Sabtu, 03 April 2021

Semua Anak Adalah Bintang, Tantangan Hari Ke-3


Assalammualaikum,

Sudah memasuki hari ke-3 menuliskan jurnal observasi guna menemukan bintang dalam diri anakku. Pada zona terakhir di kelas Bunda Sayang ini, mengangkat tema Semua Anak Adalah Bintang. Setiap anak memiliki potensi dan bakatnya tersendiri, selama itu baik dan bermanfaat untuk anak maka orang tua sebaiknya ya mendukung dan memfasilitasi anak agar minat bakatnya terasah.

Jika orang tua sudah mengobservasi dan menemukan aktivitas apa yang menghasilkan 4E (Enjoy, Easy, Excellent dan Earn), maka orang tua dapat memetakan potensi minat dan bakat anak menggunakan 4 Kuadran Aktivitas seperti di bawah ini :

4 kuadran aktivitas

Minat dan bakat anak adalah dua hal yang berbeda. Jika orang tua dapat mengobservasi dan jeli menemukan keduanya serta memberikannya fasilitas serta dukungan penuh, maka orang tua dapat memetakan minat dan bakat serta memunculkan potensi unggul dalam diri anak.

Semua Anak Adalah Bintang, Tantangan Hari Ke-3

Observasi Kegiatan Harian :

Observasi hari ke-3

Nama : Dipta

Usia : 2 tahun 5 bulan

Periode Observasi : 1-10 April 2021

Nama Aktivitas (Hari Ke-3) :
Beberapa aktivitas yang aku lakukan bersama anakku dan aku amati terbagi menjadi 5 jenis kegiatan yaitu "Pengenalan Konsep Matematika", "Art and Craft", "Stimulasi Bahasa", "Exercise of Practical Life" dan "Keagamaan".

Dalam aktivitas "Pengenalan Konsep Matematika", anakku sedang senang menghitung segala macam benda yang ia lihat. Sebab hari ini ia baru melaksanakan khitan, maka semua aktivitas kami lakukan dari tempat tidur. Ia tampak bermain-main dengan jarinya dan menghitungnya satu per satu. Ia juga mencoba menunjuk angka satu sampai lima menggunakan jari-jarinya. Aku melihat ia enjoy melakukan aktivitas ini dan menganggapnya dengan mudah dapat melakukan aktivitas ini. Sehingga bintang yang aku berikan adalah 2 bintang.

Berikutnya adalah aktivitas seputar "Art and Craft". Hari ini karena Dipta masih merasa sakit jika bergerak terlalu banyak maka ia hanya menggambar bebas menggunakan kertas dan pulpen yang ada di sekitar. Meskipun tidak bisa melakukan kegiatan melukis kesukaannya seperti biasa, namun ia tetap terlihat senang mengerjakannya. Aku memberikannya bintang 2 untuk hari ini.

Selanjutnya, kegiatan yang aku lakukan untuk "Stimulasi Bahasa" adalah dengan bercerita mengenai pengalaman Dipta dikhitan pagi tadi. Aku bertanya bagaimana perasaannya dan memintanya untuk menceritakan bagaimana pengalamannya hari ini setelah dikhitan. Ia tampak dengan lancar bercerita mengenai perasaannya. Aku pun memberikan bintang 2 untuk kegiatan ini.

Kegiatan di area "Exercise of Practical Life" hari ini tidak berjalan dengan mulus karena ia menjadi sangat manja hari ini. Semua ingin diambilkan dan dipakaikan oleh aku atau suamiku. Sebabnya aku memberikannya 1 bintang untuk aktivitas ini.

Terakhir adalah aktivitas "Keagamaan". Hari ini, kami berdo'a bersama-sama dalam acara syukuran atas khitannya Dipta. Ia tampak mengikuti kegiatan dengan cukup baik dan khidmat saat berdo'a. Aku memberikannya apresiasi bintang 2 untuk hari ini.

Sekian catatan observasiku mengenai kegiatan Dipta hari ini guna menemukan minat dan bakatnya. Besok akan disambung lagi!

#harike-3
#tantangan15hari
#zona8bintang
#semuanakadalahbintang
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar