Misi Kedua : Membuka Kerang Istimewa

By Imawati A. Wardhani - April 14, 2020


Setelah minggu lalu misi pertamaku dalam pelayaran bersama Matrikulasi Batch 8 Institut Ibu Profesional sukses diselesaikan, aku mendapatkan kerang istimewaku. Misi berikutnya adalah membuka kerang istimewa tersebut. Masalahnya, kerang itu tidak begitu saja terbuka dengan mudah! Ada teka-teki yang harus di jawab sebagai syarat untuk membuka kerang.




Kelima teka-teki diatas hanya bisa dijawab dengan petunjuk yang diberikan oleh widyaiswara kami. Dengan sabar, mereka membagikan petujuk berharga agar kami bisa membuka kerang istimewa dan melanjutkan pelayaran kami.

Setelah menjawab teka-teki tersebut, aku akan mencoba membuka kerang istimewa yang sudah aku dapatkan. Bismillahirrahmanirrahim...


Hai kerang istimewa, izinkan aku membuka cangkang dan mengambil mutiaramu. Aku sudah berhasil menjawab teka-tekimu, jawaban dari pertanyaanmu ternyata adalah suatu prinsip berkomunitas. Dalam berkomunitas, hal-hal yang tidak boleh dilakukan adalah :
1. Kritik
Kritik yang membangun dan disampaikan dengan cara yang benar tentunya menjadi suatu masukan yang dapat dipertimbangkan dan membuat perbaikan pada pihak yang terkait.

Apabila kritik yang disampaikan tidak berdasarkan pemikiran yang matang dan tidak beralasan jelas serta menggunakan cara penyampaian yang tidak baik, ini akan memicu provokasi dan menimbulkan masalah juga perpecahan dalam suatu kelompok. Jadi, pintar-pintarlah saat akan menyampaikan kritik agar kritik yang disampaikan menjadi hal yang membangun dan bermanfaat.

2.1. Ghibah
Bergosip atau berghibah, membicarakan keburukan orang lain dibelakang merupakan hal yang sungguh tercela. Termasuk dalam kategori penyakit hati, lho! Dalam agama mana pun dan dalam bersosialisasi tentunya ghibah harus dihindari agar tidak menimbulkan sesuatu yang lebih buruk yaitu fitnah.

Kalau kurang berkenan dengan seseorang, baiknya sampaikan saja secara langsung dengan cara penyampaian yang dewasa dan bijaksana. Tidak perlu menggembar-gemborkan keburukannya kemana-mana, bisa jadi hanya terjadi kesalahpahaman. Intinya adalah berkomunikasi dengan baik.

2.2. Fitnah
Nah ini, hal yang dapat ditimbulkan dari poin 2.1. Ghibah dan fitnah memang berkaitan. Dalah agama islam, fitnah merupakan suatu dosa besar hingga dikatakan kalau fitnah lebih kejam dari pembunuhan. Jangan sampai deh kita melakukan hal buruk seperti itu di dalam komunitas.

3. SARAT
Suku, Agama, Ras dan Tubuh. Merupakan hal yang tidak pantas untuk dibicarakan dalam suatu kelompok atau komunitas. Apalagi sampai memojokkan dan melakukan bullying hanya karena menganggap suku/agama/ras/tubuh kita lebih sempurna dari orang lain.

Ini bisa memicu konflik yang lebih besar juga nantinya. Ingat semboyan negara kita yaitu bhineka tunggal ika, jadikan suatu keberagaman itu adalah pemersatu kita dalam berkomunitas. Berbeda itu indah kok, asal kita saling bertoleransi dan menghargai satu sama lainnya.

4. Khilafiyah
Khilafiyah diartikan sebagai perbedaan pendapat, pandangan atau sikap. Sebenarnya hal ini sangat wajar terjadi, menjadi masalah ketika adanya sikap masa bodo dan kekeuh mempertahankan pendapat tanpa mempertimbangkan pendapat yang lain.

Tidak ada rasa toleransi dan menghargai membuat khilafiyah yang harusnya bisa dibicarakan dengan musyawarah untuk mencapai kata sepakat malah berujung pertikaian dan perang dingin dalam komunitas.

5. Kepentingan
Kepentingan golongan apalagi kepentingan pribadi sangat tidak layak dibawa-bawa dalam berkomunitas. Rasa egois ketika ingin mengedepankan kepentingan diri sendiri diatas kepentingan orang lain merupakan perbuatan tercela yang juga dapat memprovokasi masalah dan memecah kesatuan suatu komunitas. Jadi, benar sekali bisa membawa-bawa kepentingan dalam suatu kelompok adalah hal yang tidak boleh dilakukan.

Aku yakin, prinsip berkomunitas itu benar-baik-bermanfaat karena apabila kita berkomunitas dengan pikiran positif dan menjauhkan diri dari pikiran negatif, tentunya kita bisa memberikan aura positif juga untuk lingkungan komunitas kita. Sehingga kegiatan apa pun yang ingin dijalankan akan dilaksanakan dengan bahagia dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

#navigasidanberaksi
#matrikulasibatch8
#institutibuprofesional
#belajardarirumah

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar