Sabtu, 11 Juli 2020

Mengenal Korea Dari Youtuber


Zaman sekarang, tidak sulit mencari informasi mengenai segala hal. Adanya teknologi berupa mesin pencari dan internet yang sinyalnya sudah mencapai level 4G ini sangat mempermudah kita menemukan apa yang ingin kita ketahui.

Kalau dulu aku mengandalkan buku cerita dan majalah yang sering dibeli Bapak untuk melihat dunia luar, sekarang tinggal ketik di Google dan cari di Youtube dan akupun bisa menjelajah hingga ke tempat-tempat yang tidak pernah terdengar namanya.


Youtube adalah salah satu situs web untuk berbagi video yang memungkinkan penggunanya untuk menonton dan mengunggah video. Youtube sendiri masih merupakan bagian dari anak perusahaan Google.

Seperti blog yang bisa memanfaatkan Google Adsense untuk memonetisasi situs menulis yang kita kelola, Youtube pun menyediakan sistem monetisasi yang bisa membuat para youtuber mendapat penghasilan dari konten video yang diunggahnya.

Dengan adanya sistem monetisasi dari Youtube, para content creator pun berlomba-lomba membuat dan mengunggah video yang menarik pengunjung serta subscriber agar mendapat cuan dari Youtube. Tidak sedikit youtuber yang akhirnya mengandalkan video-video unggahan mereka ke Youtube sebagai sumber penghasilan.

Ngomong-ngomong soal Youtube dan youtuber, Kdrama Writing Challenge pekan ini sudah memasuki topik ke 14 mengenai channel Youtube Korea. Wah! Sejujurnya diriku jarang menonton dari Youtube, apalagi sampai tau channel-channelnya.

Beberapa channel Youtube yang aku tonton kebanyakan tentang resep masakan sederhana untuk membuat sarapan, makan siang dan malam keluarga. Sisanya mungkin menonton video klip dari penyanyi-penyanyi yang membuatku penasaran.

Namun, bukan berarti nggak tau sama sekali tentang youtuber Korea. Thank's to my little brother yang sudah memperkenalkan Jang Hansol dan Min Kyung Hoon sehingga aku bisa menyelesaikan tantangan menulis di topik ke-14 ini.

Jang Hansol

Jauh sebelum Hansol viral gara-gara unggahannya yang membahas pelarungan ABK asal Indonesia ke laut dari kapal asal China dengan menerjemahkan berita dari MBC News, aku sudah mengetahui tentang youtuber Korea yang tinggal di Malang ini dari adikku.

Saat mudik ke Jogja, aku yang memang suka kepo dengan kegiatan adik bungsuku sering kali melihatnya menonton Youtube channel berjudul Korea Reomit.


Korea Reomit adalah Youtube channel yang dikelola oleh seorang youtuber Korea bernama Jang Hansol yang sudah tinggal di Malang, Indonesia sejak tahun 1998. Yang menarik perhatianku saat pertama kali menonton videonya adalah cara bicaranya yang medhok puoll, sampai aku tidak percaya kalau ia adalah orang Korea. "Cina-Jawa kali, Dek!" kataku sok tau. Haha.

Youtuber kelahiran 1994 ini terkenal selain karena gaya bahasanya yang jowo tenan juga karena kontennya tentang negara tanah kelahirannya Korea Selatan yang menarik banyak pengunjung.

Ia kerap mengupload video yang menceritakan kehidupan sehari-harinya, berbagai isu atau berita dari Korea Selatan dan hal lain yang dianggapnya menarik. Ia banyak mengenalkan kebiasaan-kebiasaan orang Korea, budayanya dan kegiatan yang sering dilakukan disana.

Salah satu kontennya yang banyak menyita perhatian subscribernya adalah Makan Enak Tidak Bikin Gemuk (METBG). Subscriber Hansol sendiri saat ini sudah mencapai 3.57K, guys!


Aku sendiri tidak terlalu mengikuti video-videonya, hanya saat berada di Jogja dan menonton bersama adikku saja. Satu dari sekian banyak videonya yang pernah aku tonton adalah saat ia pergi ke Korea untuk menghadiri fan event Avenger : End Game setahun lalu.

Menonton video tersebut pun karena ada tujuan lain, yaitu melihat dua orang sahabatku yang memenangkan kontes dan ikut menghadiri acara di Seoul tersebut. Mereka berdua bertemu dengan Hansol dan masuk dalam vlognya. Hehe.

Min Kyung Hoon

Channel di Youtube milik Min Kyung Hoon ini berisi video-video dirinya yang melakukan kegiatan camping di alam terbuka di Korea Selatan. Min Kyung Hoon sendiri adalah seorang penyanyi Korea dimana selain bernyanyi solo, ia juga merupakan vokalis dari band Buzz.

Well, actually I don't know who he is sampai adikku mengajakku menonton vlog dari Min Kyung Hoon ini. Video-videonya cukup singkat ya hanya sekitar 6-30 menitan, isinya seputar kegiatannya pada saat hiking dan camping.


Dari sini kita bisa melihat berbagai pemandangan alam di Korea Selatan yang cantik, bersih dan terlihat sangat asri. Dengan menonton Youtube channelnya, kita seperti diajak berjalan-jalan naik gunung di Korea sana. Aku sih senang secara memang hobi jalan-jalan meskipun bukan ke gunung, lumayan untuk cuci mata lihat yang hijau-hijau menyegarkan.

Selain karena Min Kyung Hoon sudah memiliki banyak penggemar, kegiatan menarik yang ia lakukan serta pemandangan alam yang ia sajikan di Youtube channelnya membuat subscribernya mencapai 69.8K.

Ternyata tidak hanya di Indonesia ya dimana artis-artis merambah ke dunia Youtube untuk menambah penghasilan serta mengasah kreatifitas mereka dalam membuat video yang menarik.


Berhubung aku tidak mengikuti siapa saja youtuber asal Korea atau channel Youtube tentang Korea, apa ni rekomendasi dari teman-teman untuk hal satu ini?

Sekian.

Sukabumi, 11 Juli 2020

5 komentar:

  1. Aku seneng banget juga nonton Jang Hansol.
    Karena cara komunikasinya yang humble. Kebayang aslinya yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku kaget pas liat vlog dy lagi fanmeet gitu. Wow.. ternyata sebanyak itu yg kenal dy, aku pas itu baru tau ttg Hansol. Haha

      Hapus
  2. Baru tau channelnya min kyung hoon yg suka alam. Tq infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Waa rijo eonni bisa komen d blog aku akhirnya. Iya sama2 kak, aku jrg ikutin youtube channel org2. Tau dy juga gara2 adek dan ternyata vlog'y seru ttg petualangan lg kemping d alam gitu

      Hapus