4 Topik Untuk Mengisi Kekosongan Blog

By Imawati A. Wardhani - Mei 26, 2020


Sebagai blogger yang masih belajar untuk konsisten menulis, mencari topik untuk ditulis di blog kadang menjadi kendala yang harus selalu dicari jalan keluarnya. Terkadang, menulis juga masih mengandalkan mood. Saat mood oke dan topik seru untuk dibahas, pasti lancar jaya dan langsung menjadi sebuah tulisan. Tapi kadang meskipun sudah punya bahan untuk ditulis tapi mood sedang tidak baik, tulisan akan terasa hambar dan kurang hidup.

Padahal, untuk menjadi seorang penulis profesional tidak bisa selalu mengandalkan mood untuk menulis. Bagaimana jika ada pekerjaan dengan deadline mepet dimana kita wajib membuat suatu tulisan? Ya masa mau mengandalkan mood terus. Untuk menghindari hal-hal semacam ini, aku membiasakan diri untuk menulis setiap hari. Kalaupun akhirnya tidak selesai, minimal menjadi draft untuk dilanjutkan di hari berikutnya.

Membahas soal topik untuk suatu tulisan, berdasarkan pengalaman pribadi nih sebaiknya kita mulai menulis dari hal-hal yang kita sukai dan kuasai. Seperti kata J.K.Rowling,

"I just write what I wanted to write. I write what amuses me. It's totally for myself. I never in my wildest dreams expected this popularity."

Yes! Mulailah menulis dari sesuatu yang menyenangkan bagi diri kita, jangan dulu berharap banyak bahwa tulisan kita akan viral, booming, menjadi trending topic dan sebagainya. Awal-awal aku menulis, aku hanya menceritakan bagaimana kehidupanku sebagai ibu rumah tangga, cerita tentang morning sickness dan hal lain yang berbau curhatan. Haha.

Kemudian, setelah beberapa bulan membiasakan diri menulis aku jadi tau dan paham topik-topik apa saja yang selalu seru untuk kutuliskan di blog. Beberapa topik tersebut adalah :


1. Travelling


Sebagai pecinta plesiran, rasanya benar-benar rugi sekali aku tidak membiasakan diri menulis blog sejak dulu. Padahal, sudah sejak kecil orangtuaku sering mengajak aku dan adik-adik bepergian. Kebiasaan travelling ini sudah ditanamkan bahkan sejak kami belum sekolah.

Setelah rutin menulis blog, aku sadar bahwa pengalaman travelling yang sudah-sudah harusnya aku arsipkan dalam tulisan. Sebagai rekam jejak untuk diri sendiri dan juga wawasan untuk pembaca yang tertarik mengunjungi destinasi wisata tersebut atau hanya sekedar penasaran seperti apa tempatnya.


Saat menuangkan ulang pengalaman travelling melalui tulisan, rasanya seperti kembali bernostalgia. Membayangkan kembali kejadian-kejadian seru selama pergi ke tempat-tempat baru dan melakukan hal-hal yang sebelumnya belum pernah aku coba.

Bagiku, pengalaman menyenangkan selama travelling selalu menjadi penyelamat saat aku mulai bingung mau menulis apa. Hehe.


2. Parenting


Aku memang seorang ibu baru, baru satu setengah tahun ini menjadi ibu. Masih memiliki secuil pengalaman dibandingkan dengan ibu-ibu yang anaknya sudah beranjak remaja. Tapi, membagikan kisah tentang tumbuh kembang anak memang menyenangkan.

Selain untuk menyimpan kenangan sebagai new mom, aku menulis hal-hal yang berbau parenting juga untuk berbagi dengan new moms lainnya. Tidak jarang, teman-temanku yang baru menikah dan punya anak bertanya berbagai macam hal yang berkaitan dengan pengalamanku yang serupa dengan masalah yang sedang mereka hadapi.


Kalau pas ada tulisan di blog yang bisa kutunjukkan, nggak usah menjawab panjang lebar tapi cukup dengan satu link tulisan di blog. Senang dong kalau tulisan kita bisa memberi inspirasi dan manfaat bagi orang-orang yang membaca.


3. Blogging - Literasi


Sebagai orang baru di dunia blogging, aku masih terus belajar sana-sini bagaimana agar menjadi seorang yang terus konsisten dan serius menekuni dunia ini.

Banyak membaca, bertanya pada senior, ikut kuliah online dimana-mana, bergabung dengan komunitas, semua aku jabanin supaya ilmu tentang blogging yang aku miliki terus bertambah. Tidak hanya tentang nge-blog tapi juga tentang literasinya.


Biasanya, aku suka menulis ulang pengetahuan baru tentang blogging yang telah aku baca atau hasil kuliah-kuliah online yang aku ikuti. Tentu aku menulis sesuai dengan pemahamanku dan dengan gaya menulisku sendiri.

Dengan begini, aku bisa membaca ulang hasil rangkumanku tanpa harus membuka-buka lagi sumber yang telah aku buka.


4. Family - Marriage Life


Sepertinya aku sering banget menyebut-nyebut atau bercerita tentang kegiatan bersama keluargaku, apa yang keluargaku ajarkan semasa aku kecil dulu, tentang ayahku, banyak lah!

Mengapa? Karena ya banyak hal menyenangkan yang aku lalui bersama mereka, banyak sekali memori yang ada di dalam kepalaku dan ingin aku tuangkan dalam Written Pensieve ini. Supaya kenangan-kenangan itu semua tidak lekang oleh waktu.

Terkadang aku juga bercerita tentang kehidupan pernikahanku, karena mulanya aku menulis kembali di blog ini untuk berbagi kisah menjadi ibu rumah tangga. Kadang aku juga menulis sesuatu yang terjadi di kehidupan pernikahan orang lain menurut pandanganku.


Seperti halnya topik tentang parenting, pembahasan mengenai keluarga dan rumah tangga ini sering kutemui di grup-grup chat yang ada di ponselku. Makanya, suka terinspirasi untuk menulis tentang ini.

Keempat topik tersebut merupakan tema-tema favorite-ku untuk menulis dan mengisi kekosongan blog ini. Ketika mulai kehabisan ide menulis, aku pasti akan mengulik topik-topik tersebut dan memilih salah satu untuk dijadikan sebuah tulisan yang layak naik post di blog.

Kalau kalian, topik apa nih yang paling banyak memberikan inspirasi untuk menulis?

Sukabumi, 27 Mei 2020

  • Share:

You Might Also Like

20 komentar

  1. Kalo buat saya, karena sekarang masih single, yang paling sering jadi bahan tulisan itu cerita ttg kehidupan sehari-hari sbg pelajar. Saya juga punya banyak banget ide di kepala, tapi masih menulis berdasarkan mood 😌 hadeuh. Masih harus memaksakan diri buat konsisten nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak apa Mba, mumpung masi d luar negeri banyakin jalan2, nyobain kuliner2 disana. Kalau ada waktu luang d tulis deh utk kenang2an dan informasi

      Hapus
  2. Kalau lagi nggak ada ide saya suka bikin review aja di blog. Mulai dari review buku, makanan, kosmetik, dll. Cuma ya belum konsisten bisa nulis tiap hari nih. Masih suka tergantung mood. Hiks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener mba, saya juga mencoba buat nulis ttg review sesuatu ternyata seru juga. Hehe..

      Emg harus latihan terus2an ya biar rajin nulis tu

      Hapus
  3. Saya juga suka menulis tentang parenting, traveling dan family. Ketiga hal itu yang dekat dengan kehidupan sehari-hari jadi lebih mudah menuangkannya. Saya pun masih terus belajar untuk menulis konten yang bagus dan berkualitas. Semangat belajar bersa kita ya Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba semangat terus belajar menulis supaya lebih baik lagi 😌

      Hapus
  4. Berhubung saya ibu-ibu, tema favorit saya ya seputar ibu-ibu,hehe. Tentang parenting dan gaya hidup hijau juga lumayan sering saya bahas di blog.
    Di awal bikin blog, saya tuh nulis setiap hari. Tapi pas belakangan dibaca lagi, saya merasa tulisan saya kurang riset, jadi enggak dalam informasinya. Akhirnya, sekarang ini saya enggak maksain nulis setiap hari, tapi pinginnya setiap tulisan tuh bisa kasih informasi yang lengkap dan dalam. Paling enggak seminggu sekali sih tetap mengupdate blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mungkin kalau sudah terbiasa menulis, akan terjadwal seperti itu ya mba. Kalo skrg saya banyak nulis untuk latihan konsisten, soal'y kalo udh berhenti suka keterusan. Hehe..

      Hapus
  5. Bener nih mbak. Mulai menulis apa yg dialami apa yang disuka. Pelan2 ditambah ilmu supaya jadi page one di Google bagaimana haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba, belajar utk terus menulis aja dulu. Hihi..

      Hapus
  6. Pas baca artikel ini pas saya lagi stuck bingung mau nulis apa di blog. Ahhh mencerahkan sekali deh. Jadi punya ide baru mau nulis apa sekarang. Thanks mbaa

    BalasHapus
  7. Waduh pas banget, blog aku belum2 di update hehe. Memang benar, mau nulis sedangkan lg sibuk. Pas ga sibuk malah ga mood. Sering banget. Tapi benar banget, nulis aja lah yang lagi mau ditulis ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menulis hal2 yg kita sukai pastinya lebih mudah mba soal'y

      Hapus
  8. kalau dulu rajin banget isinya tutorial blog atau traveling, sekarang banyakan curhat haha, jadi kangen nih nulis traveling. semoga bisa traveling lagi dalam waktu dekat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saya juga kangen sekali travelling. Huhu..

      Hapus
  9. Job blog malah jadi mood booster terbaik buat aku. Kalau ada lomba atau job gitu, semangat banget eksekusi. Masalahnya masak isi blog semua untuk orang. Ha ha ha. Dilema. Giliran bikin artikel sendiri, malasnya pool. Semoga bisa semangat juga nulis tema2 di atas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda2 ya mba, kadang ada yg termotivasi klo ada orderan job. Ada juga yang kayak saya, sok sibuk nyari2 tema sendiri. Wkwk..

      Hapus
  10. Topik paling ampuh yang bisa mengisi kekosongan saat bingung mau posting apa kalau untukku adalah mereview buku. Selain bisa mengurangi tumpukan buku yang belum terbaca, jadi terhanyut juga loh dengan buku itu. Biasanya aku memang suka membeli novel, hanya saja daya baca tidak setinggi dulu. Lumayan tuh kalau pas udah mati ide bisa ambil buku dan dapat ide dari sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waahh keren ini, habis membaca d tulis lagi. Saya masih kesusahan mereview buku, biasanya malah jd kepanjangan. Haha..

      Hapus