Rekomendasi Kegiatan Wajib Saat Liburan ke Bandung

liburan-ke-bandung

Salah satu kota yang mempunyai sejuta alasan untuk dijadikan sebagai destinasi wisata adalah Bandung. Setuju nggak nih, Mae frens? Mulai dari jelajah alam, berbelanja di factory outlet hingga kulineran seperti mencicipi lezatnya steak Bandung pun bisa dilakukan, baik jika kamu solo traveler maupun berlibur ke Bandung bersama teman, atau keluarga.

Di akhir tahun seperti saat ini, bisa dipastikan Bandung akan dipenuhi oleh para wisatawan dari berbagai kota atau bahkan negara lain. Apakah Mae frens merupakan satu di antara sekian banyak wisatawan tersebut? Nah, jika iya, saya punya beberapa rekomendasi kegiatan yang bisa kalian lakukan nih ketika berlibur ke Bandung nanti!

Rekomendasi Kegiatan yang Wajib Dilakukan Saat Liburan ke Bandung

Terutama jika Mae frens baru pertama kali ke Bandung, kayaknya belum lengkap nih liburannya kalau belum melakukan berbagai kegiatan di bawah ini:

1. Keliling Kota Bandung Naik Bandros

Bandros yang di maksud di sini, bukanlah kuliner khas Jawa Barat yang kita kenal, melainkan Bandung Tour on Bus. Bus wisata ini merupakan fasilitas dan layanan yang disediakan oleh pemerintah setempat bagi para wisatawan yang ingin berkeliling kota Bandung.

bandros-bandung
Sumber: liputan6.com

Jika kamu berwisata bersama keluarga, anak-anak dijamin kegirangan ketika diajak untuk naik moda transportasi ini. Untuk bisa naik Bandros, kalian bisa mengambil starting point dari Alun-alun Kota Bandung.

Bandros ini sendiri memiliki beberapa rute yang bisa kalian pilih. Masing-masing bus akan memiliki warna yang berbeda sesuai dengan rute perjalanan bus tersebut. Sebelum naik Bandros, Mae frens harus membeli tiket seharga Rp20.000,- untuk satu orang.

2. Menonton Orkestra Angklung di Saung Udjo

angklung-udjo
Sumber: angklung-udjo.co.id

Jika teman-teman tertarik dengan wisata budaya dan edukasi, berkunjung ke Saung Angklung Udjo wajib dimasukkan ke dalam itenary liburan kalian. Di sana, kalian bisa mengenal lebih dekat dengan alat musik tradisional Jawa Barat yakni angklung.

Baca tentang: Desa Kecil itu Bernama Walikukun

Tak hanya itu, kalian juga bisa menikmati pertunjukan orkestra angklung di sana. Tentunya, aktivitas ini sangat bermanfaat untuk mengenalkan dan melestarikan budaya Sunda yang sudah mulai tergerus zaman modern.

3. Wisata Sejarah ke Gedung Sate dan Jalan Braga

Di tahun 2014, saat saya baru sekitar seminggu diterima kerja dan akhirnya tinggal di Bandung, seorang teman mengajak saya untuk berkeliling kota Bandung, salah satunya mengunjungi Gedung Sate dan Jalan Braga. Tempat-tempat tersebut memang sangat melekat dengan kota Bandung.

gedung-sate
Sumber: Dokumen pribadi

Gedung Sate sendiri merupakan kantor dari Gubernur Jawa Barat. Arsitektur dari bangunan ini sangat ikonik di mana terdapat ornamen tusuk sate pada menara sentralnya. Wisatawan sendiri banyak yang tertarik untuk mengabadikan momen dengan berfoto di depan Gedung Sate.

jalan-braga-bandung
Sumber: Wikipedia

Sementara itu, kawasan Jalan Braga juga menyimpan sejarah masa lalu yang membuatnya menjadi legendaris hingga saat ini. Kawasan ini berkaitan erat dengan zaman pemerintahan Hindia Belanda. Oleh sebabnya, bangunan-bangunan yang berada di kawasan Jalan Braga masih djadoel dan klasik khas Belanda.

Baca juga: Pesona Pink Beach, Harta Karus Berkilau di Pantai Indonesia

4. Mengeksplor Kawasan Kawah Putih

Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung Barat, juga memiliki berbagai destinasi wisata alam yang menarik bagi para wisatawan. Salah satu yang sayang untuk dilewatkan adalah Kawah Putih Ciwidey. Objek wisata ini adalah sebuah danau hasil letusan Gunung Patuha.

Tanah di sekitar kawah berwarna putih dan bercampur belerang. Yap! Bau belerang di sana memang sangat menyengat. Di sisi lain, air danau di kawah tersebut berwarna putih kehijauan. Pemandangan ini akan membawa wisatawan bak berada di dunia yang berbeda.

kawah-putih-ciwidey
Sumber: Dokumentasi pribadi

Saya sendiri memiliki pengalaman berkesan saat berkunjung ke sana. Ketika itu, saya bersama teman-teman touring naik motor dari Cimahi ke Ciwidey untuk menyambangi Kawah Putih. Saya dan teman saya, bergantian mengendarai motor dengan jarak tempuh sekitar 2 jam untuk sampai ke tujuan. Unforgettable moment!

5. Mengunjungi Masjid Al-Jabbar

masjid-al-jabbar
Sumber: masjidaljabbar.com

Bagi kalian wisatawan muslim yang berkunjung ke Bandung, sudah pasti penasaran dengan kemegahan Masjid Al-Jabbar di Gedebage. Masjid ini langsung menjadi ikon baru kota Bandung setelah peresmiannya di bulan Desember 2022 silam.

Masjid Al-Jabbar disebut juga dengan Masjid Terapung. Bangunan utama dari masjid ini memiliki luas 99 x 99 m. Sisi unik dari masjid ini adalah penutup atap kubah utamanya yang menggunakan lembaran kaca sebanyak 6.136 lembar kaca dan disusun menyerupai sisik ikan.

6. Makan Malam di Holycow Bandung

Setelah lelah berkeliling Bandung, jangan lupa untuk menutup hari dengan menyantap kuliner lezat di Bandung. Rekomendasi terbaik untuk makan malam di sana adalah mengunjungi Holycow Steak.

holycow-bandung
Holycow TKP Bandung

Berlokasi di Jl. Anggrek No. 29, Sumur, Kota Bandung, Holycow Steak menyediakan beragam sajian steak dengan daging pilihan yang berkualitas. Jangan ragu untuk berkunjung ke sana karena restaurant ini sudah mengantongi sertifikat Halal dan CHSE.

Baca juga: Wisata ke Manado, Sulawesi Utara

Beberapa signature menu yang bisa kalian coba jika berkunjung ke Holycow Steak Bandung antara lain:

  • Tenderloin Tip Steak
  • Fillet Mignon
  • Holycow's Sirloin Steak 200 GR
holycow-menu
Signature menu di Holycow Bandung

Tak hanya menyajikan menu steak, kalian juga bisa memilih berbagai menu lain seperti pasta, pilihan menu sayur-sayuran, hingga Kid's Meal. Menu-menu di sana dibanderol dengan harga yang bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah untuk satu porsi steak yang lezat. Mae frens bisa memilih menu makanan dan minuman yang harganya sesuai budget.

Menutup hari dengan makan steak di Holycow Steak Bandung akan menyempurnakan kegiatan liburan kalian yang menyenangkan!

Selain enam kegiatan di atas, kira-kira apa lagi nih rekomendasi kegiatan seru yang bisa dilakukan saat liburan ke Bandung? Tulis di kolom komentar ya!


Posting Komentar

23 Komentar

  1. Ke jalan Braga, checklist.
    Ke kawah putih, checklist.

    Udah, sisanya belom pernah semuaaa, huehuehue. Ke angklung udjo, belom sempet. Ke gedung sate juga sama. Mau ke Al-Jabbar belum kesampean. Bahkan bandros juga belum pernah nyoba, padahal di kampungku adaa lho.

    Holycow recommended sih restonya cozy banget. Cabangnya udah banyak, di Jakarta Timur juga ada. Nanti mau coba ahh kesana,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sisanya kapan-kapan kalo ke Bandung lagi mampir, Mas. Iya ya cabangnya banyak di mana-mana, enak juga menu-menunya.

      Hapus
  2. Dari tempat yang ditulis aku baru pernah ke Gedung Sate, itupun cuma bagian luar dan makan bubur ayam di emperan deket situ (tahun 2002 pula haha). Kalau ke Kawah Putih malah tahun 90an pas masih keciiil banget.

    Aku penasaran sama Saung Udjo karena tayangan The Amazing Race aja bisa sampe sana! tentunya juga mau kulineran dan nyibain itu holycow waduuh dagingnya tebeeel banget. Dijamin puas ini makannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah 2002 dan tahun 90an Bandung masih adem banget kayaknya yaa. Iyaa, selain dagingnya tebel-tebel harganya juga variatif, sekali makan bisa lah diatur-atur biar kantong nggak jebol pisan. Wkwk..

      Hapus
  3. Wah menarik juga ya, baru tahu ada transportasi khusus utk turis, Kalau naik bandros itu kita berarti muter-mutar tapi nggak turun ya ke tempat wisatanya atau gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, muter-muter kota Bandung aja kita. Buat turis sih bisa jadi pengalaman baru dan nyenengin ya, terutama anak-anak.

      Hapus
  4. Yup.. Bandung emang banyak tempat wisata yg bagus dan menarik . Jadi kalo ke Bandung rasanya betah banget apalagi juga ada oleh2 ciri khas bandung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti oleh-oleh yang banyak diincar yang per-acian yaa. Hehe..

      Hapus
  5. Naik bus Bandros seruu ya. Lalu kalau ke Braga pas musim liburan gini bakal macet kah?

    Steaknya menggugah selera euym

    BalasHapus
    Balasan
    1. Musim liburan sama hari kerja biasa Braga mah ramai selalu. Wkwk.. Tapi worth untuk dikunjungi..

      Hapus
  6. dari dulu wishlist kalau ke Bandung harus belanja di factory outlet, soalnya dulu waktu kuliah di Malang, aku sering keluar masuk ke FO. Dan karena Bandung kayak pusatnya FO, jadi punya keinginan buat belanja belanja disana, dan sepertinya produknya bagus-bagus
    Dan keinginan lain tentu saja wisata alamnya, apalagi daerah lembang

    BalasHapus
  7. wisata ke Bandung dari alam sampe kulineran nggak pernah gagal ya, selama ini aku masih nyimpen listnya kemana aja, terutama ke factory outlet dan sepertinya kudu bawa banyak uang saku khusus buat belanjaan dan kulineran

    BalasHapus
  8. lucu yaaa bus wisatanya pasti anak2 suka tuuu naik bus wisata hehe...aku baru sekali ke bandung dan itu cuma ke daerah FO apa sie mbaa namanya lupa haha...pengen nanti suatu saat kesana lagi buat wisata alam :)

    BalasHapus
  9. Satu yang belum saya lakukan adalah belum mengunjungi Masjid Aljabar, belum pernah ke sana, semoga suatu hari nanti bisa pergi ke sana dan bisa melakukan ibadah di sana

    BalasHapus
  10. Satu yang belum saya lakukan adalah belum mengunjungi Masjid Aljabar, belum pernah ke sana, semoga suatu hari nanti bisa pergi ke sana dan bisa melakukan ibadah di sana

    BalasHapus
  11. Waa. Makasih rekomendasinya. Aktivitas menarik dan ramah kantong ya kak. Aku blm pernah naik Bandros dan ke masjid al Jabar. Next ah klo ke Bandung

    BalasHapus
  12. Tahun baru ntr aku ke Bandung 😄. Tapi nginepnya di Lembang mba, ga berani turun ke bawah, takut ga bisa naik ntr pas malam THN barunya 🤣🤣. Jadi mungkin dr awal DTG ya mau langsung ke atas aja, dan mager di villa , prepare buat THN baru 😄.

    Ga sabar juga, udh lamaaa aku ga ke Bandung ih. Kangeeennmemang Ama kulinernya. Semoga sih pas pulang bisa icip dikit kulinernya di kotanya

    BalasHapus
  13. Komplit banget rekomendasi nya. Jujurly aku pengen ke Kawah putih dan explore Jalan Braga serta gedung sate. 2018 lalu ke Bandung sama Paksu kelilingin alun-alun Bandung sama tebing keraton, seger banget udara di Tebing Keraton

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya di sana masih sejuk ya mba, apalagi pagi-pagi seger banget. Tapi track ke sananya masih kurang friendly nggak sih? Aku ke sana udah lama juga sih, 2015 atau 2016 gitu. Serem banget bawa motor ke sana.

      Hapus
  14. Aku excited banget sih naik bandros itu, kayanya seru banget. Kalau ke gedung sate sih sepertinya itu masih tempat mainstream aja menurutku. Bdg itu yg paling wajib sih kulinernya juga ya, beragam jenis jajanan dari aci banyak bgt macamnya hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gedung Sate memang mainstream tapi ikonik banget, biasanya yang baru pertama kali ke Bandung pasti minimal lewatin gedung sate, biar pernah liat aja. Haha..

      Hapus
  15. Kebetulan ada masku dari Surabaya nih.. lagi liburan ke Bandung.
    Aku bingung ajakin kemana. Jadi ngide ke Braga cari makanan minuman lejen di sekitara Braga, seruu kalik yaah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak kafe-kafe lejen juga kan ya Mba di Braga sanaa. Dulu aku abis pulang kerja kalo gabut jalan-jalan di sekitaran Braga. Yaampuunn masih ada waktu gabut yaa dulu, enaknyaa. Haha..

      Hapus