Selasa, 04 Februari 2020

7 Kegiatan Produktif untuk Ibu Rumah Tangga


Dizaman sekarang, pekerjaan sebagai ibu rumah tangga mungkin adalah suatu hal yang paling tidak dicita-citakan oleh kaum millenial. Pekerjaan yang mulia ini pun masih sering sekali dianggap rendah dan dipandang sebelah mata oleh banyak sekali manusia diluar sana. Kalau ada pekerjaan yang dianggap pengangguran, jadilah ibu rumah tangga karena biasanya akan dikomentari, "Oh dirumah aja ya nggak ngapa-ngapain..."

Sempat minder dan kepikiran dengan tanggapan orang-orang sekitar, namun akhirnya aku bisa menerima dengan ikhlas akan pekerjaan yang kutekuni sekarang ini. Aku juga sadar bahwa pekerjaan ini juga merupakan suatu amanah yang harus ku laksanakan dengan profesional. Dengan modal motivasi dari suami yang pernah berkata bahwa ia lebih bangga dan senang melihat istrinya sebagai ibu rumah tangga, aku pun menjadi semangat untuk meningkatkan produktivitasku meski sudah tidak bekerja diranah publik lagi.

Disela-sela kepadatan mengurus rumah dan anak, ada beberapa kegiatan yang dapat meningkatkan produktivitas kita sebagai ibu rumah tangga, diantaranya :
1. Meningkatkan skill memasak
Suka tidak suka, ketika sudah menjadi ibu rumah tangga tanpa helper, masalah dapur menjadi salah satu urusan terpenting yang harus dikuasai. Kita bisa mulai bereksperimen dengan berbagai resep masakan yang kita lihat dari buku mau pun sosial media. Dari kegiatan mencoba-coba ini, kita dapat meningkatkan kemampuan memasak kita sehingga memberikan masakan enak dan terbaik bagi keluarga. Practice makes perfect, mom!

2. Menulis
Menulis merupakan suatu kegiatan yang sama halnya dengan mengambil gambar dengan kamera atau video, memiliki fungsi merekam. Menulis merupakan salah satu cara mengungkapkan ekspresi, gagasan serta ide-ide yang ada didalam kepala. Menulis juga bisa menjadi salah satu pelampiasan untuk mengeluarkan emosi yang terpendam sehingga bermanfaat untuk memulihkan emosi. Banyak sekali loh manfaat menulis sehingga menulis bisa menjadi alternatif ibu rumah tangga supaya lebih produktif menjalani hari-hari.

3. Berkomunitas
Untuk menghilangkan rasa penat dan bosan ketika harus melihat pemandangan yang itu-itu saja dirumah, tidak ada salahnya ibu rumah tangga mencoba untuk bergabung dalam suatu komunitas. Tentunya komunitas yang diikuti sejalan dengan apa yang disukai ya, selain untuk menambah wawasan kita juga bisa tetap bersosialisasi dan menjalin relasi dengan banyak orang.

4. Menjadi Blogger/Vlogger
Ketika seorang ibu rumah tangga suka menulis dan percaya diri untuk membagikan tulisannya, menjadi seorang blogger tidak ada salahnya untuk dicoba. Begitu pula jika ibu percaya diri merekam dan membagikan aktivitasnya kepada publik, ibu bisa mencoba menjadi seorang vlogger. Tentunya konten yang dibagikan diblog/vlog harus yang bermanfaat ya, supaya banyak orang yang bisa terinspirasi dan mengambil ilmu dari tulisan atau video yang dibuat.

5. Berjualan Online
Jika ibu punya bakat sebagai seorang pedagang, kegiatan ini cocok sekali untuk dilakukan. Apalagi, hampir semua barang sudah bisa dibeli secara online ya sekarang, maka tidak heran banyak sekali ibu rumah tangga yang memiliki sampingan dengan membuka toko online. Rumah dan anak terhandle, uang jajan pun bertambah. Hehe..

6. Mengikuti Kajian/Seminar
Setelah menjadi ibu rumah tangga, bukan berarti kita tidak bisa mengupgrade ilmu dari bidang yang kita minati. Selain datang ke acara kajian atau seminar secara langsung, sudah banyak ya yang memberikan kuliah/seminar online dengan berbagai topik, tinggal pilih saja mau ikut yang mana. Jangan lupa untuk terus belajar ya, mom!

7. Membuat Mainan Anak
Daripada menghabiskan uang untuk membeli banyak mainan anak, ada baiknya jika mencoba memanfaatkan barang-barang yang ada disekitar untuk disulap menjadi mainan anak. Contoh-contohnya bisa dilihat diberbagai sosial media seperti Instagram atau Youtube, dengan melakukan aktivitas ini tidak hanya produktifitas yang meningkat tapi juga kreatifitas jadi lebih terasah.

Semoga 7 hal tersebut bisa menginspirasi ibu-ibu rumah tangga semua supaya menjadi lebih produktif dalam menjalankan kesehariannya. Selain kegiatan yang aku sebut diatas, masih banyak hal lain yang bisa membuat ibu rumah tangga lebih produktif seperti mengikuti kajian keagamaan dan mempelajari agama lebih dalam. Bukan hanya produktif soal dunia namun juga produktif untuk bekal diakhirat. Semoga bermanfaat!

Sukabumi, 04 Februari 2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar