Stimulasi Matematika dan Finansial, Tantangan Hari Ke-6


Assalammualaikum,

Hari ini adalah hari keenam aku menuliskan jurnal tantangan zona ke-6 di kelas Bunda Sayang Institut Ibu Profesional. Zona ke-6 ini mengangkat tema tentang "Stimulasi Kecerdasan Matematika dan Finansial". Sebuah tema yang membuatku cukup tertantang untuk menyelesaikannya dengan baik.

Sebelum masuk ke jurnal tantangan hari ini, aku ingin sedikit merangkum apa yang menjadi materi pembelajaran kami tentang "Stimulasi Kecerdasan Matematika dan Finansial". Kecerdasan finansial menurut para ahli adalah kemampuan seseorang untuk mendapatkan dan mengelola keuangan. Sesuai dengan konsep di Ibu Profesional, uang merupakan bagian kecil dari rezeki. Mengelola keuangan sama dengan kita belajar untuk bertanggung jawab terhadap rezeki yang Allah berikan.

Kecerdasan finansial ini perlu ditumbuhkan pada anak-anak dengan cara memahami konsep "rezeki itu pasti, kemuliaan lah yang harus dicari,". Ketika anak-anak sudah paham dengan konsep tersebut, maka kita perlu memberikan stimulasi untuk kecerdasan finansialnya.

Stimulasi Kecerdasan Matematika dan Finansial, Tantangan Hari Ke-6


Nama anak : Dipta

Usia : 2 tahun 3 bulan

Rencana Stimulasi :

Selama 5 hari ke depan, aku sebagai pendamping anak akan mengenalkan konsep finansial melalui kegiatan membaca nyaring (read aloud) dari e-book yang sudah diberikan oleh Kakawi di zona ke-6 ini.

Aksi :

Hari ini, aku membacakan e-book yang berjudul "Penghapus Rama" yang ditulis oleh Evi Z. Indriani dan digambar (ilustrasi) oleh Fanny Santoso. E-book ini diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan dari Departemen Literasi dan Inklusi Keuangan.

Meskipun tulisan dalam e-book ini tidak banyak, namun halamannya lumayan banyak yatu 30 halaman. Di tengah-tengah membaca bersama, anakku tampak bosan dan kabur-kaburan. Hehe. Namun, pada saat melihat ada gambar kue ulang tahun di dalam e-book tersebut, ia tampak senang dan kembali fokus untuk ikut membaca.

Refleksi :

Walaupun tidak fokus mendengarkan Mama membaca nyaring untuk dirinya, setidaknya ada beberapa bagian dimana anakku tampak tertarik mendengarkan dan membaca pertama. Mengenalkan konsep dasar finansial pada anak usia dini memang tidak mudah karena anak belum paham betul yang mana kebutuhan dan yang mana keinginan. Konsep finansial ini harus dikenalkan dengan cara yang menarik, karena anakku gemar membaca buku jadi aku memilih kegiatan read aloud ini untuk mengenalkan konsep membeli dan menyimpan uang.

Bintangku Hari Ini :

Aku memberikan bintang 4 untuk diriku sendiri karena sepertinya masih ada hal-hal yang perlu diperbaiki dalam melakukan read aloud mengenai finansial ini agar anakku lebih tertarik saat membaca buku tersebut.

#harike6
#tantangan15hari
#zona6stimulasimatematikafinansial
#pantaibentangpetualang
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional

Posting Komentar

0 Komentar