Mr. Zoo : The Missing VIP (2020), Kolaborasi Manusia dan Hewan Memecahkan Kasus

By Imawati A. Wardhani - Mei 22, 2020


Agenda menulis bareng grup Drakor dan Literasi hadir kembali! Kali ini kami akan me-review film Korea berjudul Mr. Zoo : The Missing VIP (2020). Film ini masih tergolong fresh karena dirilis di awal tahun 2020 sebelum virus Corona mewabah ke seluruh penjuru dunia.


Awal menonton trailer-nya aku teringat pada film kartun semasa kecil dulu yaitu The Wild Thornberry's. Ceritanya tentang Eliza Thornberry dan keluarganya yang suka berpetualang di alam liar dimana Eliza memiliki kemampuan berbicara dengan hewan. Eliza sering kali membantu teman-teman hewannya untuk memecahkan masalah atau kasus.

Jalan Cerita

Source : asianwiki.com
Berbeda dengan Eliza, di film Mr. Zoo : The Missing VIP ini pemeran utamanya yaitu Joo Tae-Joo yang diperankan oleh aktor kawakan Lee Sung-Min awalnya begitu membenci hewan. Hal ini berlatarbelakang kisah sedih ketika istrinya yang berprofesi sebagai dokter hewan meninggal dunia.

Joo Tae-Joo adalah seorang agen rahasia Korea Selatan yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya. Ia begitu terkenal di kalangan agen-agen lain karena selalu sukses menjalankan misinya.

Selain agen rahasia, Mr. Joo memiliki sifat perfectionist, mempunyai tingkat ketelitian tinggi dan sangat detail. Ia juga merupakan orang yang super rapih dan bersih, tidak akan membiarkan debu kecil pun menempel pada barang-barang miliknya.

Suatu hari, ia memberanikan diri untuk mengambil misi melindungi seekor panda yang merupakan simbol persahabatan antara negara Korea Selatan dan China. Tidak ingin dianggap pengecut, Joo Tae-Joo lebih mementingkan gengsinya daripada rasa bencinya pada hewan.

Kedatangan Mingming (Yoo In-Na) si panda betina menarik perhatian masyarakat Korea Selatan. Mereka beramai-ramai mendatangi kebun binatang untuk melihat Mingming, penjagaan pun diperketat untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan serta untuk memastikan bahwa Mingming baik-baik saja.

Tak disangka, penyusup berhasil masuk dan melemparkan bom asap saat Mingming hadir di atas panggung untuk menyapa penonton yang sudah berkumpul untuk melihatnya. Kekacauan terjadi, Mingming pun kabur dan dibawa oleh kawanan penculik yang menggunakan mobil bertulisakan Badan Lingkungan Hidup.

Mr. Joo yang baru menyadari bahwa Mingming diculik setelah mobil penjahat tersebut melenggang, buru-buru mengejar mobil tersebut tapi naas dirinya mengalami kecelakaan yang membuat kehidupannya berubah.

Setelah sadarkan diri dan mendapati dirinya di rumah sakit, Joo Tae-Joo tiba-tiba memiliki kemampuan berbicara dengan hewan. Bukan hanya dia yang merasa shock, hewan-hewan yang sadar bahwa Joo Tae-Joo bisa berbicara dengan mereka juga kaget bukan main.

Source : hancinema.net
Setelah berdamai dengan kekuatan supernya ini, Mr. Joo berusaha membuktikan pada Direktur Min (Kim Seo-Hyung) tempat ia bekerja di NIS bahwa ia akan menemukan serta membawa kembali Mingming dalam keadaan selamat dan utuh.

Source : hancinema.net
Joo Tae-Joo memulai pencarian Mingming dari kebun binatang tempat kejadian perkara. Disana, ia diberitau oleh seekor gorilla yang suaranya diisi oleh Lee Jung-Eun bahwa yang dapat membantunya menemukan Mingming adalah seekor anjing militer dari ras German Shepherd bernama Ali (Shin Ha-Kyun). Sayangnya, Ali kabur setelah melihat kejadian tersebut sehingga Joo Tae-joo harus menemukan Ali terlebih dahulu.

Setelah berhasil bertemu Ali, anjing tersebut tidak serta merta menerima tawaran Joo Tae-Joo untuk membantunya menyelesaikan misi menemukan panda VIP tersebut. Ali ternyata mengidap Post Traumatic Stress Disorder (PTSD) yang membuatnya kehilangan semangat dan kekuatan untuk kembali menjadi anjing militer.

Baca tentang : Trauma Malam Minggu

Sebelum menyelesaikan misi pencarian Mingming, tugas berat Joo Tae-Joo adalah membujuk Ali agar mau diajak bekerja sama dengan memulihkan trauma anjing tersebut.

Action & Comedy

Film ini bergenre action yang dibumbui dengan komedi sehingga penonton tidak perlu terlalu tegang dan serius menyaksikannya.

Beberapa adegan membuat kita tertawa bahkan disaat yang terlihat serius sekali pun. Lee Sung-Min yang biasa bermain peran sebagai sosok serius pun sukses membawakan Mr. Joo menjadi tokoh yang serius sekaligus kocak. Ditambah dengan peran-peran aktor serta aktris pendukung lainnya yang membuat kita begitu terhibur dengan film ini.

Namanya juga agen rahasia yang melawan musuh, dalam film ini terdapat beberapa adegan pukul-pukulan, tendang-tendangan dan adegan serupa yang kurang pantas dilihat oleh anak-anak. Meskipun memiliki latar belakang cerita keluarga, sebaiknya saat menonton ini bersama anak selalu dampingi dan beri edukasi yang baik pada anak-anak agar tidak mencontoh adegan yang kurang berkenan.

Friendship & Family

Disamping penyelesaian misi yang dilakukan oleh Joo Tae-Joo dan Ali, film ini mengandung makna yang dalam akan persabahatan dan kekeluargaan.

Aku belum menyebutkan bahwa Joo Tae-Joo memiliki seorang anak perempuan bernama Seo Yeon (Kal Seo-Won) yang serupa dengan ibunya, pecinta hewan. Ia memiliki empati yang besar terhadap binatang dan bercita-cita untuk menjadi seorang dokter hewan seperti mendiang istri Joo Tae-Joo.

Source : hancinema.net
Kerap dikecewakan oleh kesibukan ayahnya sebagai agen rahasia negara, Seo Yeon akhirnya bisa berdamai dan rukun kembali dengan ayahnya berkat Ali dan hewan-hewan lainnya.

Persahabatan antara Joo Tae-Joo dan Ali juga membuat kita begitu terharu ketika salah satu dari mereka harus mengorbankan diri untuk menyelamatkan yang lainnya. Dari film ini kita belajar bahwa bonding yang kuat antar sahabat tidak hanya bisa terjadi pada sesama manusia tapi juga antara manusia dan hewan seperti yang ditunjukkan oleh kedua sahabat ini.

Source : hancinema.net
Buat para pecinta hewan, film ini cocok sekali ditonton karena hewan yang muncul bukan hanya Ali si German Shepherd dan Mingming si panda China. Banyak hewan lain yang muncul dan mengambil peran dalam film ini.

Secara keseluruhan, film berdurasi 1 jam 53 menit yang disutradarai oleh Kim Tae-Yoon ini menarik untuk ditonton bersama keluarga. Film ini mengajarkan bahwa manusia dan hewan bisa hidup berdampingan bahkan bersahabat. Tingkah lucu pemeran dan para hewan di dalamnya juga cukup menghibur. Tapi, tetap dampingi anak-anak ketika menonton film ini.

Sekian dulu review film Korea kali ini. See you on next review! Mampir yuk ke tulisan reviewer lain mengenai Mr. Zoo : The Missing VIP di bawah ini :

  • Share:

You Might Also Like

6 komentar

  1. Kereen reviewnya, teh..

    Btw, ku juga suka nonton Eliza. Berharap punya RV dan bisa berpetualang di hutan.. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeay! Bukan aku aja yg nonton Eliza Thornberry ya ternyata. Iya, seru kayak'y hidup mobile isinya petualangan terus..

      Hapus
  2. mantap reviewnya
    filmnya sangat menghibur ya mbak..
    kocak tapi sarat nilai juga

    BalasHapus
  3. ternyata, banyak scene yang aku missed pas nontonnya dan dapat pencerahan setelah baca review ini. lengkap banget ih. aku jadi penasaran juga dengan Eliza

    BalasHapus