Selasa, 09 Februari 2021

Review Asus ZenFone Max Pro M1


Setelah hampir empat tahun aku menggunakan handphone milikku saat ini, aku merasakan adanya penurunan performa dari handphone yang sebenarnya sudah senantiasa menemaniku kemana-mana. Ia sudah kubawa menjelajah Labuan Bajo hingga berpetualang ke Singapura dan Malaysia. Saat ini, handphone-ku mulai cepat panas dan baterainya tidak lagi bertahan lama, kecepatan loading-nya pun mulai melambat, padahal sebagian besar pekerjaanku termasuk menulis sering kali aku lakukan dengan menggunakan handphone.

Aku kemudian terpikir untuk mulai mencari pengganti handphone milikku yang sekarang, bukannya sudah tidak sayang lagi, akan tetapi kebutuhanku akan performa handphone yang baik serta kapasitasi memori internal sudah tidak sanggup lagi diberikan oleh handphone-ku saat ini. Setelah mencari-cari berbagai informasi mengenai smartphone terkini dengan spesifikasi yang aku inginkan, sampailah pada nama Asus ZenFone Max Pro M1.

Perlu diketahui bahwa Asus ZenFone Max Pro M1 merupakan generasi terbaru dengan spesifikasi yang mumpuni. Dengan demikian, kita bisa melakukan berbagai aktivitas lebih mudah dengan menggunakan handphone ini. Lalu, apa saja spesifikasi Asus ZenFone Max Pro M1 yang membuatku penasaran dan tertarik ini? Untuk lebih jelasnya, yuk kita baca bersama ulasannya :

Asus ZenFone MaxPro M1
Asus ZenFone Max Pro M1 (blibli.com)

Desain yang Kokoh

Dari segi desain Asus ZenFone Max Pro M1 ini sebenarnya tidak banyak berubah, hanya saja letak marea belakangnya yang berubah menjadi vertikel. Meskipun mempunyai baterai dengan kapasitas sangat besar dan mempunyai layar yang luas, tetapi tidak membuat smartphone ini terasa berat. Selain mempunyai 2 slot simcard, Asus ZenFone Max Pro M1 ini juga mempunyai slot khusus microSD. Untuk bodinya sendiri, Asus ZenFone Max Pro M1 mempunyai bodi yang solid dan kokoh yang berbalut dengan logam aluminium di seluruh bodinya.

Layar yang Luas Dan Tajam

Smartphone yang satu ini memiliki layar dengan IPS 6 inchi dengan ratio 18:9, smartphone ini memiliki bentuk yang memanjang (wide) dengan sudut-sudut yang membulat (rounded). Untuk layar IPS 6 inchi berdesain bezelless, yang dapat membuat smartphone ini terasa pas untuk dipakai, terasa pas dan lega. Asus ZenFone Max Pro M1 juga mempunyai layar dengan resolusi layar yang sudah Full HD 2160 x 1080 MP yang tajam dengan warna yang cemerlang, sehingga cukup jelas meskipun dipakai di luar ruangan. Smartphone ini juga telah dilapisi dengan antigores Gorilla Glass, dan ada juga lapisan yang membuat layar tidak mudah kotor oleh jari, keringat atau minyak.

Antarmuka Pure Android

Kelebihan lainnya dari handphone ini adalah dilengkapi dengan tombol fisik untuk navigasi yaitu menggunakan On Screen Display atau tombol navigasi virtual di layar, yang letaknya di sisi terbawah layar dengan pilihan "Back", "Home" dan "Recent Apps" serta "Split Screen". Sehingga jika sedang memainkan sebuah aplikasi, navigator bar ini bisa disembunyikan atau tetap ditampilkan agar memberi tampilan layar yang lebih luas. Untuk cara mengaktifkan navigation bar ini, bisa dengan cara menggeser (swipe) layar ke arah atas.

Mempunyai Audio yang Jernih

Smartphone Android yang satu ini memiliki speaker mono di bawah sebelah kanan, dengan posisi speaker di bawah akan membuat suaranya tidak terdengar teredam dan bisa terdengar lebih nyaring dan kualitas suara yang memuaskan, jernih dengan bass yang memadai. Asus ZenFone Max Pro M1 tidak seperti ZenUi yang mempunyai pengaturan audio khusus, smartphone ini tidak memiliki Outdoor Mode dan Setting Audio. Jack audio 3,5 mm ada di sisi bawah, lokasi tersebut lebih disukai karena kabel earphone tidak ribet dibandingkan jika ditaruh di atas. Sayangnya, tidak ada earphone di paket penjualan Asus ZenFone Max Pro M1, sehingga kita harus membelinya secara terpisah.

Dual Kamera yang Bagus

Smartphone Android buatan Asus ini juga dilengkapi dengan dual kamera di sisi belakang dan satu kamera di depan. Dual kamera belakang ini terdiri dari kamera 13 MP (f/2.0, phase detection autofocus) dan kamera wide 5 MP (tanpa autofokus), dilengkapi juga dengan LED Flash di bagian belakang dan bagian depan. Untuk kamera depan beresolusi 8 MP dan wide angle yang dilengkapi dengan flash, kamera depan dan belakang juga mempunyai fitur HDR, Effect, Redeye Reduction, Beauty Shot, Continuous Shot, Scene Mode juga Potrait Mode yang menghasilkan efek bokeh dengan hasil bagus dan rapi.

Asus ZenFone Max Pro M1 tampak depan
Futuristic design of Asus ZenFone Max Pro M1 (blibli.com)

Setelah mengetahui review beserta spesifikasi dari Asus ZenFone Max Pro M1, sepertinya handphone ini memenuhi semua kriteria yang dapat membuatku lebih mudah dalam menjalankan aktivitas dan pekerjaanku. Harga yang ditawarkan dari Asus ZenFone Max Pro M1 pun cukup terjangkau yaitu sekitar 2 jutaan saja loh! Sehingga tidak terlalu menguras kantong terlalu dalam, kita sudah bisa mendapatkan handphone yang memiliki spec terkini dengan kualitas yang baik.

Semoga informasinya bermanfaat bagi yang membutuhkan!

Yogyakarta, 9 Februari 2021

30 komentar:

  1. Dulu suami pernah pake asus zenfone. Emang bagus kamera nya loh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang handphone asus lumayan terkenal sama kameranya ya, Bun..

      Hapus
  2. Masih membayangkan fitur split screen. Seperti apa ya ...
    HPnya mumpuni, harganya terjangkau. Oke banget Asus Zenfone Max Pro ini ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk harga segitu dengan kualitas dan speknya ya oke lah yaa nggak mengecewakan

      Hapus
  3. Asus ZenFone Max Pro M1 jadi incaran aku juga iniii
    harganya ramah kantong banget ya
    semoga suatu saat bisa punyaaa

    BalasHapus
  4. Agak sensi nih baca tulisan ASUS. Beberapa kali ikutan lombanya kalah terus, hihihihi....

    Kalau handphonenya aku kirang berjodoh, tp kalau laptopnya tahan banting banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haaa jangan patah semangat mba. Coba terus ikut lombanya lagi. Hehe..

      Hapus
  5. Harganya lumayan terjangkau ya mbak dengan spek yang di miliki cukup membuat puas.

    BalasHapus
  6. Saya kurang serasi dengan hp asus. Tahun 2016, saya pakek. Sayang saya tak paham spesifikasinya seperti apa. Baru 4 bulan beli, baterainya tak bisa dicas lagi. Tak masuk arusnya. Dicoba bawa ke tukang servis. Eh sakitnya tambah parah. Maaf ya Mbak Ima. Semoga keluhan ini bisa sampai pada sang pemilik produk. Tetapi laptopnya super bagus. Saya beli Maret 2013, sampai sekarang masih sehat. Cuman kyboardnya pernah ganti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya kalau laptopnya memang tidak diragukan lagi. Saya pun pake asus nih..

      Hapus
  7. Dulu memilih hp itu yang penting bisa moto, WA, buka sosmed, tapi sekarang mungkin harus ditingkatkan speknya untuk menunjang kerjaan juga, dari segi moto ya gak hanya bisa moto aja, tapi ada beberapa fitur untuk mengedit foto yang sudah disertakan didalamnya. Dan ternyata setelah mengenal dunia kerja dalam digital, penting sekali mengetahui spek ya mbak ima..... Anyway zenfone ASUS ini harga 2 jutaan? dapet hp cakep gini ya....mau banget lah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terjangkau yaa dan kualitasnya sudah lumayan nih mumpuni..

      Hapus
  8. aku penasaran juga sama fitur split screen. Kalau di desktop mungkin seperti menyembunyikan bar yang di bawah itu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi mba. Tapi kalo d hpku yg sekarang sih jd dy bisa buka 2 apps dalam 1 layar gitu..

      Hapus
  9. Lumayan lengkap dan bagus ya ponselnya, apalagi harganya juga cukup terjangkau. Kayaknya bisa dipertimbangkan untuk dimiliki hehehe kebetulan anak yang paling besar lagi perlu hp baru. Thanks buat reviewnya Mbak.

    BalasHapus
  10. Sekarang rata-rata ponsel gak disertai earphone dan kudu beli sendiri secara terpisah ya. Entah berkaitan dengan kebijakan pengurangan sampah elektronik atau penghematan produksi dan efisiensi karena situasi ekonomi. Sama kayak yang lain, aku pun kepo sama fitur split screen. Itu kayak apa ya? Mungkin muncul dua layar berbeda kali ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa buka 2 apps dalam 1 layar mba. Jadi bisa chatting sambil nonton drakor. Hehe..

      Hapus
  11. Kalau kata suami, gadget itu lifetimenya maksimal 3 tahun. Kalau sudah lebih dari itu, mulailah performanya turun.
    Jadi uda bener, kak... Ganti ZenFone Max Pro M1 yang kece banget ini... ^^

    BalasHapus
  12. Asus ZenFone Max Pro M1 INI keren banget sih kak, speknya mumpuni banget ya... Jadi idaman banget nih

    BalasHapus
  13. Doajn bisa beli hape baru ya.. thanks review Asus-nya

    BalasHapus
  14. Aku pernah pake asus sebelum di lem biru. 4 tahun pake asus dan ga ada masalah sama sekali. Emang kuat asus itu, paling kalah hanya di baterei tapi wajarlah 4 tahun itu bukan waktu yg sebentar utk hp mampu bertahan. Ah jadi pengen beli asus lagi nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya sudah 4 tahun menemani suka dan duka, sedih juga kalo mau ganti sebetulnya nih..

      Hapus
  15. Cocok nih untuk mom bloger dan influencer kamera duo nya sangat membantu ya kak, pengen juga punya asus zenfone max pro.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul boleh dicoba mba kalo memang berminat. Hihi..

      Hapus