Rabu, 08 April 2020

Misi Pertama : Menemukan Kerang Istimewa


Memasuki bulan April, masa orientasi di Komunitas Ibu Profesional akan segera berakhir tapi kegiatanku di Ibu Profesional berlanjut ke Matrikulasi Institut Ibu Profesional batch 8. Memang saat penjurusan aku memilih 2 komponen yaitu Komunitas dan Institut.


Siap menjelajah samudera

Pada tahap matrikulasi ini, para peserta diibaratkan sebagai pelayar yang akan menjelajah samudera, lautan lepas yang sangat luas. Disana kami akan menyelesaikan misi-misi yang untuk mencapai tujuan akhir kami. Misi pertama yang diberikan adalah menemukan kerang istimewa. Misi ini adalah misi pertama pada stage Bahtera Matrikulasi.

Misi Pertama : Menemukan Kerang Istimewa

Bismillahirrahmanirrahim, saya akan mencoba untuk memulai menyelesaikan misi ini satu per satu :

Sejak resign dan menjalani hari-hari sebagai ibu rumah tangga yang hanya berkutat dengan rumah, anak dan suami, saya merasa ada sesuatu yang kurang dalam diri saya. Saya merasa harus menemukan sesuatu untuk bisa mengembalikan diri saya menjadi seorang individu yang utuh tanpa embel-embel ibu dan istri. Ya, saya merasa kehilangan siapa diri saya sebenarnya.

Kemudian saya dan suami berpindah dari kota Bandung ke kota Sukabumi seiring dengan pindah tugasnya suami. Disini, saya bertekad untuk menjadi individu yang lebih produktif dan bermanfaat lagi tanpa mengesampingkan fitrah saya sebagai seorang ibu dan istri. Saya mencari-cari apa yang menurut saya bisa membawa saya pada hal tersebut hingga akhirnya menemukan Ibu Profesional ini.

Baca juga : Berkomunitas

Setelah membaca dan melihat review anggota Ibu Profesional, saya semakin tertarik bergabung dan akhirnya mendaftarkan diri untuk mengikuti kelas Foundation batch 8. Dari sana, saya tau bahwa Institut Ibu Profesional (IIP) adalah tempat yang benar karena ini merupakan wadah bagi para wanita terutama Ibu yang ingin membahagiakan diri mereka tanpa mengesampingkan kewajiban mereka sebagai ibu dan istri. IIP merupakan wadah yang benar karena akan membuat seorang ibu lebih percaya diri dan bangga akan perannya dalam keluarga sehingga menjadi kebanggaan keluarga.

Setelah belajar beberapa minggu di kelas Foundation dan pernah mengikuti salah satu kegiatan offline Ibu Profesional regional Sukabumi, saya tau kalau IIP adalah tempat yang baik karena kami para ibu akan menimba ilmu dan terus belajar menggali potensi dan minat serta bakat kami, dengan tujuan agar lebih bermanfaat bagi sesama tidak hanya di lingkungan keluarga tapi juga dalam masyarakat. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh IIP semua mengarah pada kemajuan dan perbaikan baik pola pikir mau pun pola asuh anggotanya.

Saya pun yakin kalau IIP adalah tempat yang bermanfaat karena bersama IIP, saya bisa memberikan kontribusi saya untuk sesama. Meski pun hanya dalam skala kecil, saya yakin apa yang akan saya perbuat baik untuk diri sendiri mau pun orang lain adalah hal yang baik dan bermanfaat. Senang sekali rasanya bila bisa memberikan manfaat bagi orang lain. Itu yang saya harapkan dan yakini bahwa IIP bisa berikan.

Dari hasil pengamatan saya dalam kotak harta karun yang telah saya buka dan lihat, ada berbagai macam kegiatan IIP yang bisa diikuti. Ragam IIP yang akan saya ikuti tentunya mengikuti apa yang ada di regional tempat saya belajar, kemungkinan besar kegiatannya adalah kuliah online, pertemuan offline, playdate, dan masih banyak lainnya yang insha Allah akan saya ikuti dengan seoptimal mungkin.

Dengan penjelasan seperti yang tertulis diatas, maka saya sudah berhasil menemukan kerang-kerang istimewa. Selanjutnya, saya akan melanjutkan perjalanan mengarungi samudera dan menyelesaikan misi berikutnya!

Imawati Annisa Wardhani
IIP regional Sukabumi

#navigasidanberaksi
#matrikulasibatch8
#institutibuprofesional
#belajardarirumah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar