Jumat, 24 Juli 2020

Scene Klise Dalam Kdrama yang Bikin Penonton Berandai-Andai


Wow! Tak terasa sudah memasuki topik ke-19 dalam Kdrama Writing Challenge. Kurang 1 topik lagi untuk menyelesaikan tantangan di bulan ke-2 ini. Bulan depan sudah masuk 10 topik terakhir dalam tantangan menulis bersama ibu-ibu KLIP Drakor dan Literasi.

Topik tulisan kali ini agak-agak membuatku harus berpikir lumayan lama, untuk memutuskan scene klise apa yang paling disuka atau yang menjadi favorite. Hmm..

Setelah memikirkan berbagai adegan klise dan cenderung mudah ditebak dalam berbagai judul drama Korea, ada 2 hal ter-klise versi diriku yang sering ditemukan dalam drama Korea bergenre romantis. Romance banget ni? Iya, yang paling sering aku tonton kan genre ini. Hehe.
Sebenarnya 2 adegan ini bukan merupakan adegan favoritku, tapi lebih ke sesuatu yang membuat penontonnya berimajinasi dan berhalusinasi. Seolah adegan-adegan dalam drama Korea ini mudah dan bisa terjadi pada siapapun, kapaunpun. Membuat penonton berharap kejadian serupa bisa terjadi pada dirinya.

Another Cinderella Story

Princess Hours, Secret Garden, Strong Woman Doo Bong Soon, Boys Over Flowers, Master's Sun, What's Wrong With Secretary Kim, Revolutionary Love, dan masih banyak lagi. You name it, lah!

Strong Woman Do Boong Soon
Source : soompi.com
Semua drama yang aku sebutkan di atas berkisah tentang perempuan dari kalangan menengah ke bawah yang jatuh cinta pada laki-laki dari kelas sosial yang jauh berada di atas mereka.
Para pangeran dan CEO tampan juga kaya raya tiba-tiba melabuhkan hatinya pada wanita miskin yang memiliki kepribadian unik serta berbeda dari kalangannya. Sang wanita yang tadinya hidup serba pas-pasan dan hampir melarat kemudian berubah setelah mengenal pria tersebut. Seluruh hutangnya lunas, hidupnya pun lebih terjamin. Persis kan yaa dengan cerita Cinderella.

Revolutionary Love
Source : soompi.com
Dalam drama tersebut, semua pemeran utamanya very good looking dan masih muda. Membuat penonton yang pastinya kebayakan kaum hawa iri hati dengan pemeran utama wanitanya, kemudian halu seandainya hal tersebut terjadi pada dirinya.

Ya nggak sih? Iya aja dong, karena aku sendiri pernah juga sesekali membayangkan punya pasangan tampan luar biasa dan tajir melintir serta berkelakuan lakik banget juga super perhatian. Haha. Dulu ya jaman masih single dan belum tampak hilal jodohnya. Hehe.

Tapi guys, sadar diri aja lah! Memangnya probabilitas kejadian tersebut di dunia nyata berapa persen? Berapa banyak pria kaya dan tampan jatuh cinta bahkan pada pandangan pertama pada gadis yang memiliki banyak hutang dan harus kerja pontang panting demi menghidupi keluarga?

Memang aku pernah melihat siaran berita yang menampilkan seorang pria kaya yang menikah dengan gadis pelayan restaurant yang pernah ia kunjungi. Tapi lagi-lagi, peluang kejadian tersebut di dunia nyata tidak sebesar dan sesering dalam drama Korea.

Jadi untuk kalian yang masih single-available-free, don't push your luck untuk terus menanti pria-pria kaya dan tampan datang ke kehidupan kalian dan memboyong kalian ke istananya. Kalau kejadian ya berarti rezekinya. Hehe.

Dia Lagi, Dia Lagi

Satu lagi scene klise yang sering membuatku terheran-heran dan tidak habis pikir adalah ketika pemeran utama wanita dan pria sering sekali berpapasan di banyak tempat, dalam berbagai kesempatan.

Sebelumnya, mereka bahkan tidak pernah bertemu sama sekali. Namun setelah bertemu dan kenal, mereka akan bertemu secara tidak sengaja dimana-mana. Seperti takdir yang sudah berbicara, mereka bertemu di rumah makan, jembatan, mall, pinggir jalan, banyak deh. Dia lagi, dia lagi.

Dinner Mate
Source : idntimes.com
Drama-drama yang mengandung adegan ini antara lain Dinner Mate, Another Miss Oh, Encounter, dan ayo sebutkan apa lagi?!
Ini juga sering kali membuat para wanita berandai-andai atau memikirkan scene serupa akan terjadi pada dirinya. Kenapa selama aku di Bandung dulu, nggak pernah tuh bertemu dengan gebetan secara tidak sengaja? Dimanapun dan kapanpun. Padahal kan ingin juga sekali-kali mengalami scene seperti dalam drama. Haluu~ detected.

Encounter
Source : idntimes.com
Apa lantas kami tidak ditakdirkan untuk bersama? Ya, jodoh urusan Tuhan lah bukan begitu saja ketahuan setelah beberapa kali bertemu secara tidak sengaja. Walau aku dan suamiku dulu tidak pernah bertemu secara coincidence, kalau jodoh ya pasti bertemu dipelaminan. Hehe.

Tenang saja, guys! Jika kalian berharap akan bertemu secara tidak sengaja dengan gebetan setiap kalian keluar rumah seperti dalam drama Korea namun tidak terjadi, berharap saja pada Tuhan kalau gebetan kalian adalah takdir yang terbaik untuk kalian.

Bisa jadi, tidak pernah bertemu memang karena kalian tidak berjodoh. Tapi, tidak menutup kemungkinan akan terjadi sebaliknya.

Walaupun klise dan sering ditemukan dalam banyak judul drama Korea, kedua hal tersebut memiliki daya pikat dan kharisma tersendiri bagi penontonnya. Jika cerita-cerita seperti itu tidak diminati, tentu scene klise tersebut tidak akan diangkut ke sekian banyak drama Korea. Ya kan?

Sukabumi, 25 Juli 2020

10 komentar:

  1. Ah iya, akhirnya banyak gadis bermimpi klo pengen hidup senang, nikah sama cowok tajir saja, hehe

    BalasHapus
  2. Ah aku nonton Revolutionary Love pas diputer di Trans TV , seru yaaa, bagussss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha aku juga nonton ulang d trans TV. Lucuk, ringan cerita'y. Ceweknya juga suka karena tipe cewek2 yg gak tertindas

      Hapus
  3. Kadang kalau liat mereka ketemu lagi, ketemu lagi aku suka mikir kota seoul itu cuma sebesar 1 RT 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang 1 RT aja gak sering2 amat kak ketemunya. Haha. Kota Seoul kayak cuma 10 rumah isinya, udh ama tempat makan plus taman. Wkwk

      Hapus
  4. Hahhaa...iyaya...
    Loe lagi loe lagi. Atau mendadak dunia khayalnya dipenuhi oleh sang gadis/pria idaman ini.
    Kaya di Secret Garden.
    Rasanya gondok banget siik...kek gak ada kenalan lain, hahaha~

    BalasHapus
  5. Dia lagi dia lagi cocok kalau 1 sekolah, tapi kalau 1 kota itu Mmm juga hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Kalo 1 sekolah/kantor leh lah ya, kalo rumah jauh2an tiba2 ketemu2 mulu ya kok sesuatu. Hehe..

      Hapus