Rabu, 17 Juni 2020

Menelaah Diri Sendiri Melalui Misi Connecting The Dots

Sampai pada misi penyelaman kesekian dari perjalanan bersama teman-teman Matrikulasi Institut Ibu Profesional batch 8. Minggu lalu, aku berhasil menyelesaikan misi mengenai Karakter Moral Ibu Profesional dan sukses memboyong permata emerald dari dasar laut.

Kali ini, tantangan semakin sulit. Kami ditugaskan untuk menghubungkan titik-titik dengan menjawab pertanyaan seputar diri sendiri. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, benar-benar dibutuhkan pendalaman untuk lebih mengenali diri sendiri.

Nah loh! Tak kenal maka tak sayang, agar bisa menjadi ibu bahagia yang menyayangi dirinya sendiri tentu aku harus mengenal seperti apa sebenarnya diriku ini.

Setelah merenungi pertanyaan-pertanyaan di atas, aku akan mencoba menjawabnya satu per satu :

Seperti apa aku ini?
Aku adalah seorang perfectionist yang mencoba untuk lebih rileks dan santai dalam menjalankan peran sehari-hari. Aku pribadi tidak senang menjadi seorang yang ingin apa-apa beres dan selesai sesuai target dengan hasil yang baik semua. Hidup butuh santai juga dong ya!

Tapi, apa daya aku akan selalu membawa hal-hal yang tidak sempurna itu ke dalam pikiranku dan selalu memikirkan bagaimana agar hal-hal tersebut bisa menjadi lebih baik lagi dan lebih baik lagi. Ini membuat diriku sering kali tidak nyaman dengan diri sendiri.

Terkadang aku bingung apakah diriku ini seorang yang ambisius karena memiliki segudang cita-cita dan rencana masa depan, atau aku adalah seorang yang visioner dalam merencanakan masa depan? Aku sendiri bingung gimane orang lain?!

Yang jelas, aku ingin menjadi versi terbaik bagi diri sendiri yang bisa mendatangkan manfaat untuk orang lain. Aku akan berusaha terus untuk memperbaiki diri demi diriku sendiri dan orang-orang sekelilingku.

Aku akan dengan senang hati menerima masukan yang sekiranya dapat lebih membangun diriku dan mohon maaf akan tidak peduli dengan orang-orang yang hanya mengomentari hidupku tanpa maksud apa-apa. Ngurusin hidup gue banget deh!

Apa yang membuatku unik?
Unik itu adalah sesuatu yang berbeda dengan yang lain. Menurutku, yang membuat diriku unik adalah ketika diriku ini yang sebenarnya adalah seorang pemalu berusaha untuk keluar dari zona nyaman tersebut dan memberanikan diri untuk mencoba berbagai hal baru.

Aku juga termasuk orang yang sayang jika melewatkan suatu kesempatan apabila kesempatan tersebut memiliki prospek bagus untuk kemajuan diriku. Tidak takut untuk mencoba dan mengambil langkah. Aku rasa ini unik karena aku yakin tidak semua orang memiliki karakter seperti ini.

Apa kesamaanku dengan Institut Ibu Profesional?
Yang membuatku tertarik untuk bergabung bersama Ibu Profesional dan mengambil jurusan Institut adalah saat aku melihat IIP ini memfasilitasi perempuan-perempuan yang ingin belajar.

Aku pernah menulis di blog ini kalau pada dasarnya aku senang belajar dan mempelajari sesuatu yang baru. Bagiku, menjadi ibu itu adalah suatu hal yang baru dimana susah sekali untuk mendapatkan pendidikannya karena tidak ada sekolah formal bagaimana menjadi ibu.

Mungkin kesamaan diriku dengan IIP ini adalah bertujuan untuk belajar menjadi ibu yang lebih profesional lagi dalam menjalankan pekerjaannya, tidak malu dengan profesiku sebagai ibu rumah tangga, mau mengembangkan potensi dan bakat serta menemukan tujuan akhir dari perjalanan panjang sebagai seorang ibu.

Apa yang aku perjuangkan?
Satu hal yang ingin aku perjuangkan adalah kebahagiaan. Kebahagiaan diriku sendiri sebagai seorang ibu yang nantinya akan berdampak pada kebahagiaan suami dan anak-anakku, keluarga besarku juga lingkungan sekitarku.

Perjuangan ya untuk senantiasa bahagia menjalani peran sebagai seorang ibu rumah tangga itu. Untuk memperoleh kebahagiaan tersebut, aku harus lebih banyak bersyukur atas apa yang aku miliki saat ini. Harus lebih menerima lagi bahwa aku sudah bukan aku yang dulu, aku memegang tanggung jawab besar terhadap masa depan keluargaku.

Inginnya kebahagiaan ini tetap utuh baik di dunia maupun di akhirat kelak bersama suami dan anak-anakku.

Nilai-nilai apa yang aku miliki?
Setelah belajar di IIP, tentunya aku memegang core value Ibu Profesional sebagai modal untuk menjalankan peranku. Belajar, berkembang, berbagi, berkarya dan berdampak adalah nilai-nilai yang aku miliki dan akan terus aku kembangkan.


Menjawab semua pertanyaan itu membuatku senakin sadar bahwa banyaaak sekali hal yang masih harus aku perbaiki. Nilai-nilai yang aku pegang harus bisa aku terapkan untuk membentuk seperti apa diriku ini, hal ini akan berkaitan dengan keunikan yang ada dalam diriku. Terus berkaitan dengan titik-titik lainnya.

Sungguh misi penyelaman yang luar biasa. Senang sekali bisa mengambil bagian di dalamnya. Semoga membawa manfaat untuk diriku sendiri maupun orang lain.

Imawati Annisa W.
IP Sukabumi

#navigasidanberaksi
#matrikulasibatch8
#institutibuprofesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar