2 Hal Penting Untuk Menjaga Imunitas Tubuh

By Imawati A. Wardhani - Maret 07, 2020


Hari gini hampir seluruh warga Indonesia sibuk membicarakan masuknya virus Corona ke tanah air kita setelah 2 warga Depok terkonfirmasi menderita Covid-19. Banyak yang panik lalu "berlarian" ke pusat-pusat berbelanjaan untuk membeli bahan makanan dan menimbunnya sebelum menjadi langka. Tak sedikit pula yang memborong masker dan hand sanitizer serta sabun cuci tangan hingga terjadi kelangkaan dimana-mana, menyebabkan harga masker dan hand sanitizer melambung tinggi.

Memang sih, melihat pemberitaan di media masa rasanya siapa yang tidak khawatir dan takut dengan virus tersebut? Namun, dari pada memborong masker dan hand sanitizer ada hal fundamental yang harus diberi perhatian terlebih dahulu yaitu bagaimana supaya sistem kekebalan tubuh kita baik sehingga tidak mudah terjangkit penyakit, apa pun termasuk Covid-19.

Sistem imun atau imunitas adalah mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing atau patogen yang masuk ke dalam tubuh. Sistem imun sendiri terbagi menjadi dua yaitu sistem imun alami (innate immunity) yang sudah kita miliki sejak lahir, bersifat non-spesifik dimana ia bekerja saat ada zat asing masuk ke dalam tubuh tanpa pandang jenis (virus, bakteri, parasit, dan lainnya) dan sistem imun dapatan atau spesifik (aqcuired immunity) yang bereaksi ketika tubuh pernah terpapar zat asing lebih dari satu kali.

Ada pun komponen utama dalam pembentukan sistem imun adalah sel darah putih atau leukosit. Tingginya jumlah leukosit dalam darah dapat mengindikasikan adanya suatu penyakit yang sedang di derita oleh seseorang. Jika di analogikan, sel darah putih merupakan tentara yang melawan penyakit di dalam tubuh sehingga makin banyak jumlah tentara yang turun berbanding lurus dengan banyaknya zat asing (virus, bakteri, dan patogen lain) yang harus di lawannya.

Sistem imun dikatakan baik apabila bisa menghasilkan jumlah leukosit yang cukup untuk melawan zat asing yang masuk ke tubuh. Jika leukosit tidak cukup saat zat asing menyerang, tentunya tentara perang akan kalah dengan jumlah musuh yang masuk membobol pertahanan diri kita. Akibatnya, tubuh pun akan drop dan jatuh sakit.

Sebenarnya, ada 2 hal sederhana yang mudah sekali dilakukan dan bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Olahraga dan tidur yang berkualitas adalah hal-hal yang bisa kita lakukan setiap hari dan membuat sistem imun kita bekerja dengan optimal.

OLAHRAGA
Dikatakan dalam jurnal dengan judul Efek Olahraga Ringan Pada Fungsi Imunitas Terhadap Mikroba Patogen : Infeksi Virus, melakukan latihan fisik secara teratur dengan intensitas ringan dan sedang dapat mempengaruhi peningkatan jumlah trombosit. Selain itu, terjadi juga peningkatan jumlah leukosit dalam sirkulasi darah terutama sel limfosit dan neutrofil). Dengan demikian, aktivitas olahraga yang cukup dapat dihubungkan dengan kejadian penurunan infeksi penyakit. Latihan fisik yang dimaksud misalnya aerobik atau berjalan kaki.

Sumber : shalod.refinedtraveler.co

Sebaliknya, jika kita melakukan latihan fisik terlalu berat justru akan membuat munculnya trauma yang berakibat pada penurunan sistem kekebalan tubuh. Jadi, jangan melakukan aktivitas olahraga terlalu berat ya. Rutinitas olahraga ringan yang dianjurkan adalah 5 kali dalam seminggu dengan durasi maksimal 30 menit.

Hayoo tim rebahan mari kita mulai aktif berolahraga! Hehe.

TIDUR BERKUALITAS
Manusia dewasa membutuhkan tidur berkualitas selama 7-8 jam dalam sehari untuk menjaga kebugaran tubuhnya. Ada pun faktor yang berpengaruh terhadap kualitas tidur adalah lingkungan, penyakit fisik, gaya hidup, stress emosional, kelelahan, diet, merokok dan pengobatan.

Adanya gangguan tidur dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, hal ini disebabkan oleh berkurangnya produksi sel NK (Natural Killer), salah satu sel yang berperan dalam imunitas tubuh manusia. Turunnya jumlah sel NK ketika tubuh tidak mendapat tidur yang cukup, mengakibatkan tubuh rentan terhadap penyakit.

Studi menunjukkan bahwa kualitas tidur berpengaruh penting dalam memelihara kesehatan tubuh. Tidur yang baik tidak hanya dapat meningkatkan kesehatan secara menyeluruh, tapi juga dapat mencegah hasil fisiologis dan psikologis yang buruk.

Sumber : goodhousekeeping.com

Sepenting itu loh tidur bagi kesehatan kita. Bahkan dalam Al-qur'an kitab suci umat muslim pun disebutkan dalam berbagai ayat mengenai tidur yang bermanfaat untuk mengistirahatkan tubuh. Sudahkah kalian mendapat istirahat yang cukup?

Pada akhirnya, bukan memborong masker dan hand sanitizer lah faktor penentu kita terbebas dari Covid-19 atau penyakit lainnya. Olahraga teratur serta tidur berkualitas yang cukup jauh lebih penting demi menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Tidak lupa juga diiringi dengan pola hidup dan pola makan sehat, menjaga kesehatan fisik dan pikiran, serta mengonsumsi multivitamin jika dibutuhkan.

Jangan lupa untuk rutin mencuci tangan dengan sabun serta menerapkan sanitasi dan hygiene dalam aktivitas sehari-hari kita. Berdo'a juga agar selalu diberi perlindungan dan kesehatan oleh Tuhan yang Maha Memberi Kesehatan.

Tulisan ini dibuat dalam rangka mengikuti #TantanganBlogging yang diadakan oleh komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN).

Sukabumi, 08 Maret 2020

Referensi :

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar