Kamis, 25 Maret 2021

5 Tips Memilih Apartemen Melalui Situs Properti


Memiliki tempat tinggal sendiri adalah impian setiap keluarga. Memiliki rumah pribadi dengan tanah yang luas dan bangunan yang menawan adalah dambaan hampir semua orang. Akan tetapi, terutama bagi mereka yang tinggal di sekitar Jakarta, Bandung dan banyak kota besar lainnya, saat ini yang mampu memiliki rumah pribadi dengan spesifikasi  di atas hanyalah mereka yang memiliki privilege.

Tidak heran, banyak pasangan suami istri terutama keluarga kecil yang tinggal di kota besar, memilih untuk menggunakan apartemen sebagai hunian bagi keluarganya bernaung. Dibandingkan dengan rumah, apartemen memiliki beberapa kelebihan yang membuat penghuninya merasa nyaman tinggal di sana, seperti misalnya :

Sumber : situsproperti.com

Keamanan Terjamin

Salah satu keunggulan tinggal di apartemen adalah sistem keamanan yang lebih maksimal. Misalnya saja, hanya yang memiliki kartu akses yang dapat masuk ke dalam wilayah apartemen. Kemudian, CCTV yang beroperasi penuh selama 24 jam dan terpasang di banyak titik. Tidak ketinggalan adanya security yang berjaga di beberapa lokasi untuk memantau keamanan lingkungan apartemen.

Fasilitas Lengkap dan Memadai

Tidak jarang apartemen menawarkan berbagai fasilitas yang dapat membuat penghuninya betah berada di dalam lingkungan apartemen. Tak jarang apartemen yang memiliki sport center di mana terdapat kolam renang serta gym, tempat bermain anak-anak, coffee shop bahkan restaurant atau food court, mini market, laundry dan lainnya.

Biasanya Dekat dengan Berbagai Akomodasi

Tentunya para developer apartemen akan memilih lahan yang strategis sebelum membangun apartemen guna memfasilitasi calon penghuni apartemen agar mudah menjangkau tempat-tempat seperti perkantoran dan pusat kota.


Sumber : situsproperti.com

Dengan banyaknya pembangunan apartemen, penawaran apartemen melalui situs properti pun meningkat. Di zaman sekarang ini, kita bukan hanya dapat membeli baju dan kosmetik saja secara online, hunian seperti apartemen pun dapat dicari dan diperjual belikan melalui "situs properti".

Oleh sebab maraknya penipuan yang mengatasnamakan situs properti, teman-teman yang sedang mencari hunian termasuk apartemen harus lebih bijak dan berhati-hati pada saat memilih apartemen di situs properti online.

Saat teman-teman masuk ke dalam situs yang bertuliskan "Jual Apartemen" maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk menyewa apalagi membeli apartemen pada situs tersebut :

Tetap Lakukan Survey Lokasi

Ketika teman-teman tergiur pada salah satu foto apartemen yang ditawarkan oleh sebuah situs properti, jangan terburu-buru mengambil langkah untuk langsung gercep membeli apartemen tersebut. Lakukan survey terlebih dahulu dan buat janji dengan agen di situs properti untuk melihat langsung hunian incaran teman-teman.

Memeriksa Agen atau Pemilik Properti

Tak kenal maka tak sayang, jadi jangan pernah langsung percaya pada sebuah situs properti apabila teman-teman tidak mengkroscek secara langsung mengenai agen dan pemilik properti (misalnya apartemen) tersebut.

Situs properti yang memiliki kredibilitas yang baik biasanya memiliki agen yang mudah dihubungi, dapat bertemu secara langsung, punya email dan website yang jelas dan memiliki kantor yang berbadan hukum.

Tidak Memberikan Data Pribadi

Sebelum teman-teman memastikan keaslian wujud bangunan yang akan teman-teman beli, bertemu dengan agen dan pemilik properti yang sebenarnya, jangan mudah memberikan informasi apapun mengenai data pribadi kalian. Contohnya saja nomor verifikasi kartu kredit, kartu identitas atau rekening bank milik teman-teman.

Jika ada agen properti yang meminta data-data pribadi seperti itu, sebaiknya teman-teman langsung meminta untuk bertatap muka dan berdiskusi lebih lanjut secara live tanpa perantara internet.

Harga Murah Bukan Jaminan

Beli hunian termasuk beli apartemen bukan seperti membeli baju atau sepatu di tanah abang yang harganya bisa miriiiing banget! Biarpun fitrah manusia ya, pasti tergiur melihat harga murah, jangan mudah percaya dengan penawaran properti seperti apartemen yang harganya jauh di bawah harga pasaran.

Jadi kalau ada penawaran harga apartemen yang tidak wajar di daerah yang strategis terutama di pusat kota dan dekat dengan mana-mana, sebaiknya teman-teman berhati-hati. Lakukan kroscek dulu secara detail mengenai informasi tersebut. Kalaupun pihak yang menawarkan mengiming-imingi dengan diskon khusus hanya sampai tanggal sekian, tetap stay cool dan cari tahu informasi sebanyak-banyaknya dulu!

Minta Bantuan Pihak Berwenang

Ada baiknya, saat memutuskan untuk membeli properti teman-teman menghubungi pihak yang berwenang untuk membantu mengurus keperluan dokumentasinya. Selain itu, adanya pihak berwenang yang bersama dengan teman-teman dapat meminimalisir resiko penipuan. Tentu saja, mereka yang sudah ahli di bidangnya pasti paham betul bagaimana sistem kerja jual beli properti yang seharusnya.

Perkara jual beli apartemen dan hunian melalui situs properti memang tidak semudah membeli mainan anak di online shop, ya. Banyak sekali hal yang perlu dipertimbangkan dan diperhatikan sebelum memilih sebuah situs untuk membeli hunian impian teman-teman.

Semoga informasinya bermanfaat dan jangan lupa untuk memilih situs properti yang terpercaya juga kredibel dalam memberikan pelayanan.

Sukabumi, 25 Maret 2021

Tidak ada komentar:

Posting Komentar