Menjadi Penyanyi Sekaligus Aktris, Why Not?

By Imawati A. Wardhani - September 02, 2020



Tulisan kali ini membuka pekan pertama bulan September sebagai tulisan untuk tantangan bersama teman-teman Drakor dan Literasi. Masuk ke topik ke-26, pembahasan yang diusung adalah tentang aktor atau aktris yang multitalenta.

Seiring dengan berkembang pesatnya industri musik dan perfilman di Korea Selatan, banyak idol-idol Kpop yang mencoba menjajaki dunia perfilman termasuk drama Korea.

Ada yang langsung diakui bakat aktingnya dan mendapat lebih banyak tawaran bermain peran dalam judul lain, ada pula yang selangkah demi selangkah maju demi semakin terkembangnya sayap mereka di dunia keartisan di Korea Selatan sana.

Kalau beberapa waktu lalu aku membahas tentang oppa-oppa good looking dengan bakat akting yang luar biasa, kali ini aku akan membahas cewek-cewek asal negeri ginseng yang mukanya asa seliweran dimana-mana, baik di ranah Kpop maupun drama Korea.


IU

Jauh sebelum tau IU juga merupakan seorang aktris peran, aku tau IU sebagai idol Kpop terlebih dahulu. Sebagai seorang penyanyi, suara IU rasanya tidak perlu dipertanyakan lagi. Lagu-lagunya pun banyak yang hits di Korea Selatan sana, meskipun aku tidak mengikuti karya-karya musiknya.

Pertama kali melihat IU berakting dalam drama adalah saat menonton Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo, ternyata neng ayu (read : IU) ini boleh juga kemampuan aktingnya. Wajahnya yang cantik dan imut, bikin adem dan betah saat menonton drama (visual is a must!)

IU dalam Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo
Source : pinterest
IU yang memiliki nama asli Lee Ji Eun ini memang pantas disebut sebagai wanita multitalenta. Bukan hanya seorang penyanyi, IU juga seorang komposer, aktris, pemain gitar, penari dan pembawa acara televisi alias MC. Beuh! Semua diembat.


Semua kerja keras yang IU lakukan di bidang entertainment berbuah banyaknya penghargaan yang ia terima dari berbagai ajang. Go girl!

Suzy (Miss A)

Berbeda dengan IU yang kukenal lebih dulu sebagai penyanyi, aku mengenal Suzy pertama kali saat ia membintangi drama Korea berjudul Big. Kesan pertama melihatnya, cantik bangeeeet!

Pendapatku ini memang sulit ditampik. Suzy sendiri mendapat julukan Nation's First Love alias cinta pertama se-nasional Korea Selatan. Haha. Menurut berbagai pendapat, aura yang terpancar dari Suzy membuat siapapun yang melihatnya auto terpesona.

Sebelum bermain peran, Suzy ternyata lebih dulu mendalami dunia tarik suara dimana ia menjadi salah satu personil girlgroup Miss A yang sempat tenar pada masanya. Nama Suzy pun sangat lekat dengan Miss A, sehingga dimana pun ia berada orang-orang sering menyebutnya Suzy Miss A.

Suzy dalam While You Were Sleeping
Source : pinterest
Dalam bidang seni peran, ternyata akting Suzy cukup diperhitungkan. Dengan beberapa serial drama yang ia mainkan, juga beberapa penghargaan yang ia peroleh berkat aktingnya dalam drama yang ia perankan. Salah satunya saat ia membintangi drama While You Were Sleeping dimana ia mendapat penghargaan Baeksang Arts Awads for Most Popular Actress di tahu  2018 lalu. 

Sukses terus ya, Sist!

Yoona (SNSD)

Pertama kali melihat Yoona selain menyanyi dan menari bersama SNSD adalah saat menonton drama Korea bertajuk Love Rain. Ingat sekali kesan awalku saat itu, udahlah bener jadi idol aja daripada akting! Haha, jahad.

Entahlah, aku melihat akting Yoona saat itu biasa cenderung lempeng. Aku pun tidak menyelesaikan drama tersebut hingga tamat. Namun, makin kesini Yoona ternyata makin sering menapaki karirnya di bidang seni peran diantaranya dengan bermain dalam drama Prime Minister and I dan The K2.

Yoona dalam The K2
Source : pinterest
Setelah menonton film Korea berjudul Exit, aku sadar bahwa kualitas peran Yoona sangat berkembang dibandingkan dengan saat ia bermain dalam Love Rain. Saat ini, namanya dalam dunia akting pun tidak kalah melejit dengan namanya saat ia sedang menjadi personil SNSD. Daebak!


Eunji (A-Pink)

Dalam girlgroup A-Pink, Eunji memegang peran vital sebagai leader sekaligus lead vocalist. Cewek satu ini memang terkenal dengan suara merdunya yang bisa mencapai nada-nada tinggi tanpa fals.

Nama Eunji A-Pink kemudian membuatku tertarik untuk menonton beberapa drama Korea yang ia bintangi seperti Reply 1997 dan Trot Lovers.

Eunji dalam Trot Lovers
Source : pinterest
Ternyata, selain kedua drama tersebut Eunji juga cukup aktif dalam dunia seni peran seperti menerima tawaran bermain dalam drama-drama lainnya yaitu Reply 1994, That Winter The Wind Blows, hingga yang teranyar adalah Backstreet Rookie meski hanya sebagai cameo.

Selain suaranya yang diakui, ia juga diakui sebagai aktris yang namanya mulai tidak diragukan.

Itulah keempat wanita-wanita multitalenta asal Korea Selatan. Tiga diantara mereka lebih muda usianya daripada diriku, satu lagi hanya setahun di atas usiaku. Tapi, karier mereka dalam bidang yang menjadi passion-nya betul-betul jauh tinggi melambung.

Patut memang dijadikan contoh agar kita senantiasa menekuni apa yang menjadi minat serta mengasah sesuatu yang dasarnya menjadi bakat kita. Be your self and reach your dreams!

Sukabumi, 3 September 2020

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. Yang aku suka aktingnya cuma IU.
    Heuheu...memang berat jadi idol yang full package gini yaa.. Gak mudah menekuni dan kuat di semua entertain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. IU betul2 multitalenta ya, Mba. Yang lain kayak'y merambah dunia drama krna girlband makin beregenasi sama yg masih daun muda. Wkwk..

      Hapus