Senin, 11 Januari 2021

Project Literasi, Tantangan Hari Ke-5


Halo teman-teman petualang!

Hari ini memasuki hari ke-5 tantangan zona 5 kelas Bunda Sayang Institut Ibu Profesional untuk project literasi. Rencananya di hari pertama sampai ke-5 nanti, aku akan rutin membacakan dengan nyaring beberapa buku yang ada di rumah untuk Dipta.

Usia Dipta saat ini 2 tahun, sehingga kegiatan pra-membaca yang tepat untuk anak seusianya salah satunya adalah read aloud.

Di zona 5 kali ini, fokusnya adalah tentang pembentukan karakter melalui stimulasi baca tulis dan literasi digital. Aku akan merangkum sedikit materi yang telah diberikan sebagai dasar untuk mengerjakan tantangan di zona 5 ini.

Materi ini adalah mengenai peran orang tua dalam membangun minat literasi baca tulis serta literasi digital pada anak-anak. Terutama anak-anak usia dini yang sedang berada dalam periode sensitif terhadap bahasa, stimulasi yang optimal akan membantu anak mempermudah pembelajarannya terutama di bidang literasi kelak.

Ada beberapa cara stimulasi yang bisa orang tua lakukan pada anak-anaknya untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap literasi baca tulis dan literasi digital, hal-hal tersebut adalah :

1. Read Aloud
Read aloud adalah kegiatan membaca nyaring bersama dengan anak-anak, kegiatan ini dipercaya dan sudah terbukti menumbuhkan minat literasi pada anak-anak usia dini saat usia mereka sudah memasuki tahap belajar membaca dan menulis.

2. Mendongeng atau bercerita (Story Telling)
Kegiatan ini juga salah satu kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuan berbahasa anak. Bedanya mendongeng atau bercerita dengan kegiatan nomor satu adalah kegiatan ini dilakukan tanpa membaca buku dan terkadang menggunakan alat peraga agar anak-anak lebih tertarik untuk menyimak.

3. Menyajikan aneka jenis buku bacaan
Pilihlah buku bacaan yang sesuai dengan usia anak-anak sehingga anak akan lebih menyerap dan menangkap apa yang ada di dalam buku bacaan dan tidak terlalu lelah.

4. Membuat karya literasi
Bisa dengan membuat cerpen, puisi maupun jurnal harian dan karya-karya literasi lainnya.

5. Menumbuhkan kebiasaan membaca buku
Bisa dimulai dengan membuat jadwal membaca per hari, per pekan dan per bulan. Hendaklah jadwal tersebut dirutinkan dan dibiasakan.


Project Literasi - Tantangan Hari Ke-5




Project :

Read Aloud

Nama : Dipta
Kelompok Usia Pondok : 0 - 6 tahun

Rencana Project :

Setiap hari selama 5 hari ke depan, Dipta akan memilih sendiri buku bacaan yang akan dibacakan oleh aku sebagai pendampingnya. Kegiatan ini akan didokumentasikan melalui Podcast i_maesha.

Sumber Referensi dan Media Digital :

Buku cerita atau buku bergambar untuk anak-anak yang ada di rumah nenek karena saat ini Dipta sedang berada di rumah neneknya.

Aktivitas Harian :

Hari ini, aku membacakan buku eknsiklopedia milikku saat kecil dulu berjudul Mengenal Ilmu Samudera "Suhu Samudera" yang ditulis oleh Joy Palmer dan diterbitkan oleh penerbit GROLIER.


Kegiatan read aloud hari ini aku dokumentasikan melalui rekaman podcast di link berikut ini : Read Aloud Mengenal Ilmu Samudera, Suhu Samudera.

Refleksi :

Pada awalnya Dipta sangat bersemangat untuk membaca buku, namun di tengah-tengah saat aku membaca buku Dipta mulai terlihat tidak fokus dan bosan (padahal baru sekitar 2 menit). Haha. Akhirnya, kegiatannya tidak aku teruskan dan lebih baik mencari waktu lain yang pas untuk membacakan buku lagi.

#Harike-5
#Tantangan15hari
#Zona5MembangunKarakter
#StimulasiLiterasiBacaTulis
#StimulasiLiterasiDigital
#PantaiBentangPetualang
#InstitutIbuProfesional
#PetualangBahagia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar