5 Camilan Kesukaan Anak

By Imawati A. Wardhani - Februari 05, 2020


Setelah kurang lebih 8 bulan menjalani masa-masa MPASI, tentulah aku sudah mulai mengetahui kebiasaan makan anakku. Apa yang disuka dan apa yang dia tidak suka, kapan dia semangat makan dan kapan dia ogah-ogahan. Kalau ditanya suka duka? Nggak usah ditanya lah, pasti banyak sekali pengalaman menyenangkan sekaligus sad moments yang terlewati selama ini.

Berbicara tentang menu makan, sepertinya sudah banyak ya ibu-ibu yang memposting menu makan favorite buah hatinya masing-masing. Aku pun ingin ikutan nih! Tapi, yang mau aku bagikan bukan menu makan utama melainkan menu camilan. Anakku sekarang makan besar dan camilan masing-masing 3x sehari. Camilan aku berikan diwaktu brunch, sore dan malam hari sebelum tidur sekitar 1 jam setelah makan malam. Iya, biasanya sebelum tidur aku beri makan agar tidurnya nyenyak dan pulas hingga pagi.

Dibawah ini ada 5 menu camilan favorite baby D yang enak dan simple anti ribet :
1. Promina Choco-Avocado + Avocado

(Sumber : google.com

Anakku senang sekali makan buah, salah satunya alpukat. Dia paling suka jika buah alpukatnya ditambah dengan bubur instan promina rasa choco-avocado yang disiram sebagai vla-nya. Cara membuatnya so easy ya,
- potong buah alpukat dan letakkan dipiring/mangkuk
- seduh bubur instan promina choco-avocado
- tuang ke atas buah alpukat yang sudah dipotong-potong

2. Pudding Susu + Yoghurt

(Sumber : google.com
 
Ini salah satu menu andalan yang (hampir) tidak pernah ditolak anakku. Seringnya aku menggunakan pudding Milna atau Promina, kadang menggunakan agar-agar plain yang dicampur dengan susu formula atau UHT. Yoghurtnya merk apa saja, kadang yang berasa kadang yang plain juga. Apa pun, pasti dilahap. Cara penyajiannya ya sangat gampang hanya pudding yang disiram dengan yoghurt sebagai kuahnya. Hehe..

3. Pudding Marie
(Sumber : google.com)

Ini juga menu yang paling sering aku buat. Anakku suka sekali makan menu ini, sekali makan sekitar 4-6 keping biskuit marie (khusus bayi). Cara membuatnya super mudah :
- Panaskan susu UHT fullcream diatas kompor dengan api kecil
- Tambahkan 1 sdt madu (karena sudah diatas 1 tahun)
- Larutkan sedikit maizena dan tuang kedalam campuran diatas, aduk hingga mengental
- Tuang susu kedalam mangkuk dan masukkan beberapa keping biskuit marie (bisa diremuk atau utuh)

4. Makaroni Carbonara

(Sumber : google.com
 
Kalau resep ini bisa jadi menu untuk makan besar, bisa juga untuk camilan. Kalau untuk camilan biasanya porsinya hanya sedikit atau tidak sebanyak saat makan besar. Resep ini sering aku buat ketika aku juga butuh camilan (berat) :
- Rebus makaroni hingga empuk
- Tumis bawang bombay (cincang halus) dengan margarin yang sudah dilelehkan
- Masukkan daging cincang, masak hingga daging matang
- Tuang susu UHT fullcream kedalam bahan diatas
- Beri sedikit garam dan lada
- Masukkan keju parut kedalam bahan diatas, cek rasa
- Tuang ke dalam piring/mangkuk
- Beri taburan keju

Kalau untuk anakku, begitu saja dia sudah suka. Tapi kalau ibunya mau ikutan makan, boleh ditambah saus sambal supaya lebih nikmat.

5. Promina Puffs/Crunchies

(Sumber : google.com
 
Kalau yang satu ini, biasanya dimakan hanya saat sedang bepergian. Jadi, ditas selalu sedia snack untuk bayi ini. Gampang dan tidak ribet, juga selalu disukai anakku.

Demikian menu-menu camilan andalan yang paling sering aku berikan untuk anakku, karena memang menu tersebut yang paling tidak pernah ditolak olehnya (ibu yang takut ditolak. Huehue..). Selain itu, cara membuat dan penyajiannya juga mudah banget kan?! Semua bisa mempraktekkannya. Semoga bermanfaat ya!

Sukabumi, 06 Februari 2020


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar