Kamis, 01 April 2021

Semua Anak Adalah Bintang, Tantangan Hari Ke-1


Assalammualaikum,

Setelah menyelesaikan tantangan zona ke-7 kemarin yaitu "Pendidikan Seksual", saatnya para sobatualang kelas Bunda Sayang Institut Ibu Profesional batch 6 melanjutkan perjalanan ke zona 8. Zona ini adalah zona terakhir dan paripurna dari kelas Bunsay!

Dalam zona ini, para petualang akan belajar menemukan bintang yang bersinar dalam diri masing-masing maupun diri anak. Zona ini mengangkat tema "Semua Anak Adalah Bintang". Di hari pertama menuliskan jurnal tantangan, aku akan membagikan sedikit materi yang telah disampaikan oleh kakawi sebelumnya.

Pada dasarnya, anak-anak yang terlahir di dunia merupakan anak-anak pilihan, para juara yang membawa bintangnya masing-masing. Sama seperti yang sudah pernah kudengar sebelumnya, kalau setiap anak terlahir bukan sebagai kertas kosong, mereka sudah memiliki blue print-nya masing-masing. Sehingga, tidak bisa kita membanding-bandingkan anak dengan anak lainnya karena mereka memiliki sisi uniknya sendiri-sendiri.

Jika memang harus membandingkan, maka bandingkanlah anak sendiri dengan anak tersebut beberapa waktu sebelumnya. Misalnya, anakku di usia 6 bulan hanya bisa makan bubur yang dihaluskan, saat usianya satu tahun ia sudah bisa makan nasi dan lauk pauk seperti anggota keluarga lain. Atau, anakku baru bisa berbicara dengan baik saat usianya mendekati 2 tahun dan sekarang menginjak 2.4 tahun anakku sudah bisa merangkai kalimat.

Anak kita tidak bisa dibandingkan dengan anak lain meskipun usianya sama. Karena, tidak apple to apple istilahnya, sebab berbagai faktor mungkin mempengaruhi seperti lingkungan keluarga, pola asuh serta unique teacher yang ada di dalam diri anak masing-masing tentu tidak sama satu dengan yang lain.

Di tantangan zona terakhir ini, kami para orang tua diberi tugas untuk melakukan observasi minat dan bakat anak-anak. Diri sendiri sebenarnya boleh juga, namun aku memilih untuk mengamati kegiatan harian anakku untuk dapat memetakan minatnya saat ini.

Kali ini, tugas kami para orang tua adalah menemukan aktivitas yang menimbulkan 4E pada anak. 4E tersebut adalah Enjoy, Easy, Excellent dan Earn. Adapun penjelasan dari 4E yang di maksud dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

Sumber : Mater zona ke-8 kelas Bunda Sayang IIP

Untuk itu, sebelum melakukan observasi harian aku akan menuliskan profil unik dari anakku supaya lebih mudah melakukan pengamatan mengenai hal-hal atau kegiatan yang memunculkan 4E pada dirinya.

Profil Unik Ananda :

Foto/Gambar Ekspresi :
Lagi fokus banget nih!

Nama Panggilan Kesayangan : Dipta "Si Anak Kreatif"

Niat Muliaku :
Aku ingin menemani Dipta selama proses menemukan kegiatan yang memunculkan minat dan bakatnya. Harapannya adalah jika aku bisa membersamainya dan melihat kegiatan yang membuatnya merasakan 4E, aku dapat memfasilitasinya untuk melakukan eksplorasi lebih banyak mengenai kegiatan tersebut.

Antusias Jika :
Saat ini, Dipta masih berusia 2 tahun dan banyak sekali hal yang menarik perhatiannya. Dari hasil pengamatanku sebelum ini, Dipta sangat antusias jika melakukan kegiatan art and craft seperti melukis dan mewarnai. Dipta juga sedang senang-senangnya melafalkan angka dan huruf, senang bernyanyi dan bercerita. Juga, ia semangat apabila dilibatkan dalam kegiatan seperti memasak atau membersihkan rumah.

Tanda Antusias :
Jika Dipta antusias, ia akan fokus melakukan suatu kegiatan tersebut dan tidak mudah terdistraksi. Matanya juga akan terlihat berbinar serta sesekali melihat ke arah pendampingnya (aku atau suamiku) dengan tersenyum. Ia pun tampak bersemangat dan tidak mau ketinggalan melakukan kegiatan tersebut.

3 Hal Hebat yang Pernah Dilakukan :
Beberapa hal hebat yang pernah ia lakukan adalah saat ia menunjukkan progress menggenggam pensil/kuas/krayon, kemudian mewarnai di dalam garis dan mulai bisa bercerita sedikit mengenai apa yang ia gambar.

Juga saat aku memercayakannya untuk ikut proses memasak, ia dapat mengikutinya mulai dari membuka telur dan mengocoknya sendiri, kemudian setelah itu ia memotong telurnya menjadi beberapa bagian menggunakan pisau.

Dipta tidak ragu untuk langsung turun tangan menangani masalah seperti misalnya saat mencuci motor bersama ayahnya dan melihat ayahnya belum membawa ember serta spons, ia akan langsung membawakannya untuk ayahnya.

Gores Kata Untuk Ananda :
Semangat ya, Nak, untuk terus mengeksplorasi apa yang menjadi minat dan bakatmu. Jangan menyerah saat menghadapi kesulitan karena dibalik kesulitan itu pasti ada kemudahan. Semoga Allah swt meringankan langkahmu untuk bertumbuh dan berkembang dengan sebaik-baiknya.

Semua Anak Adalah Bintang, Tantangan Hari Ke-1

Observasi Kegiatan Harian :

Hasil observasi Dipta hari ke-1

Nama : Dipta

Usia : 2 tahun 5 bulan

Periode Observasi : 1-10 April 2021

Nama Aktivitas (Hari Ke-1) :
Beberapa aktivitas yang aku lakukan bersama anakku dan aku amati terbagi menjadi 5 jenis kegiatan yaitu "Pengenalan Konsep Matematika", "Art and Craft", "Stimulasi Bahasa", "Exercise of Practical Life" dan "Keagamaan".

Dalam aktivitas "Pengenalan Konsep Matematika", anakku memainkan knob cylinder miliknya dengan metode double loop learning. Sejak ia sudah menguasai permainan tersebut dengan cara yang benar, ia mulai mengeksplorasi dengan melakukan manipulasi sesuai dengan imajinasinya. Aku mengamati ia sengaja menyalah-nyalahkan posisi dari knob cylinder, ia sendiri sadar bahwa yang ia lakukan tersebut salah. Ia akan berkata, "Eh salah!" ketika tidak memasukkan knob cylinder ke posisi yang tepat.

Ia juga mengambil beberapa knob cylinder dan mulai berimajinasi dengan mengandaikan ada yang berperan sebagai Papa, Mama, Aa dan adik. Aku melihat ia enjoy melakukan aktivitas ini dan menganggapnya dengan mudah dapat melakukan aktivitas ini. Sehingga bintang yang aku berikan adalah 2 bintang.

Saat melakukan aktivitas "Art and Craft", kali ini kami mencoba hal baru yaitu dengan mewarnai sendok plastik menggunakan cat air. Untuk segala hal yang berhubungan dengan art and craft, Dipta memang sedang semangat-semangatnya. Tentu saja ia bersemangat melakukan kegiatan ini, bahkan bisa fokus cukup lama mengeksplorasi dan mengerjakan sendiri saat aku sedang makan. Ia tampak enjoy dan melakukan kegiatan ini dengan mudah juga sehingga aku memberikan bintang 2 untuk aktivitas ini.

Selanjutnya, kegiatan yang aku lakukan untuk "Stimulasi Bahasa" adalah dengan bercerita mengenai peluru kendali yang ada pada pesawat boeing Raptor. Tentunya, media pembelajaran adalah dari buku. Ia sendiri yang memilih buku dan halamannya. Aku kemudian mengajaknya untuk menceritakan ulang dari apa yang telah aku jelaskan. Dipta juga tampak enjoy dan easy menceritakan tentang bagaimana peluru kendali bisa diluncurkan oleh pilot pesawat Raptor. Aku pun memberikan bintang 2 untuk kegiatan ini.

Berbeda halnya dengan kegiatan di area "Exercise of Practical Life" di mana saat ini Dipta masih pada fase Toilet Training dan aku sedang membiasakan dirinya untuk menggunakan pakaian sendiri. Meskipun selalu tampak ha-ha-hi-hi, bisa terlihat bahwa Dipta belum dapat menggunakan pakaiannya sendiri dengan mudah. Apalagi, hari ini tampak ia meminta banyak bantuan ketika harus menggunakan baju setelah mandi atau celana setelah buang air kecil di toilet. Aku memberikan bintang 1 untuk kegiatan ini.

Terakhir adalah aktivitas keagamaan. Hari ini, kami belajarhuruf Hijaiyah dengan menyanyi. Ia sendiri yang meminta aku untuk menemaninya bernyanyi huruf Hijaiyah sambil menari. Dipta tampak antusias dan melakukan kegiatan ini dengan enjoy dan sudah lumayan mudah melafalkan huruf-huruf Hijaiyah. Aku memberikannya apresiasi bintang 2 untuk hari ini.

Sekian catatan observasiku mengenai kegiatan Dipta hari ini guna menemukan minat dan bakatnya. Besok akan disambung lagi!

#harike-1
#tantangan15hari
#zona8bintang
#semuanakadalahbintang
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar