Rabu, 07 Oktober 2020

Kemandirian, Tantangan Hari Ke-7


Sudah sampai hari ke-7 di tantangan zona ke-2 yaitu Melatih Kemandirian Anak bersama kelas Bunda Sayang Institut Ibu Profesional batch 6. Tepat di hari Rabu ini, ada materi baru mengenai melatih kemandirian anak dalam mengambil keputusan.

Dalam materi tersebut dijelaskan pentingnya mengajarkan anak untuk mengambil keputusan sejak dini. Keputusan sederhana seperti memilih pakaian dan memilih untuk makan dulu atau membereskan mainan terlebih dahulu bisa membentuk anak menjadi pribadi yang percaya diri serta mampu mengambil keputusan yang terbaik untuk hidupnya kelak.

Beberapa hal yang dapat dilakukan orang tua untuk melatih kemandirian anak dalam mengambil keputusan antara lain dengan :

1. Meningkatkan rasa percaya diri anak
Caranya adalah dengan memotivasi dan mengapresiasi ketika anak berhasil mengambil keputusannya sendiri. Misalnya ketika ia sudah memilih pakaian yang akan ia kenakan, orang tua dapat menghargai keputusan anak.

2. Meletakkan keputusan pada yang akan menjalani
Saat anak beranjak dewasa, orang tua dapat melibatkan anak dalam memilih sekolah yang ia inginkan dengan segala konsekuensi dan resiko yang sudah dijelaskan dan dipahami oleh anak. Orang tua boleh memberikan arahan dan pendampingan, namun tetap harus mendengarkan dan menghargai apa yang anak pilih.

3. Melatih prosedur pengambilan keputusan
Ada 5 prosedur sebelum mengambil keputusan. Pertama adalah mengidentifikasi masalah, kedua pengumpulan serta analisis data yang terkait, ketiga pengembangan dan evaluasi alternatif termasuk di dalamnya pertimbangan konsekuensi serta resiko, keempat adalah pemilihan alternatif pilihan, terakhir adalah implementasi dari keputusan yang sudah dipilih.

4. Melatih manajemen resiko
Mengenalkan beberapa resiko yang mungkin terjadi dari berbagai pilihan yang ada sehingga anak memiliki gambaran apa yang akan terjadi jika memilih pilihan-pilihan tersebut.

5. Menerima keputusan
Jika memang anak sudah mengambil keputusan dan orang tua pun menganggap keputusan tersebut baik untuk anak, orang tua harus menerima keputusan anak dengan perasaan legowo dan ridho. Karena keberhasilan seorang anak tentunya berdasarkan ridho orang tua.

6. Memberi dukungan
Selalu dukung pilihan yang sudah dibuat oleh anak dan tetap mendukung saat anak menerima resiko apapun dari pilihan yang sudah ia buat.

Setelah merangkum materi yang disampaikan hari ini, sekarang saatnya untuk menulis jurnal harian tantangan zona ke-2 di hari ke-7.

Melatih Kemandirian Anak - Tantangan Hari Ke-7


Temuanku

Usia anakku saat ini 23 bulan dan target kemandirian yang ingin aku latih hari ini adalah membereskan mainan yang telah selesai ia gunakan lalu meletakkan kembali di rak mainan.

Hari ini, seperti biasa di pagi hari anakku sudah sibuk mengeluarkan berbagai mainannya dari rak mainan. Saat ia akan kembali mengeluarkan mainan yang lain, aku memintanya untuk membereskan mainan yang sudah berserakkan di lantai terlebih dahulu.

Saat diminta seperti itu, ia hanya diam memperhatikan diriku. Aku kemudian berkata padanya, "Ayo pompomnya kita masukin sama-sama ke wadah, ya?" selanjutnya aku memberikan contoh sambil berkata, "Yeaay!" saat pompom mainannya satu per satu masuk ke dalam wadah.

Ternyata ia tertarik untuk mencoba dan melakukan hal yang sama hingga tidak ada lagi pompom yang berserakkan di lantai.

Strong Why

Alasan utamaku ingin melatih kemandirian ini pada anakku adalah karena aku ingin ia belajar bertanggung jawab membereskan mainan yang sudah selesai ia gunakan agar rumah tidak berantakan sepanjang hari. Selain itu, agar saat ia ingin kembali bermain ia dapat dengan mudah menemukan mainannya karena sudah tersusun rapi di rak mainannya.

Strategi Untuk Melatih Kemandirian

Membersamai dan mendampinginya selama proses membereskan mainannya serta memberikan contoh beres-beres mainan lalu mengembalikannya ke rak mainan.

Sukses Apa Aku Hari Ini?

Anakku dengan sukarela membereskan mainannya dan menata sendiri ke rak mainannya.

Tantanganku Hari Ini

Mempersiapkan diri untuk menerima penolakkan yang ternyata tidak terjadi. Hehe.

Ingin Sukses Apa Esok Hari?

Esok hari aku masih akan mencoba melatih anakku untuk bisa merapikan mainannya dan meletakkannya kembali ke rak setelah ia selesai bermain.

Rasaku dan Respon Ananda

Hari ini aku merasa cukup senang karena anakku dengan senang hati mau membereskan mainan yang sudah selesai ia gunakan.

Imawati Annisa Wardhani
Regional Sukabumi

#harike-7
#tantangan15hari
#zona2kemandirian
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar