Minggu, 10 Januari 2021

Project Literasi, Tantangan Hari Ke-4


Halo teman-teman petualang!

Hari ini memasuki hari ke-4 tantangan zona 5 kelas Bunda Sayang Institut Ibu Profesional untuk project literasi. Rencananya di hari pertama sampai ke-5 nanti, aku akan rutin membacakan dengan nyaring beberapa buku yang ada di rumah untuk Dipta.

Usia Dipta saat ini 2 tahun, sehingga kegiatan pra-membaca yang tepat untuk anak seusianya salah satunya adalah read aloud.

Di zona 5 kali ini, fokusnya adalah tentang pembentukan karakter melalui stimulasi baca tulis dan literasi digital. Aku akan merangkum sedikit materi yang telah diberikan sebagai dasar untuk mengerjakan tantangan di zona 5 ini.

Rangkuman materi yang akan aku tuliskan sebelum mulai menulis jurnal tantangan di hari ke-4 ini adalah mengenai literasi digital. Literasi digital adalah alat pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi atau jaringan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat dan patuh hukum dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk menyikapi tantangan yang muncul di era digital saat ini, dibutuhkan keterampilan untuk menyikapi teknologi yaitu dengan cara :
1. Keluarga sebagai subjek, dan teknologi sebagai media.
2. Memberikan landasan mental dan spiritual yang kuat.
3. Memahami kelebihan, keterbatasan dan kelemahan teknologi.
4. Menetapkan fungsi dan tujuan dari penggunaan teknologi untuk pribadi dan keluarga.
5. Melatih pola pikir skeptis.


Project Literasi - Tantangan Hari Ke-4




Project :

Read Aloud

Nama : Dipta
Kelompok Usia Pondok : 0 - 6 tahun

Rencana Project :

Setiap hari selama 5 hari ke depan, Dipta akan memilih sendiri buku bacaan yang akan dibacakan oleh aku sebagai pendampingnya. Kegiatan ini akan didokumentasikan melalui Podcast i_maesha.

Sumber Referensi dan Media Digital :

Buku cerita atau buku bergambar untuk anak-anak yang ada di rumah nenek karena saat ini Dipta sedang berada di rumah neneknya.

Aktivitas Harian :

Hari ini, aku membacakan buku eknsiklopedia milikku saat kecil dulu berjudul Mengenal Ilmu Samudera "Makhluk Luar Biasa" yang ditulis oleh Joy Palmer dan diterbitkan oleh penerbit GROLIER.
 

Kegiatan read aloud hari ini aku dokumentasikan melalui rekaman podcast di link berikut ini : Mengenal Ilmu Samudera Makhluk Luar Biasa.

Refleksi :

Walaupun pada awalnya ada beberapa hal yang membuat Dipta tidak fokus saat aku bacakan buku, alhamdulillah kegiatan read aloud pada hari ini dapat dilakukan sampai selesai. Hari ini, Dipta cukup tertarik dengan gambar-gambar yang ada di dalam bab pembahasan 'makhluk luar biasa' seperti kepiting dan gurita. Hal ini membuat ia terus mengikuti kegiatan read aloud yang kami lakukan bersama-sama.

Semoga besok kami bisa melakukan kegiatan read aloud ini dengan lebih gembira dan seru.

#Harike-4
#Tantangan15hari
#Zona5MembangunKarakter
#StimulasiLiterasiBacaTulis
#StimulasiLiterasiDigital
#PantaiBentangPetualang
#InstitutIbuProfesional
#PetualangBahagia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar