Jumat, 05 Februari 2021

Stimulasi Matematika dan Finansial, Tantangan Hari Ke-2


Assalammualaikum,

Hari ini adalah hari kedua aku menuliskan jurnal tantangan zona ke-6 di kelas Bunda Sayang Institut Ibu Profesional. Zona ke-6 ini mengangkat tema tentang "Stimulasi Kecerdasan Matematika dan Finansial". Sebuah tema yang membuatku cukup tertantang untuk menyelesaikannya dengan baik.

Kunci dari memperkenalkan konsep dasar matematika adalah mentransformasi simbol dan angka dan matematika yang merupakan bentuk abstrak ke bentuk yang konkret terlebih dahulu. Konsep konkret adalah segala sesuatu yang nyata dan dapat diinderai (menggunakan panca indera). Sedangkan konsep abstrak merupakan transformasi informasi yang berkaitan dengan objek konkret.

Beberapa contoh konep belajar matematika asyik antara lain adalah mengenalkan besar dan kecil, mengenalkan himpunan agar anak mampu mengklasifikasikan atau mengelompokkan benda sejenis, mengenal angka melalui objek konkret, belajar nama simbol tertulis dan menghitung abstrak secara sederhana.

Stimulasi Kecerdasan Matematika dan Finansial, Tantangan Hari Ke-2


Nama anak : Dipta

Usia : 2 tahun 3 bulan

Rencana Stimulasi :

Selama 5 hari ke depan, aku sebagai pendamping anak akan mengenalkan konsep dasar matematika mengenai perbedaan berbagai macam ukuran (panjang-pendek; tinggi-pendek; besar-kecil; luas-sempit, dan lainnya) menggunakan peralatan yang tersedia di rumah (atau luar rumah).

Aksi :

Hari ini, masih sama seperti kemarin aku dan anakku bermain menggunakan antena radio. Kali ini, aku memperkenalkan konsep lebih tinggi dan lebih pendek. Ketika antena dipanjangkan, anakku secara tidak sengaja berdiri di samping radio tersebut, kemudian aku terpikir untuk menjelaskan padanya kalau saat ia berdiri berdampingan dengan antena tersebut terlihat bahwa ia lebih tinggi dibandingkan dengan antena radio itu.

Dipta lebih tinggi dari antena radio

Selanjutnya, aku menjelaskan juga kalau antena yang ada disampingnya itu lebih pendek dari dirinya. Dengan kegiatan sederhana seperti ini, anakku dapat menangkap dengan cukup baik konsep dasar matematika ini.

Refleksi :

Satu alat sederhana (radio dengan antenanya) ternyata dapat digunakan untuk berbagai jenis pengenalan konsep dasar dan logika matematika. Anakku yang memang lagi senang-senangnya bermain dengan antena radio tersebut tentu gembira mendengar penjelasan dariku tentang siapa yang lebih tinggi dan mana yang lebih pendek.

Bintangku Hari Ini :

Hari ini karena aku dengan mudah mendapatkan ide untuk mengenalkan konsep dasar dan logika matematika pada anakku lalu anakku dengan antusias menerima apa yang aku sampaikan, jadi aku memberikan bintang 5 untuk hari ini.

#harike2
#tantangan15hari
#zona6stimulasimatematikafinansial
#pantaibentangpetualang
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar