Pentingnya Membersihkan Rumah Sebelum Mudik Lebaran

membersihkan-rumah-sebelum-mudik-lebaran

Sebelum mudik lebaran, saya sudah menyusun rencana sedemikian rupa sehingga pekerjaan saya sebagai blogger dan freelancer beres semua. Enak kan, mudik tinggal mudik nggak perlu buka laptop lagi. Saya mengalokasikan waktu sehari untuk beres-beres rumah dan packing.

Menjelang keberangkatan mudik, ibu saya memberi kabar yang mengejutkan. Beliau berencana untuk ikut dan liburan di rumah saya selama beberapa waktu. Wah! Nggak ada waktu untuk bersantai, saya yang tidak berniat untuk beres-beres rumah banget sebelum mudik, akhirnya malah deep cleaning dan membersihkan setiap sudut rumah.

Membersihkan Rumah Sebelum Mudik Lebaran

PR saya setiap kali mau meninggalkan rumah dalam jangka waktu yang cukup lama adalah beberes dan packing. Rasanya nggak nyaman banget kalau meninggalkan rumah masih dalam kondisi berantakan apalagi porak poranda.

Terkadang, bukan kadang-kadang sih, tapi sering kali, suami saya dadakan dalam memutuskan jam keberangkatan. Kalau begitu, biasanya saya yang tantrum karena schedule yang sudah saya buat sebelumnya jadi berantakan.

Makanya, begitu tau ibu saya mau datang dua hari sebelum saya berangkat, hari itu juga saya beres-beres dan membersihkan rumah. Besoknya, suami saya bisa saja berubah pikiran mau berangkat mudik jam berapa, sehingga pekerjaan rumah saya belum kelar, dan terbukti lho! Mulanya suami saya bilang mau berangkat setelah magrib, tapi kenyataannya jam 3 sore ia sudah pulang dari kantor dan langsung mengajak kami berangkat. Hhhmmm..

Baca juga: Tempat Wisata Favorit saat Mudik ke Banjarmasin

Membersihkan rumah sebelum mudik lebaran bagi saya pentingnya tidak dapat diabaikan. Sepulang mudik, sudah jelas badan remuk redam, capek. Saya yang berperan sebagai co-driver pun nggak bakalan punya energi untuk langsung bersih-bersih rumah setibanya pulang mudik. Pengennya pasti tidur... yang lama. Wkwk.

Kalau sebelumnya rumah sudah dibersihkan dan dirapikan, minimal pemandangan sepulang mudik lebih enak dilihat. Nggak ada mainan berceceran di lantai, kamar pun nggak kelihatan habis kerusuhan. Cukuplah beban pikiran selama mudik diisi dengan cucian yang sudah pasti menggunung, gak perlu ditambah-tambahi dengan bayangan rumah yang masih berantakan.

Baca tentang: 7 Bagian Mobil yang Harus Dicek Sebelum Mudik Lebaran

Checklist Membersihkan Rumah Sebelum Mudik Lebaran

Frens, sebelum meninggalkan rumah sekian lama untuk mudik lebaran 2024 ini, ada baiknya kita mengalokasikan waktu untuk fokus membersihkan rumah dan melakukan pengecekan. Kalau bisa sih, jangan disambi kegiatan yang lain agar tidak ada yang terlupa.

Di bawah ini ada beberapa checklist membersihkan rumah sebelum ditinggal mudik lebaran yang biasanya saya lakukan:

checklist-kebersihan-rumah

1. Prioritaskan Membersihkan Ruangan yang Penting

Biasanya, saya memprioritaskan ruangan-ruangan yang saya anggap penting duluan untuk dibersihkan seperti ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi dan dapur. Berhubung ibu saya nanti mau datang, prioritas saya untuk tahun ini berubah dengan mempersiapkan kamar tamu. Setelah kamar ibu saya siap, baru saya lanjutkan kegiatan bersih-bersih ke ruangan lainnya.

2. Bersihkan dari Atas ke Bawah

Untuk menghindari agar debu dan kotoran dari bagian atas tidak jatuh kembali ke bagian yang sudah dibersihkan, sebaiknya mulai membersihkan dari bagian paling atas ruangan, seperti langit-langit, lampu, lalu turun ke dinding, jendela, furnitur, dan terakhir lantai.

3. Buang Barang yang Tidak Diperlukan

Waktu yang tepat nih untuk menyortir barang-barang di rumah yang sudah tidak terpakai atau rusak. Membuang dan menyumbangkan berbagai perabot atau pakaian yang tak lagi digunakan akan membuat rumah terasa lebih lapang dan teratur.

Baca juga: GEBER Ramadan, Gerakan Berbagi IP Tangerang Selatan

4. Mencuci Peralatan Dapur dan Membuang Sampah

Jijay banget kan kalau setelah meninggalkan rumah untuk mudik selama berhari-hari, pulang-pulang disambut dengan piring-piring kotor dan sampah yang belum dibuang. Hadeehh.. Kalau saya langsung stress. Haha.

Jadi, buat saya penting banget untuk mencuci semua perlengkapan dapur yang sudah digunakan seperti panci, piring, gelas, dan alat masak lainnya. Setelah semua perlengkapan bersih, sampah adalah barang yang wajib diangkut dan dikeluarkan dari rumah.

5. Memeriksa Peralatan Elektronik

Jangan sampai token listrik berbunyi sepulangnya mudik lebaran 2024 karena kita lupa mematikan peralatan elektronik di rumah. Sebelum pergi, pastikan semua lampu dan peralatan elektronik yang tidak digunakan seerti AC atau kipas angin sudah dimatikan dan tidak ada listrik yang tersambung di stop kontak, kecuali kulkas ya.

Tindakan ini tentu saja meminimalisir resiko yang timbul akibat penggunaan listrik berlebih seperti kehabisan listrik atau korslet.

Terakhir, sisihkan waktu untuk menyapu teras, membersihkan jendela, dan merapikan garasi agar pemandangan di luar rumah tampak rapi saat ditinggal.

Baca tentang: 6 Tradisi Ramadan di Indonesia

Membersihkan rumah sebelum mudik lebaran akan membuat hati dan pikiran lebih tenang selama di perjalanan. Sepulangnya dari mudik lebaran pun, pekerjaan membersihkan rumah tidak akan seberat jika rumah sama sekali tidak dibersihkan. Setuju, frens?

Posting Komentar

0 Komentar