Ini Dia 5 Tips untuk Merawat Rambut Ikal Agar Tak Cepat Kusut!

tips-merawat-rambut-ikal


Pemilik rambut ikal atau rambut lurus pastinya ingin memiliki rambut yang indah dan terawat. Namun, bagi pemilik rambut ikal dibutuhkan perawatan yang ekstra dan tepat. Hal ini karena rambut ikal memiliki karakteristik yang lebih kompleks dari rambut lurus.

Kebanyakan pemilik rambut ikal mengakui bahwa mereka kesulitan untuk merawat rambutnya. Dibandingkan rambut lurus, rambut ikal lebih sulit untuk diatur karena rentan kusut dan cenderung mengembang. Karena hal tersebut, sebagian sebagian pemilik rambut ikal memutuskan untuk meluruskan rambutnya.

Namun, tidak sedikit juga orang yang memutuskan untuk merawat rambut ikalnya dengan baik. Di sini, kami sudah menyiapkan beberapa tips perawatan rambut ikal agar membuat rambut tak mudah kusut. Simak tips-tips berikut yang bersumber dari Indozone!

1. Gunakan Produk Shampoo dan Conditioner yang Sesuai

tips-merawat-rambut
Shampoo and conditioner (harpersbazaar.com)

Pemilihan dan pemakaian shampoo dan conditioner yang tepat adalah solusi untuk mengatasi salah satu masalah rambut ikal, yaitu kerontokan rambut.

Biasanya, kebanyakan produk shampoo mengandung detergen sebagai bahan pembersih utama dengan cara mengikat kotoran. Namun sayangnya detergen ini dapat merusak rambut. Maka dari itu, perlu memilih produk shampoo yang sesuai.


Conditioner juga berperan penting untuk menajaga kelembapan agar rambut tetap lembut. Tapi, untuk merawat rambut ikal diperlukan conditioner berbahan dasar organik yang sesuai dengan kebutuhan rambut.

2. Keramas dengan Air Dingin

merawat-rambut-ikal-agar-sehat
Keramas (healthline.com)

Bagi kamu yang memiliki rambut ikal, sangat dianjurkan untuk keramas menggunakan air dingin. Karena air dingin dapat membantu memaksimalkan fungsi dari shampoo dan conditioner.

Namun, jika keramas menggunakan air hangat akan membuat rambut menjadi lebih mudah kering. Selain itu, sebaiknya lakukan keramas sebanyak 2 kali seminggu agar kulit kepala terhindar dari iritasi.

3. Keringkan Rambut secara Alami

tips-untuk-merawat-rambut
Mengeringkan rambut (vedix.com)

Cara selanjutnya adalah hindari hair dryer untuk mengeringkan rambut. Hal ini karena hair dryer akan mempercepat pengeringan rambut ikal yang awalnya mudah kering menjadi lebih cepat rusak.

Sebenarnya bukan berarti rambut ikal tidak boleh menggunakan hair dryer, namun diperlukan pemakaian produk pelindung panas terlebih dahulu pada rambut agar menyesuaikan panas dari hair dryer.

Setelah rambut kering, pastikan jangan terlalu sering disisir karena dapat membuat rambut mudah rontok. Pastikan juga menyisir rambut ikal dengan lembut dan menggunakan sisir berigigi lebar.

4. Gunakan Produk Perawatan Rambut

merawat-rambut-ikal-tidak-kusut
Perawatan rambut (healthline.com)

Selain cara-cara sebelumnya, penggunaan vitamin dan produk perawatan rambut lainnya sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut.

Vitamin rambut yang mengandung vitamin A, E, mineral, dan biotin dapat membuat rambut ikal lebih lembut dan terawat. Vitamin rambut juga menjaga rambut agar tidak mudah rontok dan lepek.

Selain vitamin rambut, penggunaan hair oil dan conditioner juga direkomendasikan untuk rambut ikal. Karena kandungan minyak esensial dan bahan aktif lainnya sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan rambut ikal sehingga rambut menjadi semakin sehat dan kuat.

5. Potong Ujung Rambut secara Rutin

tips-merawat-rambut-ikal-sehat
Potong rambut (allure.com)

Salah satu perawatan rambut ikal yang cukup penting adalah rutin memotong ujung rambut. Hal ini berguna untuk membuat rambut tampak lebih indah, bervolume, dan sehat.

Pemotongan ujung rambut juga dilakukan agar rambut ikal yang indah tidak mudah kering dan rusak. Selain itu, rambut ikal yang sudah dipotong akan lebih mudah untuk disisir.

Itu dia beberapa tips merawat rambut ikal agar rambut kamu lebih sehat dan indah. Apapun bentuk rambut kamu, baik lurus maupun ikal, jika kamu bisa merawatnya dengan baik, pasti rambut kamu akan terlihat lebih indah.

Posting Komentar

6 Komentar

  1. sangat bermanfaat untuk aku yang punya rambut ikal :D terimakasih infonya ya kak

    BalasHapus
  2. ini nih yang penting banget jadi perawatan rambut bisa disesuaikan dengan jenis rambut dan kebutuhannya ya

    BalasHapus
  3. Wahh kebetulan sekali ini rambutku tipe rambut ikal, memang rambut ikal memerlukan perawatan yang extra ya, thank infonya kak

    BalasHapus
  4. Tantangan rambut ikal memang tampak ngembang banget dan berantakan nih, Mbak. Thank you sharing-nya Mbak.

    BalasHapus
  5. Wah makasih banget ka tips nya, ternyata kalo keramasan gabole pake air anget yah, baru tau aku huhu

    BalasHapus
  6. Seperti anakku nih, pemilik rambut ikal. Btw kalau buat anak-anak kira2 perawatannya sama juga gak kak?

    BalasHapus