Sabtu, 05 Desember 2020

Gaya Belajar dan Stimulasi Kreativitas, Tantangan Hari Ke-10

    


Hari ini adalah hari ke-10 menuliskan jurnal tantangan 15 hari dari zona keempat di kelas Bunda Sayang Institut Ibu Profesional. Banyak sekali pelajaran yang bisa aku ambil dengan menuliskan jurnal seperti ini. Banyak juga hal yang bisa menjadi refleksi pembelajaran maupun menyimpan kenang-kenangan dalam membersamai anak selama ini.

Aku memang masih baru sebagai orang tua, perjalananku baru dua tahun lebih satu bulan dalam membersamai anak. Namun, semoga dengan menuliskan jurnal-jurnal harian ini, meskipun untuk menyelesaikan tantangan kelas Bunda Sayang Ibu Profesional, aku harap banyak pelajaran yang bisa aku simpan di dalam tulisanku sehingga ke depannya aku bisa mengambil manfaat dan belajar dari pengalamanku hari ini.

Gaya Belajar dan Stimulasi Kreativitas - Tantangan Hari Ke-10



Nama : Dipta

Aktivitas Hari Ini : Move the Truck

Proses Kreativitas :


Hari ini, Dipta bermain koleksi truk mini miliknya. Sebenarnya truk tersebut sudah tersimpan dengan rapi di rak mainannya namun ia bolak balik memindahkan truk tersebut sambil menghitungnya. Kegiatan ini termasuk dalam open-ended play karena tidak ada aturan main dan anak bebas bermain sesuai dengan imajinasinya.

Tujuan Belajar :

IC (Intelectual Curiosity)
- Penasaran untuk menjalankan truknya di sisi rak mainannya, kemudian menjalankannya di bagian tengah rak untuk mengambil perbandingan.
- Penasaran untuk menghitung berapa jumlah truk yang ia miliki dengan cara menghitungnya bolak-balik.

CI (Creative Imagination)
- Memikirkan dan membayangkan truk tersebut berjalan di jalan yang sebenarnya atau membayangkan sesuatu mengenai cara kerja dan cara truk berjalan sesuai dengan imajinasinya.

AD (Art of Discovery)
- Menemukan bahwa mainan truknya berjumlah 5 buah setelah menghitung berulang kali.
- Menemukan bahwa truk mainannya bukan hanya dapat dijalankan di lantai tapi juga di permukaan bidang lain.

NA (Noble of Attitude)
- Tidak melempar-lempar mainan truknya.
- Kembali menyimpan mainannya ke tempatnya seperti sedia kala.

Refleksi :
Dipta sangat senang melakukan kegiatan ini. Dari yang aku amati, ia memang sedang senang bermain menggunakan mainan transportasi yang termasuk alat berat juga sedang senang-senangnya berhitung. Kegiatan ini cocok sekali untuk mengembangkan kreativitas dan imajinasinya.

Imawati Annisa Wardhani
Regional Sukabumi

#harike10
#tantangan15hari
#zona4gayabelajarstimulasikreativitas
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar