Tips Menjaga Kesehatan Sebelum Bepergian

By Imawati A. Wardhani - Maret 01, 2020


Beberapa waktu lalu, tepatnya tanggal 23 Februari 2020 aku bersama suami dan anak bertolak ke Bali untuk menghadiri acara pernikahan sahabatku semasa kuliah dulu. Saat mendapat undangan untuk pergi ke Bali, aku langsung yes lah! Kapan lagi bisa liburan tipis-tipis, kalau pergi kesana tanpa ada alasan apa-apa pasti hanya akan menjadi wacana yang entah kapan baru terealisasi.
Meski pun sangat antusias, rasa khawatir tetap saja muncul mengingat maraknya pemberitaan mengenai virus Corona alias Covid-19. Tapi saat melakukan pemesanan tiket dan hotel, korban yang jatuh akibat virus ini belum membludak sehingga aku dan suami menyingkirkan kekhawatiran tersebut.

Ternyata memasuki pertengahan Februari, jumlah manusia yang terjangkit Covid-19 makin banyak dan penyebarannya pun sudah kemana-mana. Kraaayy~ makin was-was saja melihat, mendengar dan membaca berita yang mengabarkan betapa mengerikannya virus tersebut. Yang menyita pikiranku adalah bagaimana anakku tetap aman sehat dan selamat dari incaran virus tersebut. Namanya ibu, nomor satu pasti mengkhawatirkan anaknya. Aku dan suamiku sudah tentu bisa melakukan sanitasi dan hygiene sendiri, sadar diri lah udah tau lagi ada virus berbahaya yang belum ada vaksinnya, harus rajin bebersih diri. Tapi anakku? Mana peduli doi sama si Covid-19 yang lagi heboh itu, mana mungkin dia mau menggunakan masker saat bepergian terutama di bandara?!

Walau katanya virus tersebut masih belum masuk ke Indonesia, namun tetap saja tindakan pencegahan sudah wajib dilakukan terutama saat akan travelling seperti kemarin ini. Sebagai orang kesehatan aku harus aware dengan issue semacam ini dan mengedukasi keluargaku untuk turut serta mencegah penyakit timbul pada diri kami. Tindakan pencegahan tersebut antara lain :

1. Rutin Mengkonsumsi Vitamin
Vitamin hanya digunakan untuk memboost daya tahan tubuh agar meski pun aktivitas padat namun tubuh tetap bugar dan jauh dari kata sakit.

2. Rajin Mencuci Tangan
Rutinitas mencuci tangan menggunakan sabun ini ternyata cukup efektif untuk mencegah penyebaran virus, bakteri dan agen pembawa penyakit lainnya. Jadi, aku membiasakan diri untuk selalu mencuci tangan dan tangan anakku setelah selesai melakukan suatu kegiatan. Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan benar dan pakai sabun!

3. Rajin Mandi
Biasanya tuh aku mandi hanya sekali dalam sehari, tapi sejak ada berita virus mengerikan ini mau tidak mau aku membiasakan diri untuk mandi dua kali sehari. Ini rajin versi aku ya. Haha. Anakku pun demikian, kalau dia memang dari awal aku biasakan mandi pagi dan sore jadi tidak ada yang berubah darinya. Suami pun sering aku ingatkan untuk segera bersih-bersih setelah pulang kerja, sehingga bisa bebas bermain dengan anaknya.

4. Menggunakan Hand Sanitizer
Saat tidak ada kesempatan untuk mencuci tangan dengan proper, maka hand sanitizer menjadi andalanku untuk melakukan kegiatan bersih-bersih guna menjauhi sumber penyakit.

5. Menjauhi Hewan Liar
Sejauh ini hewan terliar yang ada dikompleks tempat tinggalku adalah kucing dan anjing. Biasanya saat berjalan-jalan dengan anakku di pagi atau sore hari, aku akan membiarkannya untuk berlarian mengejar kucing bahkan kadang ia menyentuhnya. Tapi, untuk menjaga stamina dan menjauhkannya dari hal yang bisa membawa penyakit aku tidak membiarkannya dekat-dekat dengan hewan dulu.

6. Menggunakan Masker
Penggunaan masker tentunya dibutuhkan saat berada di tempat yang ramai manusia. Seperti di bandara misalnya, penggunaan masker bisa dilakukan untuk mencegah penularan penyakit baik dari orang lain ke diri kita mau pun sebaliknya. Perlu diingat, penggunaan masker sekali pakai hendaknya sesuai dengan fungsinya yaitu SEKALI PAKAI. Kalau sampai maskernya dipakai berulang bahkan berhari-hari, jorok itu namanya sama dengan menimbun virus dan bakteri di masker kalian.

7. Istirahat Cukup
Beberapa minggu sebelum bepergian, hendaklah kita menjaga stamina tubuh dengan cukup beristirahat. Tujuannya ya supaya saat travelling nanti badan sehat, kuat dan fit. Segala kegiatan pun akan dilakukan dengan senang hati.

Itulah beberapa hal yang aku lakukan untuk menjauhkan sumber penyakit yang dapat mengganggu acara liburan aku dan keluargaku. Tips terakhir adalah senantiasa berdo'a untuk kelancaran semua rencana dan aktivitas, serta untuk selalu diberi kesehatan dan keselamatan. Sekian.

Sukabumi, 02 Maret 2020

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar