Sabtu, 02 Mei 2020

Jadi Blogger? Apa yang Dikerjakannya?


Sebelum nyemplung ke dunia blogging, aku adalah seorang yang bekerja sebagai ibu rumah tangga. Tok. Sejak resign hampir 3 tahun lalu, menikah dan langsung memiliki anak, aku merasa kehilangan ritme hidup yang biasanya aktif berkegiatan di luar rumah tiba-tiba harus beradaptasi dengan pekerjaan rumah terutama mengurus anak.

Namanya ibu baru, benar-benar tidak tau arah dalam hal parenting. Hanya bisa meraba-raba dengan banyak membaca artikel yang berkaitan dan mengikuti nasihat orang yang lebih berpengalaman. Saat anakku masih bayi, aku merasa hidupku 100% hanya untuknya. Bahkan aku kesulitan memanage waktuku untuk membaginya dengan kegiatan yang aku sukai seperti membaca, menulis, mendengarkan musik atau menonton film.

Sempat juga sih mengisi waktu dengan berjualan online, tapi sepertinya aku kurang rajin dalam memposting daganganku dan jarang mengupdate social media, jadi kegiatan jualan itu ku tinggalkan begitu saja. Hehe.

Setelah satu tahun menjadi seorang ibu, aku mulai merasa anakku lebih mandiri dan aku mulai bisa menemukan aku sebagai diriku sendiri, selain sebagai ibu dan istri. Akhirnya saat aku pindah dari Bandung ke Sukabumi, aku memutuskan untuk kembali terjun ke dunia organisasi dan mencoba lebih produktif mengerjakan hal yang aku sukai sebagai hobi. Ini aku lakukan juga untuk membangun relasi karena di kota ini aku tidak memiliki famili atau teman sama sekali.

Baca tentang : BerPINDAH

Kemudian aku memilih merutinkan kembali hobi menulisku yang dulu pernah mengisi hari-hariku. Haha. Dulu sih sering menulis hal-hal receh di Tumblr tanpa arah dan tujuan yang jelas, tapi kali ini aku ingin menjadikan hobiku yang satu ini lebih dari sekedar hobi. Aku mencoba menggali apakah aku passion dalam hal menulis. Aku pun bergabung dalam beberapa komunitas menulis untuk meningkatkan rasa percaya diriku dan mendapat suntikan semangat dari sesama teman-teman penulis.

Baca juga : Menemukan Passion

Dari sekian banyak platform menulis yang ditawarkan social media, aku memilih blog untuk menyalurkan tulisan-tulisanku. Alasannya karena aku sudah punya blog sejak tahun 2010 yang tidak terawat, aku ingin kembali mengurusnya dengan lebih baik. Selain itu, aku kurang suka menulis panjang lebar di platform yang terlalu terbuka seperti Facebook atau Instagram, apalagi Twitter.

Mulanya aku berpikir, jadi blogger tuh ngapain aja sih? Setelah banyak mencari tau dan menjalaninya, sejauh ini aku cukup menikmati kegiatan sebagai seorang blogger. Jadi, apa saja yang dilakukan oleh blogger?


1. Menulis
Ya jelas lah ya, ini yang pertama dan utama. Tidak akan ada blog jika tidak ada penulisnya. Modal utama menjadi seorang blogger adalah kalian harus suka menulis, karena konten yang akan disajikan dalam blog kebanyakan adalah tulisan.

Menurutku dan telah disetujui oleh banyak blogger, konsistensi menulis adalah kunci utama kesuksesan seorang blogger. Menjadi blogger berarti harus siap menghabiskan sebagian waktunya untuk menulis dan membuat konten, tujuannya agar blog tetap aktif dan hidup sehingga peluang untuk dikenal oleh masyarakat juga lebih banyak.

Apa yang ditulis oleh seorang blogger juga menjadi suatu hal yang penting. Alangkah baiknya jika seorang blogger membagikan tulisan yang baik dan banyak berisi manfaat, bukan sebaliknya.

2. Membaca
Untuk bisa menghasilkan sebuah tulisan yang bagus, seorang blogger wajib suka membaca. Selain menambah wawasan, dengan membaca secara tidak langsung kalian akan menambah perbendaharaan kata yang bisa digunakan ketika menulis.

Banyak membaca juga memudahkan seorang blogger mendapat ide untuk menulis seperti membuat review mengenai buku bacaan juga berbagi pengalaman serupa mirip-mirip dengan apa yang telah dibaca.

Membaca juga membuat para blogger tetap up to date mengenai issue-issue yang sedang marak diberitakan dan membuat para blogger senantiasa belajar dan terus mengambil ilmu dari apa yang mereka baca.

3. Belajar
Untuk blogger yang ingin mengembangkan karirnya lebih jauh, belajar adalah suatu hal yang mutlak wajib dilakukan. Ilmu tentang membuat website dan mengelolanya saat ini terus berkembang, para blogger pun harus mau mengikuti perkembangannya jika ingin menjadi blogger profesional dan agar karirnya bisa naik kelas alias tidak stuck disitu-situ saja.

Kuliah atau pun kursus baik online mau pun offline mengenai ini pun bertebaran dimana-mana. Ada yang gratisan ada pula yang berbayar atau bisa juga dengan mengulik dan membaca-baca sendiri dari artikel mau pun buku bahkan video tutorial untuk menambah ilmu mengenai blogging. Silahkan pilih metode belajar yang sesuai dengan kalian.

4. Belanja Ide
Kegiatan lain seorang blogger adalah mengumpulkan bahan untuk dijadikan tulisan yang layak dipajang di blog. Ide-ide yang dikumpulkan tentunya sesuai dengan niche blog masing-masing blogger, ada yang belanja ide dengan travelling, mencoba berbagai merk kosmetik atau skin care, menonton film, membaca novel dan masih banyak cara lainnya untuk belanja ide.


Semakin banyak ide yang terkumpul, semakin banyak pula tulisan yang bisa dibuat oleh seorang blogger. Belanja ide menjadi penting untuk menjaga semangat blogger konsisten menulis, apalagi untuk blogger baru yang membutuhkan banyak latihan membuat suatu tulisan yang baik.

5. Berkegiatan Bersama Blogger Lain
Hal seru lainnya yang dilakukan seorang blogger adalah ketika mereka bisa melakukan kopi darat (kopdar) dengan sesama teman blogger pada suatu event, baik online mau pun offline.

Kegiatan yang dilakukan pun beragam, mulai dari blog walking, sharing session, training dan kegiatan yang biasanya bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para blogger.

Dengan melakukan kegiatan bersama-sama dengan blogger lain, dapat meningkatkan rasa semangat menulis serta mendapat banyak kesempatan untuk belajar dari blogger-blogger yang sudah sering malang melintang di dunia tulis-menulis. Tentunya, menambah relasi dan kesempatan untuk mendapat job dari menulis juga.

6. Mengikuti Lomba atau Tantangan Blog
Sebagian besar blogger tentunya ingin mendapat penghasilan dari hasil tulisannya, salah satu caranya adalah dengan mengikuti berbagai ajang lomba blog yang biasanya menawarkan hadiah dengan jumlah cukup besar.

Ini akan membuat para blogger berusaha untuk meningkatkan skill menulisnya, memberikan yang terbaik untuk berpartisipasi dalam setiap tantangan. Tentunya dengan mengikuti ajang seperti ini dapat membuat blog seorang blogger lebih dikenal.

7. Paid Promote atau Endorse
Selain dari pemasangan iklan di blog contohnya melalui Google Adsense dan mengikuti lomba blog, cara lain untuk mendapat penghasilan bagi seorang blogger adalah menerima tawaran untuk bekerja sama dengan suatu perusahaan untuk memberikan review pada produk mereka.

Tidak sedikit loh perusahaan yang memanfaatkan keberadaan blogger untuk mempromosikan produk atau jasa mereka. Di masa sekarang, hampir semua orang akan mencari review produk terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membelinya. Ini lah yang dimanfaatkan para perusahaan untuk mempekerjakan blogger sebagai marketing mereka.

Cara lainnya adalah dengan membuat liputan di suatu event yang diadakan oleh suatu perusahaan yang menawarkan produk atau jasa. Biasanya mereka juga membayar para blogger untuk menampilkan berita tentang acara yang mereka buat.

Itu lah kira-kira kegiatan yang dilakukan oleh blogger sepengalamanku selama ini, kuncinya menurutku adalah kecintaan terhadap menulis dan tentu saja konsistensi untuk tidak berhenti menulis dan belajar. Bagaimana, tertarik juga untuk menjadi seorang blogger?

Sukabumi, 02 Mei 2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar