Jumat, 02 April 2021

Semua Anak Adalah Bintang, Tantangan Hari Ke-2



Assalammualaikum,

Hari ini aku akan melanjutkan observasi minat dan bakat anakku untuk menemukan bintang yang bersinar di dalam dirinya. Sebelumnya, ada tahapan untuk melakukan pemetaan kekuatan pada diri anak agar ia mampu mengasah hal-hal yang menjadi sumber kekuatannya dan bukan fokus pada apa yang menjadi kelemahannya.

Sejatinya, menemukan bintang di dalam diri anak itu membutuhkan proses panjang dan observasi yang jeli. Untuk dapat menemukan kekuatan anak, ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh orang tua antara lain :

Memperkaya Wawasan
Pada tahapan ini, anak-anak memperkaya wawasannya dengan sering diajak untuk melihat berbagai peran manusia di muka bumi. Kunci pada tahap ini adalah anak-anak memahami bahwa peran manusia itu beragam dan saling bersinergi satu sama lain. Semua kedudukan manusia di hadapan Tuhan adalah sama.

Memperkaya Kegiatan
Anak-anak dapat diperkenalkan dengan berbagai macam kegiatan untuk memperkaya pengalamannya. Mereka akan merasakan langsung dan mengindikasi kegiatan sesuai dengan ciri-ciri bakat yang ada.

Memperkaya Gagasan
Anak-anak sesuai dengan perkembangannya akan mulai memunculkan berbagai gagasan sesuai dengan ragam wawasan dan pengalaman yang sudah mereka dapatkan. Oleh karenanya, orang tua diharapkan dapat menimbulkan rasa keingintahuan serta kemampuan berpikir kritis pada anak. Sehingga akan muncul inisiatif serta gagasan dari dalam diri anak.

Maka, semakin anak mengenal siapa dirinya maka anak akan mengetahui mana aktivitas yang "gue banget" dan dapat menemukan 4E aktivitasnya.

Tulisan di atas adalah hasil pembelajaran yang aku dapat dari materi zona 8 yang telah diberikan.

Semua Anak Adalah Bintang, Tantangan Hari Ke-2

Observasi Kegiatan Harian :

Observasi hari ke-2


Nama : Dipta

Usia : 2 tahun 5 bulan

Periode Observasi : 1-10 April 2021

Nama Aktivitas (Hari Ke-2) :
Beberapa aktivitas yang aku lakukan bersama anakku dan aku amati terbagi menjadi 4 jenis kegiatan yaitu "Pengenalan Konsep Matematika", "Stimulasi Bahasa", "Exercise of Practical Life" dan "Keagamaan".

Dalam aktivitas "Pengenalan Konsep Matematika", anakku mencoba menghitung sendiri beberapa mainan milik sepupunya karena kami sedang berada di rumah kakeknya Dipta di Bandung. Ia pun memilah-milah mana mainan yang berukuran besar dan kecil. Aku melihat ia enjoy melakukan aktivitas ini dan menganggapnya dengan mudah dapat melakukan aktivitas ini. Sehingga bintang yang aku berikan adalah 2 bintang.

Selanjutnya, kegiatan yang aku lakukan untuk "Stimulasi Bahasa" adalah dengan bercerita mengenai pengalaman Dipta bermain bersama sepupu-sepupunya. Aku bertanya bagaimana perasaannya dan memintanya untuk menceritakan bagaimana pengalamannya hari ini. Ia tampak dengan lancar bercerita mengenai perasaannya dan tampak sangat gembira. Aku pun memberikan bintang 2 untuk kegiatan ini.

Kegiatan di area "Exercise of Practical Life" hari ini yang aku observasi adalah menyikat gigi. Dipta sudah lancar sekali melakukan tahapan menyikat gigi seperti mengambil sikat gigi dan pasta giginya, membuka dan menuangkan pasta gigi ke sikat gigi dan mulai menyikat gigi. Setelah selesai, ia dapat berkumur dengan baik. Meskipun sudah tampak enjoy dan dengan mudah melakukan kegiatan ini, ia belum dapat menyikat giginya dengan sempurna dan masih membutuhkan bantuan. Sebabnya aku memberikannya 2 bintang untuk aktivitas ini.

Terakhir adalah aktivitas keagamaan. Hari ini, kami berdo'a bersama-sama dalam acara syukuran atas rumah baru saudara kami. Ia tampak mengikuti kegiatan dengan cukup baik dan khidmat saat berdo'a. Aku memberikannya apresiasi bintang 2 untuk hari ini.

Sekian catatan observasiku mengenai kegiatan Dipta hari ini guna menemukan minat dan bakatnya. Besok akan disambung lagi!

#harike-2
#tantangan15hari
#zona8bintang
#semuanakadalahbintang
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar