Review KDrama : Secret Garden (2010), Pelopor Drama Jiwa yang Tertukar

By Imawati A. Wardhani - Juni 02, 2020


Memasuki topik pertama KDrama Writing Challenge, membahas tentang review film Time to Hunt atau drama yang terakhir ditonton. Akibat tidak menemukan waktu menonton yang tepat untuk film Time to Hunt, akhirnya aku akan mengulas drama yang sudah sekian kalinya aku tonton, Secret Garden (2010).

Source : Instagram @kdramaticos

Sebenarnya penasaran mau nonton Time to Hunt yang katanya menegangkan dan seru, tapi genre film tersebut thriller. Berhubung sini penakut, mana berani nonton sendirian malam-malam saat anak tidur? Siang pun susah karena anak lebih banyak bangun dan bermain. Jadi yaweslah ya, aku mereview Kdrama yang baru aku tamatkan saja.

Beberapa hari lalu, aku habis kepo salah akun Instagram penggemar hardcore-nya Oppa Hyun-Bin. Dari sana, aku melihat banyak foto-foto dirinya saat bermain peran di berbagai drama yang sudah ia bintangi, sampailah pada foto-foto yang menampilkan berbagai scene ketika Hyun-Bin memerankan Kim Joo Woon dalam drama Secret Garden tahun 2010 silam.


Jadilah aku ingin bernostalgia dan menonton kembali drakor tersebut. Drama ini bergenre romantic-fantasy, pada masanya drama ini begitu populer hingga melejitkan nama-nama pemeran utamanya yaitu Hyun-Bin dan Ha Ji-Won.

Jalan Cerita

Secret Garden bercerita tentang seorang pria tajir melintir, seorang Presdir dari sebuah mall ternama di Korea Selatan bernama Kim Joo Won (Hyun-Bin) yang kemudian jatuh cinta pada seorang wanita berprofesi aktris. Sayang, wanita yang bernama Gil Ra Im (Ha Ji-Won) tersebut bukan merupakan aktris pemeran utama melainkan stuntwoman, itu loh pemeran pengganti yang sering melakukan adegan-adegan laga berbahaya. Ia juga bukan berasal dari kalangan orang kaya maupun orang yang berpendidikan tinggi.

Kim Joo Woon
(Source : Instagram @kdramaticos)
Kim Joo Woon langsung tertarik pada sosok Gil Ra Im pada pertemuan pertama mereka. Bukan tanpa alasan, Gil Ra Im merupakan satu-satunya wanita yang berani berkata dan memperlakukan Kim Joo Woon dengan semena-mena tanpa menunjukkan ketertarikan sama sekali seperti wanita-wanita pada umumnya. Ceritanya Kim Joo Woon ini sering dipandang sebagai lelaki perfect oleh kebanyakan kaum hawa.

Gil Ra Im
(Source : Instagram @kdramaticos)
Gil Ra Im yang tau bahwa hubungan mereka tidak akan pernah sampai kemana-mana karena ketimpangan status ekonomi yang terlampau jauh, memutuskan untuk terus menghindari Kim Joo Woon dan tidak menunjukkan sisi kewanitaannya sedikit pun pada laki-laki tersebut. Semakin penasaran dong laki-lakinya dengan perempuan yang jual mahal tersebut.

Tapi, namanya benci dan cinta itu katanya beti alias beda tipis jadi kalian bisa menebak sendiri bagaimana ujung dari kisah tolak-menolak dan tarik-menarik dari kedua pasangan ini. Hehe.

Cerita Dibalut Fantasi

Dalam drama ini, dikisahkan suatu hari Gil Ra Im dan Kim Joo Woon tersasar di hutan saat sedang melakukan suatu kegiatan. Ini membawa mereka ke sebuah tempat makan misterius di tengah hutan.

Pemiliknya, merupakan wanita paruh baya yang hobi meracik minuman beralkohol (arak). Sepulangnya dari rumah makan itu, Gil Ra Im membawa dua botol minuman hasil racikan wanita tersebut.

Ketika keduanya meminum minuman tersebut, bertepatan dengan hujan yang turun begitu deras, mereka mendapati kejadian luar biasa di pagi harinya. Jiwa mereka berdua tertukar! Gil Ra Im berada di dalam tubuh Kim Joo Woon, begitu pula sebaliknya.

Source : Instagram @kdramaticos
Kejadian ini yang membuat Gil Ra Im tidak bisa selamanya menghindar dari Kim Joo Woon dan menjadikan mereka semakin akrab. Tentu karena mereka harus saling bertukar peran untuk menjalani kehidupan mereka tanpa dicurigai oleh orang-orang. Hehe, seneng tuh Kim Joo Woon.

Bisa dibilang, Secret Garden merupakan drama pelopor untuk drama-drama sejenis lainnya yang ceritanya mengenai tertukarnya jiwa dari dua orang yang saling berkaitan.


Romantic-Comedy

Untuk drama bergenre romantis, jujur aku sangat terhibur sekaligus baper setelah menonton Secret Garden ini. Bisa dibilang salah satu drama kesukaan deh! Alasan aku begitu betah nonton drama ini adalah karena tokoh lead female yang berbeda dari pemeran utama wanita pada umumya di drama lain.

Dalam Secret Garden, justru Gil Ra Im lah yang bisa dikatakan lebih strong daripada Kim Joo Woon secara fisik. Walaupun namanya wanita, luarnya terlihat garang tapi hatinya lembut dan rapuh seperti kapas. Hehe.

Selain itu, usaha mati-matian Kim Joo Woon mendapatkan perhatian Gil Ra Im sukses membuat aku sebagai penonton deg-deg-ser dan gemas melihat tingkah lakunya. Kalau di kehidupan nyata, ada laki-laki frontal dan terang-terangan menyatakan perasaan pada kita sebagai perempuan mungkin akan langsung ilfeel. Tapi, gimana mau ilang feeling kalau yang ngejar-ngejar tampangnya kayak Hyun-Bin? Haha.

Source : Instagram @hyunbinvibes
Banyaknya adegan kocak dalam drama ini juga berhasil membuatku selalu tertawa meski sudah menontonnya berkali-kali. Terutama saat adegan Gil Ra Im yang berada dalam tubuh Kim Joo Woon kaget setengah mati mendapati jiwanya tertukar. Hyun-Bin sukses membuatku geli sendiri melihat dirinya memerankan seorang wanita.

Claustrophobia

Dalam drama ini, ceritanya Kim Joo Woon memiliki seorang psikiater pribadi dimana Kim Joo Woon rutin berkonsultasi bahkan meminta obat-obat antidepresan pada dirinya.

Usut punya usut ternyata Kim Joo Woon yang tampak sempurna dari luar mempunyai trauma masa lalu yang sangat berat hingga mengakibatkan dirinya mengidap claustrophobia, suatu kondisi phobia terhadap ruangan tertutup. Ini membuat Kim Joo Woon begitu anti naik lift.

Kejadian traumatis yang dialami Kim Joo Woon ternyata ada hubungannya dengan Gil Ra Im, tanpa mereka sadari dan ketahui sebelumnya. Anggap saja namanya juga takdir, begitu kira-kira.

Daya Tarik Utama

Tentunya, tidak lain dan tidak bukan drama 20 episode ini memiliki daya tarik utama aktor dan aktrisnya yang mumpuni. Hyun-Bin dan Ha Ji-Won, ya siapa deh yang tidak kenal mereka?

Duluu sekali sebelum menonton Secret Garden, telingaku dipenuhi bisikan-bisikan dari drakorian lain tentang betapa-betapanya Hyun-Bin dalam drama ini. Hyun-Bin ganteng banget, Hyun-Bin keren banget, Hyun-Bin aktingnya top abis, dan masih banyak lainnya.

Jujur, dulu aku belum tau Hyun-Bin itu siapa sih? Haha. Awal-awal menonton juga berpikir, "Apa coba gantengnya? Kurang berisi nih cowoknya," gitu dulu tuh mikirnya. Tolong jangan hujat aku para penggemar Hyun-Bin.

Tapi kemudian setelah melalui episode demi episode dan melihat aktingnya sebagai Kim Joo Woon, "Eh kok jadi kharismatik? Sejak kapan doi ganteng begini?" Haha. Baiklah, aku pun akhirnya takluk dengan pesona dan kharismanya. Sampai sekarang, lol.

Lead male actor, Hyun-Bin
(Source : Instagram @hyunbinvibes)
Tidak dipungkiri ya, daya tarik utama dari drama ini adalah lead male actornya. Ha Ji Won juga menjadi alasan orang-orang menonton drama ini, cantik dan berbakat serta memegang karakter yang kuat membuat kolaborasi mereka berhasil membuat penonton betah nonton drama ini hingga tamat.

Lead female actress, Ha Ji-Won
(Source : Instagram @hajiwonfanbase)
Pemeran pendukung lainnya seperti Lee Jong-Suk, Yoon Sang-Hyun, Yoo In-Na, Kim Sa-Rang, Lee Phillip juga membuat drama ini semakin seru untuk dinikmati. Masing-masing memiliki kisah dan masalahnya tersendiri. Dari peran merekalah sisi persahabatan dan kekeluargaan diangkat.

Secara keseluruhan, kalau kalian belum menonton Secret Garden (2010) dan ingin menonton sesuatu yang ringan, menghibur, bikin gemas dan akhir yang bahagia silakan menonton Secret Garden. Memiliki 20 episode dengan durasi tiap episode sekitar 58 menit hingga 1 jam lebih sedikit.

Ehm, tapi ini tergolong drakor jadul ya jadi jangan heran kalau teknologi dan fashion yang mereka gunakan saat itu sudah jauh tertinggal dibandingkan drakor-drakor masa kini.

Sukabumi, 3 Juni 2020

  • Share:

You Might Also Like

4 komentar

  1. jadi udah nonton drana hb apa saja selain SG? dan udah berapa kali nonton SG?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hyde, Jekyll n Me. CLOY. Mau nonton Memories of Alhambra tapi kurang sreg sama female lead actress'y. Fufu~

      Berapa ya? 3 atau 4x lah. Hahaha.. Tapi setelah nonton yang ke2 cukup adegan2 HB sama pasangannya aja, yg lain numpang lewat. Wkwk.

      Hapus
  2. Hahahaha 🙈🙈🙈 bagus Mba reviewnya! IG hyunbinvibes sumber utama gambar2nya ya ahahahaha 😝

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa sumber utama gambar dan sumber alasan nonton ulang Secret Garden. Bener2 deh itu hyunbinvibes. Hahaha..

      Hapus