Minggu, 09 Februari 2020

Menemukan Inspirasi yang Hilang


Ada masanya dimana tangan semangat untuk menulis dan waktu pun tersedia cukup banyak, saat anak mulai terlelap dan pekerjaan rumah sudah diselesaikan. Setelah membuka catatan dan mengambil posisi ternyaman untuk mulai menulis, mata hanya terpaku pada secarik kertas kosong dan tangan tidak mampu untuk menuliskan satu kata pun. Blank, man! Nggak ada ide! Setelah menunggu beberapa waktu, akhirnya catatan pun kembali ditutup tanpa sempat menulis apa pun karena anak sudah kembali bangun dari tidurnya.

Kesal sekali kalau sudah seperti itu, inspirasi memang mudah sekali datang tapi semudah itu pula dia menghilang. Haha. Kalau sudah begitu, lebih baik aku melupakan rencana menulisku dan kembali ke rutinitas rumah tangga bersama anakku. Berpikir keras untuk mencari inspirasi tidak akan menghasilkan apa-apa, terkadang ide muncul justru pada saat kita sedang tidak berpikir berat.

Seperti tulisan ini yang dibuat setelah beberapa hari stuck tidak menulis karena buntu inspirasi. Ternyata, tidak ada inspirasi ini justru memberikanku ide untuk dijadikan sebuah tulisan. Berikut 5 tips untuk menemukan inspirasi menulis saat sedang mengalami kemandegan :
1. Bersantai
Seperti yang kukatakan diatas, berpikir keras tidak akan memecahkan masalah. Hal ini malah membuat kita semakin stress karena terlalu banyak berpikir membuat otak kita lelah dan akhirnya tidak menghasilkan inspirasi apa pun. Jika memang sedang mengalami kebuntuan, istirahatlah sejenak dan tinggalkan meja kerja kalian. Buat badan serta pikiran kalian rileks, niscahya ide untuk menulis akan kembali bermunculan.

2. Membaca
Menulis itu salah satu kegiatan yang sangat erat hubungannya dengan membaca. Dengan banyak membaca, kita akan semakin banyak mendapatkan referensi dan wawasan yang dapat dijadikan bahan tulisan. Berbagai macam bacaan seperti koran, majalah, artikel, buku dan lainnya bisa menjadi makanan untuk otak kita dan menjadi sumber inspirasi untuk menulis.

3. Berimajinasi
Suka tidak suka, banyak karya besar yang terlahir dari hasil imajinasi pikiran seseorang. Berkhayal dan berimajinasi bisa menjadi suatu kegiatan yang positif ketika kita menuangkannya menjadi suatu karya, seperti tulisan. Berimajinasi bisa membantu kita kembali menemukan oasis ditengah padang pasir saat kita membutuhkan inspirasi untuk menulis.

4. Menggali Ingatan
Banyak tulisan yang dibuat berdasarkan pengalaman seseorang. Saat sedang bingung untuk membuat tulisan, kita bisa mencoba untuk memikirkan suatu kenangan masa lalu yang masih membekas dan begitu terkenang. Ambil sepotong kenangan tersebut dan mulai lah menulis dari hal tersebut. Dijamin tangan kalian tidak akan berhenti menulis kisah yang tak terlupakan itu.

5. Observasi
Perhatikan apa saja yang ada disekitar kita. Ini bisa menjadi salah satu cara yang efektif untuk menemukan ide menulis. Keran air yang bocor, kucing tetangga yang berisik, tukang sayur yang motornya mogok, apa pun itu! Hanya tinggal mengambil salah satu bagian dari hal yang kita observasi ditambah dengan bumbu imajinasi, maka kita akan segera menemukan ide untuk dijadikan sebuah tulisan.

5 hal diatas adalah hal yang paling sering aku lakukan ketika mood menulis sedang bagus tapi inspirasi nol besar. Semoga cara-cara tersebut bisa membantu teman-teman yang punya hobi menulis tapi suka tersendat karena kehilangan inspirasi. Selamat mencoba!

Sukabumi, 09 Februari 2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar