Weekend At Home

By Imawati A. Wardhani - Januari 31, 2020


Setelah melewati hati Senin sampai Jum'at yang sibuk, weekend tentunya adalah saat yang paling dinantikan. Bukan hanya untuk yang bekerja diranah publik saja, begitu pula untuk stay at home mom seperti aku. Weekend itu rasanya seperti angin segar yang berhembus ditengah kekeringan. Haha..

Weekend adalah waktunya bersama keluarga, suami tercinta libur kerja dan bisa main seharian bersama anak juga istrinya. Jika suami tidak lelah, kami suka jalan-jalan untuk mencuci mata setelah semingguan hanya melihat kantor dan rumah. Tapi, stay at home on the weekend juga tidak masalah selama anggota keluarga lengkap dan kami bisa menghabiskan waktu bersama seharian.

Beberapa kegiatan yang biasa aku dan keluarga lakukan saat menghabiskan weekend dirumah antara lain :
1. Bersih-bersih rumah
Setiap Senin-Jum'at, semua pekerjaan rumah tentunya aku yang mengerjakan. Namun, berhubung si kecil selalu ingin berperan serta dalam membantu ibunya mengerjakan berbagai hal, yang terjadi malah aku sulit menyelesaikan pekerjaan beres-beres rumah. Ada saja yang dikorbankan, misal tidak jadi ngepel atau tidak jadi mencuci. Berbeda saat suami full dirumah, kami bisa bahu-membahu mengerjakan semua pekerjaan rumah hingga tuntas. Jadi, saat weekend tidak pergi kemana-mana bersih-bersih rumah menjadi agenda wajib yang kami lakukan.

2. Bersantai
Bagi sebagian orang, bersantai saat weekend merupakan hal yang lumrah. Bagiku, bisa bersantai dengan tenang adalah hal yang sangat berharga (I know all mommies can relate). Apalagi anakku tipe yang nempel sama ayahnya, jadi saat suamiku ada dirumah yang dibuntuti oleh anakku bukan aku tapi ayahnya. Biasanya suami dan anakku bermain bersama dan aku diberi kesempatan untuk tidur beneran, tidur-tiduran atau sekedar leyeh-leyeh sambil nonton mereka main. Priceless loh gini aja tuh!

3. Merawat Diri
Jika dari Senin-Jum'at aku mandi ala kadarnya karena ada makhluk kecil yang setia menunggu didepan pintu kamar mandi, weekend adalah waktunya untuk rapel mandi. Haha. Bisa keramas, sabunan, luluran, menunaikan hajat dengan tenang. Mandi lama pun tidak jadi masalah. Tidak khawatir karena anak aman bersama ayahnya. Setelah mandi, bisa hairdryer dan maskeran dengan tenang.

4. Melakukan Hobi
Saat anak tidur, aku dan suami biasanya mengerjakan hobi kami masing-masing. Kalau saat hari kerja biasanya aku memasak dan beberes rumah ketika anak tidur siang, maka saat weekend aku bisa bebas menulis blog atau membaca webtoon sementara suamiku main game atau menonton televisi. Kadang kami pun menonton film dari laptop bersama-sama.

Begitulah kegiatan keluarga kami saat menghabiskan weekend dirumah. Sederhana tapi sangat berharga untukku. Meski pun dirumah, dengan kehadiran keluarga yang utuh rasanya tetap menyenangkan. Tentunya, sebagai ibu kegiatan mengurus dan bermain bersama anak memang tidak akan pernah absen, namun saat weekend waktu untuk mengurus anak bisa dibagi dua bersama suami sehingga waktu untuk diriku sendiri mendapat porsi lebih banyak.

Boleh dong sharing apa saja kegiatan bermanfaat kalian selama menghabiskan weekend dirumah?

Sukabumi, 01 Februari 2020

  • Share:

You Might Also Like

25 komentar

  1. Wah orang Sukabumi juga teh.
    Saya juga kalo weekend senengnya bersantai di rumah aja, kalo lagi mood buat ngunjungin temen, baru deh keluar rumah, tapi biasanya di rumah aja: tiduran, tidur beneran, nonton, beres-beres...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngomong-ngomong, tema sama isi post nya sederhana, tapi menarik dan enak dibaca teh

      Hapus
    2. Teteh orang Sukabumi juga kah? Saya tinggal aja disini, asalnya mah orang Jawa teh. Hehe..

      Iya, lagi pengen nulis sesuatu yang ringan dan gampang dibaca tanpa harus berpikir keras. Hehe.

      Terima kasih sudah mampir dan baca..

      Hapus
  2. Saya juga di rumah Mba, meski senin-jumat di rumah terus, tp memang bener ya, ketemu weekend itu seneng banget 😁 . Terbebas dari dapur di shubuh dan bebas dari antar jemput anak sekolah 😅.
    Kalau keluarga saya biasanya jalan keluar kota atau sekadar sepedaan keliling kampung. Nah, kalau weekend kemarin dah keluar kota, biasanya weekend depannya (seperti sekarang ini) kami istirahat di rumah saja, masak bareng atau nonton film 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mba, ibu rumah tangga ttep butuh weekend ya ternyata. Biarpun kadang suka lupa tanggal sama hari. Kalo sabtu minggu ttep berasa hawa liburannya.

      Hapus
  3. Shirei juga kalau liburan paling bagus buat beres2. Soalnya klo weekday ga ada yg bantuin.beres2 massive kayak bongkar gudang, buang2 barang ahahaha
    Tp pengin deh nobar weekend hix. Sayang lom nemu film pemersatu keluarga lol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba. Kalo weekdays cuma bisa berpikir gimana cara'y beresin ini itu (yang gede-gede).

      Haha, sekeluarga punya genre favorite masing-masing ya?

      Hapus
  4. saya malah kalo weekend itu hari malas, wkwkwk. gak masak, gak nyuci, gak setrika. paling cuci piring abis makan, itu juga makanannya beli apa enggak sekalian keluar rumah, makan diluar dan pacaran sama pak suami, wkwkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kok. Saya juga suka bermalas-malasan kalo weekend, tapi ttep ada 1 hari antara sabtu/minggu buat gotong royong beberes rumah. Wkwk.

      Hapus
  5. Kayanya aku sama aja weekend ga weekend 😅 suami waktu kerjanya bisa weekend juga soalnya. Tapi tengah weekend bisa di rumah. Paling menikmati dia bisa main sama anak, aku bisa melakukan yang lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada bantuan dari suami seperti menemukan oase di padang pasir ya mba. Hehe

      Hapus
  6. Weekendnya aku itu, bangun tidur kesiangan ha ha ha. Abis subuh molor lagi. Kalaupun udah bangun, leyeh2 aja di kasur. Hari bebas jadi 'alarm sekolah' anak2. Nah kalau liburnya suami malah di hari kerja. Karena kerjanya sore, jadi liburannya aku pas suami libur, tidur siang. Gak was2 nyiapin suami kerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi inget ibu saya yang selalu jadi alarm anak-anaknya dari kecil sampai sekarang pun masih jadi alarm adik saya yang bungsu. Hehe.

      Asyik ya mba, bisa fleksibel gitu jadwal hariannya. Yang penting anak suami dan rumah keurus. Wonder woman..

      Hapus
  7. Kalau saya kok kebalikannya ya Mbak. Hari senin-jumat bisa santai-santai di rumah. Tapi kalau weekend malah kebanyakan acara di luar hhh. Kebetulan suami juga kerjanya wiraswast, jadi tidak memiliki jam kantor yang tetap. Paling meluangkan waktu sama anak kalau mereka libur, di rumah menemani bermain, sudah cukup membuat mereka dan saya merasa bahagia. Oh ya Mbak, justru saya bisa me time kalau anak-anak sekolah. Gak ada yang ganggu wkwkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda-beda yaa me time nya ibu-ibu itu. Saya menunggu-nunggu anak saya masuk sekolah supaya bisa me time juga. Sekarang baru 1 tahun, lagi seru2nya nemenin anak. Mau me time harus curi2 waktu deh LOL.

      Hapus
  8. Weekend aku biasanya masak lebih banyak dari hari biasa. Soalnya nggak terburu-buru urus kantor, hihihi ... Aku lebih banyak menulis di tengah malam, tidurnya lebih sedikit. Pastinya sih bebersih rumah, keluarin kain dan tongkat pel, sekalian sama vacuum cleaner. Kalau nggak hujan, jalan-jalan atau lari pagi deh ajak anak-anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh rajinnya mbaa weekend masak banyak. Menulis tengah malam lebih banyak dapat inspirasi ya? Hehe. Lebih fokus juga pastinya.

      Weekend ttep produktif yaa. Masha Allah mba..

      Hapus
  9. Kalau weekend rasanya sama aja seperti hari biasa hehehe. Paling bedanya kalau pagi nggak heboh menyiapkan suami kerja dan anak-anak sekolah. Trus bisa lebih lama leyeh-leyeh juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, pagi jadi alarm anak-anak ya mba. Pastinya weekdays harus bangun lebih pagi dan lebih produktif karena mengurus ini itu dari pagi, nggak bisa dinanti-nanti.

      Hapus
  10. sama banget mom ku juga kalau weekend ga kemana-mana suka buat kegiatan sendiri di rumah hihi seruuuu banget ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, nggak harus kemana-mana biar bisa happy. Diem dirumah aja bisa seru2an bareng keluarga. Hehe..

      Hapus
  11. Aku banget itu. Weekend di rumah. Soalnya Bandung tuh jadi tujuan wisata. Jadi kalau weekend pasti macet. Bikin bete. Banyak sih yang bisa dilakukan di rumah...

    BalasHapus
  12. Weekend at home adalah hari yang selalu dinanti2kan mba. Bisa rebahan dan santuy seharian, beres2 kamar kosan, nonton drakor, ngeblog, dll

    BalasHapus
  13. Bener banget. Weekend bagi stay at hom mama adalah hadiah luar biasa. Kerasa banget waktu saya cuti ngajar satu semester kemarin. Pekerjaan yang itu-itu aja, tempat yang dari situ ke situ, benar-benar membuat jenuh. Weekend adalah saat berharga untuk menghapus semua jenuh

    BalasHapus
  14. Weekend, enaknya rebahan sambil baca buku, ( sekedar menghayal dl )

    BalasHapus