DMZ hingga akhirnya harus kembali ke Indonesia. Hiks!

Keinginanku untuk berkunjung ke DMZ muncul kembali setelah menonton drama Korea hits Crash Landing On You. Drama ini mengisahkan Kapten Ri Jung Hyuk dari Korea Utara yang terlibat cinta dengan Yoon Se Ri wanita asal Korea Selatan.


Yoon Se Ri (Son Ye Jin) diceritakan mengalami sebuah kecelakaan yang menyebabkan dirinya terdampar di zona perbatasan wilayah Korea Utara dan ditemukan oleh Kapten Ri Jung Hyuk (Hyun Bin) yang sedang bertugas di area perbatasan tersebut.

Untuk yang sudah menonton CLOY, pasti ingat adegan mengharu biru saat Kapten Ri mengantarkan Yoon Se Ri sampai ke garis perbatasan Korea Utara dan Korea Selatan di tengah malam. Kapten Ri mengantarkan Yoon Se Ri kesana agar dapat kembali pulang ke Korea Selatan.

Menonton CLOY bikin menambah rasa penasaranku akan destinasi wisata konflik ini, guys! Jika ada umur dan rezeki untuk bisa kembali ke Korea Selatan, DMZ akan masuk wishlist nomor 1 sebagai tempat wisata yang harus aku kunjungi untuk membayar rasa penasaran selama bertahun-tahun ini.

2. Jeju Island

Jeju Island
(Source : koreantourism.org)

Destinasi wisata ke-2 yang ingin aku kunjungi setelah DMZ adalah Jeju Island. Rasanya sudah beribu kali mendengar nama pulau Jeju yang tersohor ini. Terlalu banyak drama juga yang mengambil setting tempat di pulau Jeju. Bikin tambah penasaran.

Sebagai anak pantai dan pecinta laut, rasa-rasanya Jeju Island akan menjadi tempat wisata yang cocok untuk aku kunjungi. Membayangkan pasir dan hamparan lautannya saja sudah membuatku bahagia. Kelamaan di lock down di rumah jadi begini nih! Hehe.

Jeju Island juga terkenal sebagai destinasi untuk para pasangan yang ingin menghabiskan waktu berbulan madu. Pas banget nih kalau pergi kesana sama nae namja alias si Mas, tapi pasti anak kecil ikutan juga sih! Tak apalah, mau pergi serombongan juga pasti senang kalau bisa berkunjung kesana.

3. Secret Blue Bakery Cafe

Secret Blue Bakery Cafe a.k.a RS Jiwa OK
(Source : idntimes)
Jauh-jauh ke Korea Selatan masa mau ke kafe? Eits! Jangan salah, Secret Blue Bakery Cafe ini adalah salah satu lokasi syuting dari drama It's Okay To Not Be Okay yang very famous di tahun 2020 ini.

Secret Blue Bakery Cafe ini beralamatkan di 31-6 Ayajinbuk-gil Toseongmyeon, Goseong, Gangwon, Korea Selatan. Kafe ini disulap menjadi Rumah Sakit Jiwa OK dalam drama It's Okay To Not Be Okay. Yes, tempat dimana Moon Gang Tae bekerja sebagai perawat dan Ko Moon Young ditugaskan untuk mengajar kelas bahasa.

Yang sudah menonton dramanya pasti setuju kalau pemandangan disana terlihat sangat indah dan menentramkan jiwa. Aku juga pernah melihat ulasan mengenai tempat ini di salah satu acara yang ditayangkan oleh stasiun televisi swasta, memang lingkungannya seadem-ayem itu. Bikin penasaran ingin berkunjung kesana.

4. Namsan Tower

N-Seoul Tower
(Source : koreantourism.org)
Tahun 2010 ketika berada di Seoul, Korea Selatan, aku hanya bisa memandang menara Namsan dari kejauhan. Menara yang disebut juga dengan Seoul Tower ini sering dipamerkan juga di banyak judul drama Korea.

Untuk mencapai ke tempat yang disebut-sebut sebagai tempat tertinggi di kota Seoul ini kita bisa menggunakan cable car atau bus. Pemandangan yang tampak dari atas Namsan Tower dibilang menakjubkan dan akan membayar lunas semua effort yang kita lakukan untuk menuju kesana. Wuih! Kayak mana tuh? Bikin penasaran!

Berhubung dulu masih mahasiswi dan akomodasi pun mengandalkan sponsor, lol, jadi aku belum bisa berkunjung ke Namsan Tower karena untuk mencapai kesana butuh biaya yang lumayan pada waktu itu dan waktunya juga belum memungkinkan.

Semoga bisa berkesempatan untuk ikut memasang gembok cinta disana, biar ala-ala drakor! Haha.

5. Everland

Everland
(Source : ivisitkorea)
Sebelum pulang ke Indonesia, aku dan teman-temanku sempat berkunjung ke Everland, salah satu taman hiburan yang cukup tersohor di Korea Selatan selain Lotte World. Everland terletak di kota Yongin, provinsi Gyeonggi-do, Korea Selatan.

Everland disebut sebagai theme park atau taman hiburan terbesar di Korea Selatan. Pemandangan di Everland ini juga luar biasa sekali loh, sudah 10 tahun berlalu tapi aku masih ingat banyak sekali bunga-bunga berwarna-warni, bangunan-bangunan megah serta wahana-wahana seru yang ada disana.

Sungguh Dunia Fantasi, Trans Studio dan you name it semua theme park yang ada di Indonesia tidak ada apa-apanya dibandingkan Everland. Hehe, maaf aku jujur. Saking besarnya, sudah seharian bermain disana rasanya masih banyak tempat yang belum terjamah. Huhu. Next time insha Allah kesana lagi, pasti anak senang sekali.

Yang paling terkenang dan ingin aku ulang lagi adalah saat menaiki T-Express. T-Express adalah roller coaster terbesar di Korea Selatan. Menurut salah satu situs yang aku baca, T-Express juga tercatat sebagai roller coaster tercepat ke-9 di dunia, ke-4 tertinggi di dunia dan roller coaster kayu ke-6 terpanjang di dunia. Ommo, jinjja?! Darimana lah dulu aku mendapat nyali untuk naik itu?!

Pengalaman naik T-Express betul-betul meninggalkan kesan hingga sekarang, aku ingat bagaimana aku dan teman-teman dari UGM mengantri untuk naik wahana tersebut. Salah satu dari kami terlalu takut hingga tangan dan kakinya bergetar kemudian ia mengundurkan diri.

Aku juga ingat bagaimana rasanya terjun dari ketinggian entah berapa meter dan berputar mengitari track roller coaster. Salah satu forever after unforgettable moment in my life sepertinya.

Setelah jadi emak-emak, ternyata aku masih ingin mengulang sensasi naik T-Express ini jika nanti ke Korea Selatan. Haha!

Itu tadi 5 destinasi wisata Korea Selatan yang paling ingin dikunjungi versi Ima setelah menjadi drakorian. Semoga wishlist ini bisa terjuwud suatu hari nanti, entah kesana bersama keluarga kecil, keluarga besar atau bersama teman-teman KLIP Drakor dan Literasi mungkin? Yuk kita aminkan dulu ;)

Sukabumi, 30 September 2020

4 komentar:

  1. Omo, seru bgt itu yg Everland ya Mba imaaa, btw aku penyuka hal2 semacam roller coaster gitu huhuhu sukakk aja gitu, pasti aku seneng deh kalau ke Everland. Doa aja dulu sekarang ya, huihihihihi

    BalasHapus
  2. Hahah, aq pun skip 29 mw nulis 30 dulu...
    Dan mau nulis ttg jeju...
    Pgn kesana soalnya

    BalasHapus
  3. Amiiinn...
    Semoga nanti bisa kesampaian ya kita semua segrup Drakor setanah air bisa janjalan ke Koriya 😍😍

    BalasHapus