Tips Persiapan Menghadapi UTBK SNBT 2024 dengan Ikut Bimbel Brain Academy

Tips Persiapan Menghadapi UTBK SNBT 2024 dengan Ikut Bimbel Brain Academy

Mengikuti pelatihan Ibu Penggerak di Desember 2023 lalu membuat saya banyak belajar, bagaimana mendampingi anak menyesuaikan diri dengan kurikulum yang berlaku di Indonesia pada saat ini.

Saya juga jadi dapat informasi baru nih, kalau ternyata UTBK SNBT akan diselenggarakan sekitar bulan April - Mei 2024 mendatang. Para orang tua yang anaknya sudah akan memasuki jenjang pendidikan perkuliahan, mulai mempersiapkan diri. Salah satunya adalah dengan mengikuti bimbel persiapan UTBK SNBT 2024.

Apa itu UTBK SNBT?

Mulanya saya nggak paham, ketika banyak orang tua yang membahas mengenai persiapan anak-anaknya menghadapi UTBK SNBT tahun 2024 ini. Sebagai orang tua yang anaknya masih duduk di bangku TK A, roaming dong saya.

Rupanya, UTBK SNBT ini adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berbasis Tes. Ujian ini merupakan salah satu jalan untuk masuk ke perguruan tinggi yang diinginkan. Nah, di tahun 2024 ini kebijakan yang berlaku adalah peserta hanya diperbolehkan mengikuti ujian UTBK sebanyak satu kali saja.

Baca juga: Mengelola Emosi dalam Pengasuhan Anak

Wajar saja kalau banyak orang tua yang punya anak kelas XII SMA, sibuk banget dan mulai mencari-cari bimbel terbaik untuk persiapan mengikuti ujian tersebut.

Tips Persiapan Menghadapi UTBK SNBT 2024

Agar dapat meraih kesuksesan dalam menghadapi UTBK SNBT, tentunya siswa-siswi harus mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin sejak jauh-jauh hari. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diaplikasikan sebelum menghadapi hari-H UTBK SNBT 2024:

UTBK-SNBT

1. Memahami Materi yang Akan Diujikan

Sebelum ujian, pastikan siswa sudah memahami format ujian dan jenis soal maupun materi yang akan dikerjakan. Adapun materi utama UTBK SNBT 2024 yang akan diujikan adalah sebagai berikut:

  • TPS (Tes Potensi Skolastik)

Tes Potensi Skolastik (TPS) adalah jenis tes yang dirancang untuk mengukur potensi seseorang dalam menghadapi dan menyelesaikan tugas-tugas akademis atau pendidikan formal. TPS ini sudah umum digunakan sebagai salah satu alat evaluasi dalam proses seleksi masuk perguruan tinggi.

Tes Potensi Skolastik dapat mencakup berbagai jenis soal, seperti soal-soal matematika, verbal, dan logika. Hasil tes ini diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai sejauh mana kemampuan calon mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan dan menyelesaikan tugas-tugas akademis dengan baik.

  • Literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Tes literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris diperlukan untuk mengukur kemampuan calon mahasiswa dalam membaca, menulis, dan memahami informasi, yang esensial. Tentunya nanti akan berguna ketika mahasiswa dituntut untuk berpartisipasi aktif dalam perkuliahan, penelitian, dan pengembangan keterampilan analitis. 

Kemampuan literasi juga menjadi fondasi penting dalam menyusun argumen kritis dan mengevaluasi informasi, aspek yang sangat diperlukan dalam dunia pendidikan tinggi.

Baca juga: Orang Tua Cakap Digital, Anak Melek Literasi Digital

  • Penalaran Matematika

Pada ujian ini, kemampuan berpikir dan penalaran konsep matematika calon mahasiswa akan diuji untuk menghadapi persoalan sehari-hari.

2. Latihan Soal Ujian Sebelumnya

Dari dulu saat saya otw menjadi mahasiswa hingga sekarang, latihan mengerjakan sebanyak mungkin soal ujian sebelumnya masih menjadi tips persiapan paling direkomendasikan.

Hal ini akan membantu calon mahasiswa mengukur sejauh mana pemahaman materi dan kesiapan dalam menjawab soal. Latihan juga dapat membantu meningkatkan kecepatan dan ketepatan dalam menjawab soal-soal ujian UTBK.

3. Menjaga Kondisi Fisik dan Mental

Meskipun sudah bertahun lalu, saya paham banget bagaimana pressure seorang siswa kelas XII yang sedang mempersiapkan diri mengikuti ujian masuk perguruan tinggi. Sebagai orang tua, memastikan dan menjaga kondisi fisik dan mental anak dalam keadaan optimal sangat penting.

Baca tentang: Melatih Kepercayaan Diri dan Keberanian Anak

Selain belajar, jangan lupa untuk menganjurkan akan untuk mendapatkan istirahat yang cukup, menjaga pola makan sehat, dan tidur yang cukup. Hal-hal tersebut merupakan faktor kunci untuk menjaga daya tahan tubuh dan fokus selama persiapan ujian.

4. Manajemen Waktu

Melatih manajemen waktu dalam mengerjakan soal ujian akan sangat penting untuk hari H. Waktu adalah faktor kritis yang harus diperhitungkan dengan baik. Pelajari cara membagi waktu secara efisien antara setiap bagian ujian.

Simulasikan ujian dengan waktu yang ketat sehingga akan dapat membantu meningkatkan keterampilan manajemen waktu anak-anak dalam mengerjakan soal.

5. Mengikuti Bimbel Persiapan UTBK SNBT 2024

Opsi mengikutsertakan anak ke bimbel dalam rangka persiapan UTBK SNBT 2024 masih menjadi opsi utama yang dipilih oleh orang tua maupun siswa guna memperlancar jalan menuju perguruan tinggi yang diidamkan.

Jika Mae frens masih bingung memilih tempat bimbel mana yang terbaik untuk persiapan UTBK SNBT 2024, kalian bisa memilih Brain Academy. Bimbel ini memberikan kombinasi layanan belajar antara daring dan luring yang pertama di Indonesia.

brainacademy

Guru-guru yang mengajar pun merupakan guru terbaik yang sudah diseleksi secara ketat dari berbagai sekolah, lembaga bimbel bahkan perguruan tinggi negeri. Brain Academy sendiri sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern yang menunjang pembelajaran para siswanya.

Saat ini, Brain Academy sudah memiliki 235 cabang yang tersebar di seluruh nusantara. Setiap siswa yang mengikuti bimbel di lembaga ini, akan mendapatkan fasilitas lengkap mulai dari latihan soal, tryout basic dan premium, hingga konseling privat via chat maupun tatap muka.

brain-academy

Informasi selengkapnya mengenai bimbel persiapan UTBK SNBT 2024 di Brain Academy bisa langsung kunjungi official website-nya ya.

Dengan semua persiapan yang matang dan terencana, Mae frens sebagai orang tua dapat meningkatkan peluang sukses anak-anak dalam menghadapi tes ujian masuk perguruan tinggi.

Posting Komentar

0 Komentar